Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Sholat Sunnah Arafah


Tata Cara Sholat Sunnah Arafah

Sholat Sunnah Arofah adalah sholat sunah yang dikerjakan pada tanggal 9 bulan Dzulhijjah dan waktunya diantara sholat Dzuhur dan Ashar sebanyak empat roka’at dua salaman.

Dasar / Dalil
عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "مَنْ صَلَّى يَوْمَ عَرَفَةَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ يَقْرَأُ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ مَرَّةً وَقُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ ..إلخ خَمْسِيْنَ مَرَّةً كَتَبَ لَهُ اَلْفَ اَلْفَ حَسَنَةٍ وَرَفَعَ لَهُ بِكُلِّ حَرْفٍ فِى الْقُرْأَنِ دَرَجَةً فِى الْجَنَّةِ مَا بَيْنَ كُلِّ دَرَجَتَيْنِ مَسِيْرَةُ خَمْسِمِائَةِ عَامٍ وَيُزَوِّجُهُ اللهُ بِكُلِّ حَرْفٍ فِى الْقُرْأَنِ سَبْعِيْنَ حَوْرَاءَ.
Diriwayatkan dari Sahabat Abu Hurairoh ra, bahwa Rosululloh Saw bersabda : “Barangsiapa mengerjakan sholat sunnah di hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) pada waktu diantara Dzuhur dan Ashar sebanyak 4 roka’at (dua salaman) yang setiap roka’at dia membaca surat Al-Fatihah 1x dan surat al-Ikhlas sebanyak 50x, maka Alloh SWT akan mengaruniakan sebanyak sejuta kebaikan baginya dan Alloh SWT akan mengangkat derajatnya pada setiap huruf al-Qur’an yang ia baca, yang setiap jarak diantara derajat satu dengan yang lain berjarak sepanjang perjalanan 500 tahun, dan Alloh SWT akan menghadiahkan dari setiap huruf al-Qur’an yang ia baca dengan bidadari di Surga”.

Niat Sholat Sunnah Arafah
أُصَلِّى سُنَّةً لِيَوْمِ عَرَفَةَ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا/ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Wirid Setelah Sholat Sunnah Arafah
1.    لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 100× \ 41×
2.    اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى اَلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ 100× \ 41×
3.    سُوْرَةُ الْإِخْلَاصْ 100× \ 41×

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat Sunnah Arafah"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *