Indonesia Website Awards
Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Daftar Isi Artikel :

Keutaman dan Doa Bulan Rajab

Keutaman dan Doa Bulan Rajab - Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang istimewa bagi umat islam. Sebab mengandung berbagai macam peristiwa yang sangat luar biasa.

Seperti peristiwa ketikan Nabi Muhammad Isra’ Mi’raj ditemani oleh Malaikat Jibril. Di mana dengan peristiwa ini beliau memperoleh perintah langsung dari Allah SWT untuk melaksanakan Shalat 5 waktu.

Bulan Rajab termasuk sebagai bulan yang mulia bagi Allah SWT.  Di bulan ini terdapat berbagai kemuliaan dan keistimewaan khusus.

Maka setiap datangnya Bulan Rajab, umat muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan sunnah yang tujuannya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah serta mejadi bekalnya di akhirat kelak.

Bagi anda yang belum tahu mengenai keutamaan Bulan Rajab, berikut ini kami sajikan informasi selengkapnya:

Keutamaan yang ada pada Bulan Rajab


Berbagai keutamaan yang terdapat pada Bulan Rajab dapat dilihat melalui beberapa hadits dari Rasulullah. Di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Bulan Rajab ialah bulan Allah SWT, bulan Sya’ban itu ialah bulanku, dan bulan Ramadhan ialah bulan umatku.
  • Hendaklah engkau sekalian memuliakan Bulan Rajab, maka niscaya Allah nanti akan memuliakan engkau dengan menggunakan seribu kemuliaan pada hari Qiamat.
  • Puasa sehari ketika bulan Rajab akan memperoleh surga yang tertinggi yaitu Surga Firdaus. Puasa dua hari maka akan dilipatgandakan pahalanya.
  • Kemuliaan Bulan Rajab ialah dengan malam Isra’ Mi’rajnya, Bulan Sya’ban ialah dengan malam nisfunya dan Bulan Ramadhan dengan Lailatul-Qadarnya.
  • Puasa tiga hari pada waktu bulan Rajab, maka akan dijadikan parit yang panjang yang akan menghalangnya ke neraka panjangnya adalah setahun perjalanan.
  • Puasa tujuh hari pada waktu bulan Rajab, maka akan ditutup daripadanya 7 pintu neraka.
  • Puasa enam belas hari pada waktu bulan Rajab maka akan bisa melihat wajah Allah di dalam surga, dan akan enjadi orang yang pertama kali menziarahi Allah dalam surga.
  • Kelebihan bulan Rajab dari semua bulan adalah seperti kelebihan Al-Quran atas segala kalam (perkataan).
  • Bulan Rajab Syahrullah (bulan Allah) maka diampunkanlah dosa orang-orang yang meminta ampun dan bertaubat kepada-Nya (Allah). Puasa pada bulan Rajab, wajib untuk yang ber puasa itu. Diampunkan segala dosa-dosanya yang telah lalu. Dipelihara oleh Allah umurnya yang masih tinggal. Terlepas daripada dahaga ketika berada di akhirat.
  • Puasa pada waktu awal Bulan Rajab, pertengahannya dan pada akhirnya seumpama puasa sebulan pahalanya.
  • Siapa yang bersedekah pada waktu bulan Rajab, seumpama bersedekah seribu dinar,dituliskan kepadanya pada setiap helai bulu roma di jasadnya seribu kebajikan, akan diangkat seribu derajat, dihapus seribu kejahatannya
  • “Dan barang siapa yang melaksanakan puasa pada tanggal 27 Rajab atau yang disebut Isra Mi’raj maka ia akan memperoleh pahala seperti berpuasa selama 5 tahun.”

Doa pada Waktu Bulan Rajab


Salah satu amalan yang dianjurkan ketika datang Bulan Rajab ialah membaca doa. Adapun Bunyi Doanya ialah sebagai berikut:

Keutaman dan Doa Bulan Rajab


Cara membacanya adalah: Allahumma Baariklanaa Fii Rajaba wa sya’banna wa Ballighna Ramadhaana.

Doa ini sangat dianjurkan untuk selalu dibaca ketika masuk Bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan. Bisa juga dijadikan sebagai pujian ketika selesai mengumandangkan adzan.

Sebuah doa yang isinya memohon kepada Allah agar dijumpakan dengan ketiga bulan tersebut. Sebab ketiganya merupakan bulan yang sangat istimewa dan tidak semua orang bisa menjumpainya.

Penutup


Melihat berbagai macam keutamaan dari Bulan Rajab di atas maka sudah sepantasnyalah kita menyambutnya dengan berbagai amalan Sunnah.

Misalnya saja dengan melaksanakan Puasa Sunnah dan memanjatkan Doa Bulan Rajab. Hal ini berutujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Dengan begitu kita akan memperoleh keberkahan akan datangnya bulan Rajab. Syukur-syukur bisa sampai ke bulan ramdhan.

Mengapa demikian? sebab umur orang itu tidak ada yang tahu. Bisa saja kita tidak bisa menjumpai bulan rajab sampai dengan bulan ramadhan lantaran ajal sudah mendekat.

Maka beruntunlah bagi anda yang masih bisa menjumpai bulan rajab pada tahun ini. Sebab tidak semua orang bisa demikian.

Hiasilah hari-hari pada Bulan Rajab dengan berbagai amal sholeh agar kita menjadi umat yang bertaqwa.

Baca juga :

Posting Komentar