Indonesia Website Awards
Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Daftar Isi Artikel :

Bacaan Doa Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya

Bacaan Doa Sesudah Wudhu yang Benar - Sahabat, dalam islam bersesuci merupakan sesuatu yang sangat penting. Maka dari itu di dalam kitab-kitab fiqh, pembahasan mengenai bersesuci (thaharah) selalu menempati posisi pada bab pertama.

Salah satu cara menyucikan diri dari hadats ialah dengan berwudhu. Dengan berwudhu, hadats kecil orang-orang muslim akan hilang. Sehingga ia berada dalam keadaan suci kembali.

Kedudukan wudhu ini sangat penting sekali. Karena ada beberapa ibadah wajb yang harus dilakukan dengan menyertakan wudhu terlebih dahulu.

Misalnya saja sholat wajib dan sunnah, seorang muslim yang akan menunaikan ibadah sholat diwajibkan sebelumnya untuk melakukan wudhu.

Hal ini dilakukan untuk membersihkan segala hadats kecil yang yang terdapat pada tubuh kita. Baik yang disengaja ataupun juga yang tidak disengaja.

Seseorang yang melaksanakan sholat, namun tidak berwudhu maka sholatnya itu tidak sah. Bahkan apabila dalam sholat kok wudhunya batal maka secara otomatis sholat tersebut juga batal.

Maka dari itulah, kita semua harus melaksanakan wudhu dengan baik dan benar supaya ibadah-ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Terkait dengan hal itu, kali ini saya akan membahas mengenai Doa Sesudah Wudhu yang Benar. Namun sebelumnya, perlu saya sampaikan dulu mengenai Rukun Wudhu.

Rukun Wudhu

Yang dinamakan rukun adalah segala sesuatu yang wajib dilakukan, dan apabila ada salah satu hal saja yang ditinggalkan maka wudhunya batal.

Maka dari itu, ketika kita sedang berwudhu harus menjalankan semua rukun yang telah ditentukan. Jika terdapat satu saja yang ketinggalan, maka wudhunya batal dan harus diulangi kembali.

Lalu apa sajakah Rukun Wudhu itu?

Rukun Wudhu terdiri dari 6 hal, yaitu:
  1. Niat
  2. Membasuh muka
  3. Membasuh kedua tangan sampai dengan siku-siku
  4. Mengusap sebagian rambut kepala
  5. Membasuh kedua kaki sampai dengan mata kaki
  6. Tertib/urut
Keenam hal itulah yang menjadi rukun wudhu. Semuanya tidak boleh anda tinggalkan sama sekali karena itu saling berkesinambungan.

Adapun berbagal hal lain yang sering dikerjakan selain keenam hal di atas, termasuk sebagai sunnah wudhu. Yang dimaksud dengan sunnah adalah apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan tida berdosa (tidak apa-apa).

Misalnya saja, membersihkan sela-sela jari tangan, berkumur, membersihkan hidung membasuh kedua telinga sampai dengan membaca doa sesudah wudhu.

Bacaan Doa Sesudah Wudhu

Membaca Doa Sesudah Wudhu termasuk dalam kategori sunnah wudhu. Jadi memang tidak berpengaruh terhadap keabsahan wudhu kita.

Namun demikian Doa Sesudah Wudhu ini dianjurkan untuk dibaca, karena setiap orang yang mau dengan ikhlas melafadzkannya akan memperoleh pahala dari Allah SWT.

Berikut ini bacaan Doa Sesudah Wudhu yang Benar

Bacaan Doa Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya
Nah bagaimana cukup mudah untuk dihafal kan? Bagi sahabat-sahabat yang merasa belum hafal doa ini, silahkan salin gambar di atas.

Hafalkanlah sedikit demi sedikit, sehingga lama kelamaan akan secara otomatis hafal sendiri. Selain itu, usahakan sesudah anda melaksanakan wudhu selalu melafalkan doa setelah wudhu yang ada di atas.

Hal ini bertujuan supaya hafalan anda agar selalu terjaga sampai kapanpun dan tidak mudah lupa.

Penutup

Wudhu merupakan salah satu ibadah penting. Dengan wudhu yang benar maka insyaallah ibadah kita yang lain akan diterima oleh Allah SWT.

Hal yang perlu anda pahami adalah wudhu itu berfungsi untuk menghilangkan hadats kecil yang berada di tubuh kita. Sehingga ketika kita akan menjalankan suatu ibadah, badan telah berada dalam kondisi yang suci.

Demikian informasi mengenai Bacaan Doa Sesudah Wudhu yang Benar, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semuanya.
Baca juga :

Posting Komentar