Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Hal Yang Membatalkan Sholat

Hal-Hal Yang Membatalkan Sholat

Hal-Hal Yang Membatalkan Sholat


  1. Berhadats, baik itu Hadats Kecil ataupun Hadats Besar.
  2. Terkena najis, seperti kejatuhan kotoran cicak dan sejenisnya, apabila najis tersebut tidak langsung dibuang secepatnya, maka membatalkan sholat, akan tetapi apabila langsung dibuang secepatnya asalkan tidak ada yang masih menempel, maka tidak batal sholatnya.
  3. Terbukanya Aurod, seperti contoh terkena angin sampai sarungnya terangkat, atau bagi wanita yang mukenanya terkena angin ibarat terbuka leher atau lengannya, apabila tidak segera ditutup maka batal sholatnya.
  4. Berbicara, walaupun satu huruf dengan disengaja, maka batal sholatnya.
  5. Sengaja melakukan sesuatu yang membatalkan puasa, seperti memasukkan air atau lainnya ke dalam telinga atau sejenisnya, maka batal sholatnya.
  6. Makan banyak disertai lupa, jadi ketika makan sedikit disertai lupa atau tidak tahu yang semacam itu bisa membatalkan sholat, maka tidak batal sholatnya.
  7. Menggerakkan anggota tubuh 3 kali walaupun lupa secara terus-menerus.
  8. Melompat atau melangkah yang tidak wajar.
  9. Memukul yang tidak wajar atau dengan sangat.
  10. Sengaja menambah 2 rukun fi'liyyah.
  11. Mendahului imam sampai 2 rukun fi'liyyah, seperti contoh : Imam masih ruku', ma'mum sudah i'tidal, kemudian imam i'tidak, ma'mum sudah sujud. Begitu juga sengaja tertinggal 2 rukun tanpa halangan, seperti imam sudah ruku', sudah i'tidal dan sudah akan melaksanakan sujud, ma'mum masih berdiri.
  12. Berniat keluar dari sholat.
  13. Berniat menggantungkan sesuatu untuk keluar dari sholat, seperti contoh orang yang sedang sholat mempunyai niat: "Apabila nanti hujan, maka sholat akan saya batalkan." Apabila sedang berniat seperti ini, maka sholatnya sudah batal walaupun tidak hujan.
  14. Bingung / ragu-ragu untuk membatalkan sholat, seperti: "Sholatku ini akan saya batalkan atau tidak?" Maka sholatnya batal seketika itu.
Ada poin tambahan lagi dari yaitu MURTAD atau keluar dari Agama Islam.

Demikianlah hal-hal yang dapat membatalkan sholat, dan saya yakin diantara kalian pasti pernah mengalaminya. 
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "14 Hal Yang Membatalkan Sholat"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *