Ikutilah Program Tadarus Grup WhatsApp PTS, periode setiap 15 hari. GABUNG

Doa untuk Menangkal Agar Terhindar dari Penyakit

Kumpulan 9 Do'a untuk Menangkal agar Terhindar dari Penyakit
Kumpulan 9 Do'a untuk Menangkal agar Terhindar dari Penyakit

Sehat adalah nikmat yang paling berharga dari Allah SWT. Namun ada kalanya manusi menghadapi beragam penyakit yang bisa mengancam. Selain dengan obat, ada ikhtiar lain yang bisa ilakukan yakni dengan membaca doa agar terhindar dari penyakit.
Dilihat dari perspektif psikologi menurut Jurnal UIN Antasari, doa memberi pengaruh luar biasa secara psikologis. Di antaranya mampu menenangkan serta meyakinkan diri tentang pilihan yang diambil.
Daftar isi artikel:
Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan, yakni:

Doa Agar Terhindar dari Penyakit yang Berbahaya

Doa ini merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dari hadis riwayat Anas RA, bahwa Rasulullah SAW pernah membaca doa agar terhindar dari penyakit ini pada suatu waktu yang bisa diikuti oleh umatnya.
Dalam hadis dari Anas RA tersebut disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengucapkan doa: “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit.” (HR Abu Daud).
Dikutip Nu Online, Abdul Muhsin Al-Abbad dalam Syarah Abu Dawud menafsirkan kata ‘sayyi’il asqam’ atau penyakit-penyakit buruk dalam hadit ini sebagai ragam penyakit yang membuat buruk rupa dan bahaya pada manusia.

Doa Meminta Kesehatan

Umat muslim juga disarankan untuk membaca doa meminta kesehatan. Sebab, akan banyak penyakit yang bisa dihindari jika memiliki tubuh yang kuat. Doa itu yakni: “Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau.”
Ada juga doa meminta kesehatan lainnya yang bisa dipanjatkan. Yakni: “Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka."

Doa Meminta Keselamatan

Doa meminta keselamatan ini juga termasuk dalam doa agar terhindar dari penyakit. Berikut lafadznya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.
Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Alqur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka.
Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

Doa Agar Diberi Perlindungan

Doa ini telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Beliau bersabda: "Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku." (HR Muslim).
Ada juga doa dengan versi yang lain, yaitu: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu dan hilangnya kesehatan dari-Mu dan datangnya kutukan-Mu secara tiba-tiba dan dari segala kemarahan-Mu." (HR Bukhari Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi).

Doa Agar Terhindar dari Bala’

Ada zikir yang bisa dibaca setiap pagi sebanyak tiga kali, yang dapat dihindarkan dari 70 macam bala’ atau penyakit oleh Allah SWT. Mulai dari penyakit yang paling ringan hingga penyakit paling berat, yakni:
بسم الله الرحمن الرحيم الْحَمْدُ للهِ رب العالمين حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ
Bismillaahir rohmaanir rohiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamin hamdan katsiran thoyyiban mubaarokan fiihi
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, dengan pujian yang banyak, baik dan keberkahan di dalamnya,”
Ini disebutkan dalam kitab Al-Adzkar dan Nuzhatul Majalis, yakni;
من قال حين يصبح ثلاثا بسم الله الرحمن الرحيم الْحَمْدُ للهِ رب العالمين حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ صرف الله عنه سبعين نوعا من البلاء ادناها الهم
“Barangsiapa ketika pagi membaca tiga kali; Bismillaahir rohmaanir rohiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamin hamdan katsiran thoyyiban mubaarokan fiihi, maka Allah menghindarkan darinya 70 macam bala’, yang paling ringan adalah kesedihan,”

Doa yang Dapat Menjadi Obat Wabah

Dalam kitab Ar Rahmah fi Atthib wa Al Hikmah disebutkan, Imam As-Suyuthi berkata bahwa obat wabah salah satunya dengan membaca doa. Beliau menganjurkan agar umat Islam membaca kalimat:
سَلاَمٌ قَوْلَ مِنْ رَبِّ رَحِيْم
Salamun qaula min robbi rohim
“Kepada mereka dikatakan salam (keselamatan), sebagai ucapan selamat dari Allah Yang Maha Penyayang,”
Doa tersebut berasal dari salah satu ayat dalam Surat Yasin dan dianjurkan untuk dibaca sebanyak 280 kali setiap hari.
Dengan membaca doa itu, niscaya yang bersangkutan akan diselamatkan dari wabah yang juga dapat menjadi doa agar terhindar dari penyakit.

Doa Rukiah

Doa rukyah ini bisa digunakan sebagai doa agar terhindar dari penyakit dan juga wabah. Rasulullah SAW diklaim membaca salah satu doa menghilangkan penyakit ketika merukiah sahabatnya. Doa tersebut yakni:
امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ
Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. Lā kasyifa lahu illa anta
“Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,”

Doa Ketika sedang Sakit

Bacaan doa ketika sakit ini adalah:
اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا
Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. Lā syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman
“Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,”

Doa agar Diberi Kesehatan

Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda:
اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ
Allohumma Innii A’uudzu Bika Min Zawaali Ni’matik, Wa Tahawulli ‘Aafiyatik, Wa FuJaa’ati Niqmatik, Wa Jamii’i Sakhothik
“Ya Allah, sesungguhnya aku ini berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat yang telah Engaku berikan, dari ubahnya kesehatan yang Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, serta dari segala murka-Mu,”

Memanjatkan doa agar terhindar dari penyakit dengan khusuk juga bisa dilakukan pada waktu diijabahnya doa dan tentunya dengan tatacara berdoa yang baik dan benar, seperti di sepertiga malam.

Artikel Terkait:

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Doa untuk Menangkal Agar Terhindar dari Penyakit , jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Tidak ada internet!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Terdeteksi!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.