0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Doa Pergi ke Masjid, Masuk Masjid dan Keluar Masjid Lengkap Arab Latin dan Artinya

Kumpulan Doa Pergi ke Masjid, Masuk Masjid dan Keluar Masjid
Kumpulan Doa Pergi ke Masjid, Masuk Masjid dan Keluar Masjid

Sholat di masjid tepat pada waktunya adalah salah satu ibadah paling utama dalam Islam. Sholat berjama'ah di masjid juga memiliki keutamaan dibanding sholat sendirian sebanyak 25 kali lipat dan lebih baik sebanyak 27 derajat di sisi Alloh.

Untuk menyempurnakan ibadah sholat di dalam masjid, ada baiknya kita mengenal doa-doa terkait pergi ke masjid, doa masuk masjid, serta doa keluar masjid berdasarkan hadist dari Rosulullah SAW. Berikut hadist terkait dengan sholat di masjid.


Doa Pergi ke Masjid

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ فِيْ قَلْبِيْ نُوْرًا، وَفِيْ لِسَانِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ فِيْ سَمْعِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ فِيْ بَصَرِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِيْ نُوْرًا، وَمِنْ أَمَامِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِيْ نُوْرًا، وَمِنْ تَحْتِيْ نُوْرًا، اَللَّهُمَّ أَعْطِنِيْ نُوْرًا

Alloohummajngal fii qolbii nuuron, wa fii lisaanii nuuron, wajngal fii samngii nuuron, wajngal fii bashorii nuuron, wajngal min kholfii nuuron, wa min amaamii nuuron, wajngal min fauqii nuuron, wa min tahtii nuuron, alloohumma a'thinii nuuron.

Ya Alloh, jadikanlahlah cahaya di hatiku, cahaya di lidahku, cahaya di pendengaranku, cahaya di penglihatanku, cahaya dari belakangku, cahaya dari hadapanku, cahaya dari atasku, cahaya dari bawahku. Ya Alloh, berilah aku cahaya.
(HR. Muslim no. 763 (191) Syarah Muslim V/51 dan lafal hadits menurut riwayatnya)

Diriwayatkan juga oleh Al-Bukhori / Fatkhul Baari XI/116, banyak tambahan di dalamnya.


Doa Masuk Masjid

أَعُوْذُ بِاللَّهِ الْعَظِيْمِ، وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ، وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ، مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، (بِسْمِ اللَّهِ، وَالصَّلاَةُ) (وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ) اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Anguudzu billaahil ngazhiim, wa biwajhihil kariim, wa sulthoonihil qodiim, minasy syaithoonir rojiim, (bismillaah, wash-sholaaatu) (was-salaamu ngalaa rosuulillaah) alloohummaftah lii abwaaba rohmatik.

Aku berlindung kepada Alloh Yang Maha Agung, dengan wajah-Nya Yang Mulia dan kekuasaan-Nya yang abadi, dari setan yang terkutuk [1] Dengan nama Alloh dan semoga sholawat [2] dan salam tercurahkan kepada Rosululloh [3] Ya Alloh, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku [4].


[1] HR. Abu Dawud, lihat Shohih Al-Jami' no.4591.

[2] HR. Ibnu As-Sunni no.88.

[3] HR. Abu Dawud, lihat Shohih Al-Jami' 1/528.

[4] HR. Muslim 1/494. Dalam Sunan Ibnu Majah, dari hadits Fathimah "Alloohummagh fir li dzunubi waftahli abwaba rohmatik". Lihat Shahih Ibnu Majah 1/128-129.


Doa Keluar Masjid

بِسْمِ اللَّهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ، اَللَّهُمَّ اعْصِمْنِيْ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

Bismillaahi wash-sholaatu was-salaamu ngalaa rosuulillaah, Alloohumma innii as-aluka min fadhlika, Alloohumma' shimnii minasy-syaithoonir-rojiim.

Dengan nama Alloh, semoga sholawat dan salam terlimpahkan kepada Rosululloh. Ya Alloh, sesungguhnya aku minta kepada-Mu dari karunia-Mu. Ya Alloh, peliharalah aku dari godaan setan yang terkutuk.

Tambahan: Alloohumma'shimni minasy syai-thoonir rojim, adalah riwayat Ibnu Majah. Lihat Shohih Ibnu Majah 129.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Doa Pergi ke Masjid, Masuk Masjid dan Keluar Masjid Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".