Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Tasyahud Akhir / Tahiyat Akhir (Duduk Tawarruk) Lengkap Arab Latin dan Artinya


Bacaan Tasyahud Akhir / Tahiyat Akhir (Duduk Tawarruk) Lengkap Arab Latin dan Artinya

Bacaan Tasyahud Akhir / Tahiyat Akhir (Duduk Tawarruk) Lengkap Arab Latin dan Artinya

Tahiyyat atau Tasyahhud akhir merupakan salah satu rukun sholat, jika ditinggalkan dengan sengaja maka batal shalatnya. Berbeda dengan tasyahud awal yang merupakan sunnah ab'adh, namun untuk bacaannya sama, hanya saja dalam bacaan tasyahud akhir harus lengkap, sedangkan kalau tasyahud awal bacaanya sampai dua kalimat syahadat atau sampai sholawat. 

Untuk Bacaan Tasyahud (Tahiyyat) Akhir akan kami paparkan pada halaman ini secara lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin serta terjemahannya. Bagi Anda yang belum hafal bacaannya, silakan bisa Anda pelajari dan hafalkan disini. Dan berikut adalah lafadz bacaan selengkapnya:

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلّٰهِ. السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلٰى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلٰهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ. وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. كَمَا بَرَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ. فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
Attahiyyaatul Mubaarokaatush Sholawaatut Toyyibaatulillaah Assalaamu'alaika Ayyuhan Nabiyyu Warohmatulloohi Wabarokaatuhu Assalaamu'alainaa Wa 'Alaa 'Ibaadil-Laahish-Shoolihiina. Asyhadu Anlaa Ilaaha Il-Lallooh Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rosuulullaah. Alloohumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammadin Wa 'Alaa Aali Sayyidinaa Muhammadin. Kamaa Shol-Laita 'Alaa Sayyidinaa Ibroohiima Wa 'Alaa Aali Sayyidinaa Ibroohiima Wabaarik 'Alaa Sayyidinaa Muhammadin Wa 'Alaa Aali Sayyidinaa Muhammadin Kamaa Baarokta 'Alaa Sayyidinaa Ibroohiima Wa 'Alaa Aali Sayyidinaa Ibroohiima Fil 'Aalamiina Innaka Hamiidun Majiidun

Artinya :
Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad dan ke atas keluarganya. Sebagaimana Engkau selawatkan ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim. Berkatilah ke atas Muhammad dan atas keluarganya sebagaimana Engkau berkati ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim di dalam alam ini. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

Itulah Lafadz Bacaan Tahiyyat (Tasyahhud) Akhir Lengkap Arab, Latin dan Artinya. Setelah selesai membaca tasyahud akhir maka kemudian dilanjutkan dengan membaca salam, namun dianjurkan juga sebelum salam hendaknya membaca doa setelah tasyahud.


elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *