Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Untuk Ketenangan Hati dan Tips Hati Tenang

Hati tenang atau sudah hanya diri kita sendiri yang mengetahui. Orang lain tak tahu dalamnya isi hati kita. Bisa jadi, wajah tampak cerah dan senang, namun menyimpan kesedihan. Keceriaan dan kebahagiaan hanya untuk menghibur hati saja. Padahal hati tak bisa ditipu.

Doa Untuk Ketenangan Hati dan Tips Hati Tenang
Problamtika hidup masyarakat modern seperti ini memang banyak membuat orang stres. Hal ini dikarenakan hati dan pikiran sudah kacau. Yang ada hanya urusan dunia saja, mulai dari bangun tidur hingga mau tidur. Padahal selain jasad kita, ada yang disebut ruh yang juga perlu makanan atau asupan. Umumnya kita hanya mementingkan urusan jasad saja, seperti perut.

Hati merupakan pangkal dari segala perbuatan kita. Jika hati kita jahad, maka tindakan kita akan jahad. Jika hati sakit, pikiran tak kuasa menahan semua itu, yang terjadi adalah kesusahan, kehambaran, dan kehampaan. Hidup terasa tak enak. Makan tak enak. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, yang terjadi adalah anda akan stress. Maka dari itu, supaya tidak mudah stress, sebaiknya hati dikasih makan cahaya keagamaan.

Caranya bagaimana? yakni dengan kembali kepada Agama Allah dengan melakukan sholat, dzikir, puasa, membaca Al Quran, dan lain lain. Semua itu jika dilakukan dengan ikhlas dan mengharap ridlo Allah, akan menjadikan hati tentram. Dan ketika sudah melakukan, jangan hanya satu kali saja, lakukan itu sebagai amalan rutin hidup anda.

Mengapa haru melakukan itu? Sebab dunia ini bersifat sementara. Apa yang kita punya itu hanya titipan. Dan selamanya tidak akan dibawa mati. Coba lihat saja, kira kira adakah orang mati membawa rumahnya sampai dimasukkan ke dalam kuburan? Oleh sebab itu, jangan terlalu berlebihan cinta terhadap harta. Jika cinta terlalu berlebihan mengalahkan cinta kepada Allah dan rasulnya, maka hati akan mudah resah, gelisah, dan hidup seorang tidak enak rasanya.

Dzikir, doa, dan baca al qur'an sangat baik untuk menyembuhkan hati yang sakit. Kemudian menghadiri majelis ilmu juga sangat bagus untuk menambah wawasan keagamaan dan mengoreksi hati. Jika selama ini kita merasa susah, bisa jadi itu karena hati kita kosong dari relegiusitas. Dan segeralah cari tempat atau obat hati dan laksanakan secara rutin.

Salah satu doa supaya hati tidak gelisah dan susah, bisa anda baca tiap hari setelah sholat, insyaallah diberi ketenangan hati:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ


Artinya : "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Doa Untuk Ketenangan Hati dan Tips Hati Tenang"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *