Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Sebelum Melakukan Aktivitas Pekerjaan

Doa Sebelum Melakukan Aktivitas Pekerjaan - Sebagai manusia pasti setiap hari kita akan selalu melakukan pekerjaan. Bekerja adalah sebuah rutinitas harian yang selalu kita laksanakan.

Dengan bekerja kita akan memperoleh pendapatan berupa uang yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperuan hidup. Misalnya saja, makan minum, membangun rumah, mencukupi berbagai kebutuhan sehari-hari sampai dengan untuk kepentingan ibadah kita.

Apabila kita sudah berkeluarga dan mempunyai anak istri, bekerja merupakan suatu ikhtiar mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan anak istri.

Seorang suami atau istri yang bekerja keras mencari nafkah untuk keluarganya dalam islam memiliki kedudukan yang mulia. Perbuatannya tersebut tergolong sebagai fi sabilillah.

Maka dari itulah bagai anda yang sedang bekerja mencari nafkah teruslah bersabar dan ikhlas menjalani setiap pekerjaan yang anda lakukan.

Sebab Allah SWT akan memberikan kepada anda semua yang berjuang demi menafkahi keluarganya. Tentu nafkah yang di maksud di sini ialah nafkah halal dan baik.

Ini sangat penting, sebab nafkah yang baik itu bukanlah yang berjumlah banyak namun halal cara mendapatkannya dan juga halal wujudnya.

Supaya pekerjaan kita berjalan dengan lancar dan tanpa halangan ada baiknya rutin melafalkan Doa Sebelum Melakukan Aktivitas Pekerjaan.


Doa Sebelum Melakukan Aktivitas Pekerjaan

Doa ini saya anjurkan untuk anda baca setiap hari. Sebab dalam bekerja, banyak sekal rintangan yang dihadapi, seperti tidak kerasan, beratnya pekerjaan dan masih banyak lagi yang laiinnya.

Jika berbagai cobaan tersebut tidak kita iringi dengan doa, bisa jadi pekerjaan menjadi terasa sangat berat dan tidak menyenangkan.

Dengan Doa Sebelum Melakukan Aktivitas Pekerjaan, insyallah seberat apapun pekerjaan kita, akan terasa ringan dan menyenangkan untuk dijalani.

Lebih-lebih kita akan memperoleh rezeki yang halal dan baik sehingga dapat bermanfaat bagi anak istri serta keluarga.

Lafad Doa Sebelum Melakukan Aktivitas Pekerjaan


Berikut ini adalah lafad bacaan Doa Sebelum Melakukan Aktivitas Pekerjaan, Arab, Latin beserta Artinya. Supaya anda semuanya dapat memahami dan membacanya dengan fasih dan benar.

اَللّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ هَذَالْعَمَلِ وَ خَيْرِ مَا فِيْهِ. وَأَعًوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَالْعَمَلِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ. إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ


Cara Membaca: Allahumma Inni as-alukan min khoiru haadzal ‘amali wa khoiri maa-fiih. Wa-a’uudzubika min-syarri maa-fiih. Innaka ‘alaa kulli syain-qadiir.

Artinya: Ya Allah aku memohon kepada Engkai kebaikan atas pekerjaan ini dan semua kebaikan yang terdapat di dalamnya.  Dan hamba berlindung kepada-Mu daripada keburukan pekerjaan ini dan semua keburukan yang terdapat di dalamnya. Sesungguhnya di atas semua sesuatu itu hanya Engkaulah yang maha berkuasa untuk menentukannya.

Doa sebelum bekerja di atas sangat baik anda baca ketika pagi hari saat hendak melangsungkan pekerjaan. Niscaya pekerjaan anda akan berkah di dunia dan akhirat.

Istiqomahlah membaca doa ini, setiap anda melakukan pekerjaan apapun itu. Usahakan jangan sampai terputus meski hanya satu hari.

Manfaat Membaca Doa Sebelum Melakukan Aktivitas Pekerjaan


Ketika kita rutin membaca doa sebelum bekerja, maka akan membawa banyak manfaat bagi diri sendiri dan keluarga. Di antaranya ialah:
  1. Terhindar dari hal-hal buruk. Tidak dapat dipungkiri, setiap pekerjaan ada resiko masing-masing. Apalagi pekerjaan kasar. Bukan hanya panas dingin, bahkan nyawa taruhannya. Maka insyaallah dengan doa tersebut kita akan dijauhkan dari berbagai balak.
  2. Diberi Kesabaran. Bekerja harus membutuhkan kesabaran, tanpa adanya kesabaran maka pekerjaan bisa menjadi kacau.
  3. Menambah Semangat. Dengan membaca doa ini, sseorang akan yakin bahwa bekerja itu juga bernilai ibadah. Maka dari itu ia akan tambah semangat dalam bekerja karena akan memperoleh pahala.
  4. Memperoleh Pahala Fi Sabilillah. Bekerja merupakan perjuangan yang sangat berat. Banyak tantangan yang harus dihadapi. Maka tak heran jika pahala orang yang bekerja sama dengan Fi Sabilillah. Maka bacalah doa tersebut agar perbuatan anda mendapat pahala yang besar dari Allah.
Masih banyak lagi manfaat yang dapat kita ambil ketika rutin mengamalkan doa sebelum melakukan pekerjaan ini.

Namun saya rasa keempat hal di atas sudah cukup memberikan gambaran buat kita agar rutin mengamalkan doa tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Penutup


Pekerjaan yang baik dalam islam bukanlah pekerjaan dengan pangkat tinggi, kantoran atau mendapatkan gaji yang banyak.

Namun pekerajaan yang baik itu adalah pekerjaan yang halal. Apapun bentukanya, tidak pandang itu kantoran atau berada di jalanan. selama pekerjaan itu halal sesuai syariat maka itu baik.

Lebih dari itu, bekerja dalam islam bukan hanya sekedari mencari uang sebanyak-banyaknya. Melainkan juga bernilai ibadah yang sangat tinggi kedudukannya.

Maka iringilah selalu dengan niat lurus beribadah hanya kepada Allah sembari rutin mengamalkan Doa Sebelum Melakukan Aktivitas Pekerjaan.

Dengan demikian kita akan memperoleh dua manfaat sekaligus, yaitu memperoleh rezeki yang halal dan cukup dan mendapatkan pahala yang berlimpah. Amiin

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Doa Sebelum Melakukan Aktivitas Pekerjaan"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *