Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal UN

Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal Ujian  - Ujian Nasional memang menjadi momen penting bagi pelajar di Indonesia.

Hal ini dapat kita lihat bagaimana antusiasnya persiapan dilakukan baik dari sekolah maupun peserta didik tersendiri demi menyukseskan dan mendapatkan nilai terbaik dalam UN.

Misalnya mengadakan jam tambahan untuk membahas soal-soal pengayaan yang terkait dengan mata pelajaran UN.

Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal UN


Atau bagi sebagian orang tua bahkan memasukkan putra-putrinya ke dalam lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel). Hal ini demi satu tujuan supaya memperoleh nilai yang terbaik.

Di sisi lain, Ujian Nasional memang masih menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi para pelajar di Indonesia.

Kebanyakan mereka takut jikalau pada akhirnya nanti dinyatakan tidak lulus. Pastinya anda semua sudah melihat berita mengenai apa yang terjadi ketika seorang siswa dinyatakan tidak lulus UN.

Para siswa sangat bersedih hingga menangis sampai histeris. Memang hal ini sangat wajar tapi jika terlalu berlebihan maka tidak baik buat perkembangan psikologis peserta didik.

Nah maka dari itu persiapkanlah diri anda baik-baik supaya hasil UN nanti menyatakan diri anda LULUS dengan nilai yang sangat memuaskan.

Perlu anda semuanya fahami bahwa persiapan yang baik untuk menyambut UN tidak hanya dilakukan secara lahir saja. Melainkan juga harus diikuti dengan ikhtiar batin juga.

Salah satu ikhtiar batin yang perlu anda lakukan adalah dengan raji membaca Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal Ujian.

Bagi kita kaum beriman tentu sangat meyakini bahwa doa itu mempunyai kekuatan tersendiri. Dengan berdoa itu berarti kita bertawakal kepada Allah.

Harapannya dengan membaca Doa Agar Lulus Tes tersebut maka Allah akan mengehendaki kita lancar dan sukses mengerjakan soal-soal dalam ujian Nasional.

Secara psikologis, perlu diakui bahwa kekuatan doa ini sangat penting dan berpengaruh terhadap mentalitas siswa.

Dengan membaca Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal Ujian  akan membuat siswa merasa percata diri dalam mengerjakan soal ujian.

Mereka akan merasa tenang dan siap dalam mengerjakan setiap butir-butir soal. Maka dari itulah pentingnya membaca doa ini.

Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal Ujian  

 

رَبِّ اشْرَحْ لِى صَدْرِىْ وَيَسِّرْ لِىْ أَمْرِىْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِسَانِىْ يَفْقَهُوْ قَوْلِىْ


Cara membacanya: Robbisy rohlii shodrii wa yassirlii amrii wahlul ‘uqdatammillisaanii yafqohuu qoulii

Artinya: Yaa Rabbku (Tuhanku). Lapangkanlah bagiku dadaku, dan permudahkanlah bagiku segala urusanku dan lepaskanlah ketakutan yang berasal dari lidahku agar mereka semua mengerti perkataanku.

أَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَاَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Cara membacanya: Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaw wa anta taj’alul hazana idzaa syi’ta sahlan
Artinya: Ya Allah (Rabbku) Tidaklah ada kemudahan melainkan apa yang engkau (Tuhan) jadikan mudah. Sedangkan yang susah dapat engkau jadikan menjadi mudah, jikalau engkau menghendakinya.

Kedua Doa Agar dapat Nilai Ujian Bagus di atas sangat bagus dan tepat sekali jikalau anda menghadapi soal ujian.

Bukan hanya untuk UN saja sebenarnya. Kedua soal tersebut juga baik anda baca ketika sedang menghadapi segala macam bentuk ujian.

Pada doa yang pertama itu memang sudah sangat familiar bagi masyarakat muslim. Sebab doa tersebut seringkali dibaca oleh para pelajar ketika hendak memulai pelajaran.

Hal itu sangat baik sekali karena sesuai dengan makna dari doa tersebut. Selain itu, doa pertama merupakan salah satu ayat yang terkandung di dalam al-Qur’an. Sehingga ini menjadi keistimewaan tersendiri bagi siapa saja yang membacanya.

Doa pertama tersebut alangkah baiknya di baca sesaat sebelum ujian dimulai. Namun jika anda membaca pada waktu sebelumnya juga baik.

Sering-seringlah membaca Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal Ujian  di atas agar Allah memberikan kemudahan terhadap anda sekalian.

Hikmah Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal Ujian 


Dengan membaca Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal Ujian   ada banyak hikmah yang dapat kita ambil. Di antaranya adalah:
  1. Bertawakal dan berpasrah diri kepada Allah sebab  segala apa yang terjadi adalah kehendaknya
  2. Menyadari bahwa manusia hanyalah makhluk yang tidak bisa berbuat apa-apa
  3. Mendekatkan diri kepada Allah tuhan  yang maha berkehendak
  4. Membuat hati kita menjadi tenang dan tentram
  5. Menembah kepercayaan diri ketika menghadapi ujian

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal UN"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *