Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya – Salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan bagi kaum muslimin adalah Puasa Sunnah Senin Kamis.

Puasa Senin Kamis adalah sebuah puasa yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis. Jadi dalam seminggu harus berpuasa 2 kali. Hukum puasa ini ialah Sunnah, maksudnya bagi siapa saja yang menjalankannya mendapat pahala dan yang meninggalkannya tidak apa-apa.

Saya rasa kalian sudah sangat familiar dengan puasa sunnah yang satu ini. Kendati demikian, untuk bisa istiqomah menjalankan Puasa Sunnah Senin Kamis bukanlah suatu hal yang mudah.

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya
Banyak sekali halangan yang akan membuat kita malas untuk melakukan puasa Sunnah Senin Kamis. Terutama halangan tersebut adalah karena rasa malas yang sangat luar biasa.

Padahal jika kita mengetahui, banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil ketika bisa dengan rutin menjalankan puasa sunnah pada hari kamis. Misalnya untuk menambah kecerdasan. Hal ini saya ketahui dari penjelasan dari para guru saya.

Nah berkaitan dengan hal tersebut, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya.

Anjuran Melaksanakan Puasa Senin Kamis


Sebagai salah satu puasa Sunnah, banyak sekali hadits yang menganjurkan kaum muslimin untuk menjalankan puasa Senin Kamis.

Maka dari itu, jika tidak ada halangan syar’i, usahakanlah selalu untuk menjalankan Puasa Sunnah Senin Kamis.

Adapun hadits yang menganjurkan Puasa Senin Kamis adalah sebagai berikut:
  1. Dari Abu Qotadah Al Anshori RA, Rasulullah Nabi Muhammad SAW pernah ditanya tentang puasa sunnah yang dilaukan pada hari Senin, Lalu beliau menjawabnya: Hari tersebut (Senin) ialah hari kelahiranku (Nabi Muhhamad), hari ketika aku diutus atau diturunkannya wahyu bagiku.”
  2. Hadits dari Aisyah, yang artinya: “Rasulullah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam terbiasa menaruh pilihan berpuasa ketika pada hari senin dan kamis.”
  3. Hadits dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Beragam amalan/perbuatan dihadapkan (kepada Allah) ketika pada hari Senin dan Kamis, maka aku senang Apabila amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang dalam keadaan berpuasa.”
Banyak sekali dalil yang membahas mengenai anjuran melaksanakan Puasa Sunnah pada Hari Senin dan Kamis. Maka dari itu, usahakanlah untuk menjalankan ibadah secara rutin.

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Tata cara pelaksanaan Puasa Sunnah Senin Kamis sama dengan puasa sunnah yang lainnya. Yaitu, dimulai ketika terbit fajar shodiq sampai tenggelemnya matahari.

Ketika anda ingin menjalankan puasa senin kamis, terlebih dahulu harus melaflkan niat. Niat ini wajib bisa dibaca di dalam hati. Kendati disertai dengan bacaan lisan maka itu hukumnya sunnah sebab untuk membantu hati anda dalam mengucapkannya.

Sebenarnya, Niat Puasa Senin Kamis tak harus dilafalkan dengan menggunakan bahasa Arab. Bisa juga anda lafalkan menggunakan bahasa setempat (Bahasa Indonesia, Jawa, Sunda dan lain sebagainya)

Namun jika anda bisa melafalkannya dengan menggunakan bahasa arab akan menjadi lebih baik. Adapun Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya adalah sebagai berikut:

Niat Puasa Sunnah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى


Cara membacanya: Nawaitu Shouma Yaumil Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aala.

Artinya : "Aku berniat untuk puasa sunnah pada hari senin karena Allah Ta'ala"

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى


Cara membacanya: Nawaitu Shouma Yaumil Khoomisi Sunnatal Lillaahi Ta’aala.

Artinya : "Aku berniat untuk puasa sunnah pada hari Kamis karena Allah Ta'ala"

Doa Berbuka Puasa Sunnah Senin Kamis

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتَ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَاءُ وَابْتَلَتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ لله


Cara membacanya: Allahumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu dzahamadh dhomaau wabtalatil ‘ururqu wa tsabatal ajru insyaa allah

Artinya: Ya Allah hanya bagimulah hamba berpuasa dan dengan rezekimulah hamba berbuka. Sudah sirna dahaga, urat-urat sudah basah dan pahala sudah tetap insya allah.

Demikianlah informasi mengani Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya yang bisa saya sampaikan kepada anda semua.

Mari kita laksanakan puasa sunnah ini dengan sebaik-baiknya dan rutin.

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *