Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Melaksanakan Shalat Jenazah Lengkap Niat dan Doanya

Tata Cara Melaksanakan Shalat Jenazah Lengkap Niat dan Doanya

Hukum Sholat Jenazah atau Sholat untuk mayyit Muslim adalah Fardlu Kifayah. Artinya, wajib dilaksanakan minimal oleh satu orang. Bila secara sengaja sama sekali tak ada yang menunaikannya maka status dosa menimpa umat Islam secara umum.

Mensholati adalah salah satu kewajiban kifayah selain memandikan jenazah, mengkafani, dan terakhir menguburnya. Secara teknis tata cara shalat jenazah berbeda dari tata cara shalat pada umumnya, lantaran tidak menggunakan gerakan ruku’, i’tidal, dan sujud.


Rukun-rukun yang harus dilaksanakan dalam shalat jenazah antara lain niat, empat kali takbir, berdiri (bagi orang yang mampu), membaca Surat Al-Fatihah, membaca sholawat atas Nabi SAW sesudah takbir yang kedua, doa untuk si jenazah sesudah takbir yang ketiga, dan salam.

Berikut tata cara shalat jenazah secara berurutan yang dikutip dari Fashalatan karya Syekh KHR Asnawi Kudus, salah satu pendiri Nahdlatul Ulama.

Panduan Sholat Jenazah

1. Niat Sholat Jenazah

Untuk Jenazah Laki-Laki
أُصَلِّي عَلَى هَذَا الْـمَيِّتِ فَرْضًا للهِ تَعَالَى
Usholli ‘Alaa Hadzal Mayyiti Fardhol Lillahi Ta’alaa.
Saya niat sholat atas jenazah (laki-laki) ini, Fardhu karena Alloh Ta’ala.

Untuk Jenazah Perempuan
أُصَلِّي عَلَى هَذِهِ الْـمَيِّتَةِ فَرْضًا للهِ تَعَالَى
Usholli ‘Alaa Hadzihill Mayyitati Fardhol Lillahi Ta’alaa.
Saya niat sholat atas jenazah (perempuan) ini, Fardhu karena Alloh Ta’ala.

2. Takbir pertama (Takbiratul Ikhrom) dan dilanjutkan dengan membaca Surat al-Fatihah.

3. Takbir kedua dan diteruskan dengan membaca shalawat Nabi:
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Akan lebih bagus bila disambung:
كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
4. Takbir ketiga, membaca doa untuk jenazah yang sedang dishalati
Untuk Jenazah Laki-Laki
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ  وَاجْعَلِ اْلجَنَّةَ مَثْوَاهُ. اللّهُمَّ ابْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَهْلًا خَيْراً مِنْ أَهْلِهِ. اللَّهُمَّ إِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَأَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ. اَللَّهُمَّ أَكْرِمْ نُزولَهُ ووسِّعْ مَدْخَلَهُ

Untuk Jenazah Perempuan
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهاَ وَارْحَمْهاَ وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهاَ  وَاجْعَلِ اْلجَنَّةَ مَثْوَاهاَ. اللّهُمَّ ابْدِلْهاَ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَهْلًا خَيْراً مِنْ أَهْلِهاَ. اللَّهُمَّ إِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَأَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهاَ. اَللَّهُمَّ أَكْرِمْ نُزولَهاَ ووسِّعْ مَدْخَلَهاَ

5. Takbir keempat, lalu membaca:

Untuk Jenazah Laki-Laki
اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنّا بَعدَهُ

Untuk Jenazah Perempuan
اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَها ولاتَفْتِنّا بَعدَها

6. Mengucapkan salam secara sempurna:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

7. Dilanjutkan berdzikir atau dengan Tahlil serta Do’anya.

Keutamaan Sholat Jenazah

Mengantarkan jenazah saudara kita meninggalkan dunia ini, tidak harus dengan tangisan yang terisak. Sebagai umat Islam, kita diajarkan untuk tidak berlebihan dalam berperilaku.
Cara terbaik untuk mengantarkan jenazah saudara kita ialah dengan ikut menyolatkannya dan mendoakannya.
Dalam HR. Muslim disebutkan, “ Barang siapa mensholatkan jenazah dan tidak mengiringinya ke pemakaman, ia akan memperoleh pahala sebesar satu qirath. Jika dia juga mengiringinya hingga ke pemakaman, ia akan memperoleh dua qirath.” Digambar ukuran satu qirath ialah sebesar Gunung Uhud.

Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan

Perlu diketahui juga, bahwa dalam melaksanakan sholat jenazah, ada perbedaan antara jenazah perempuan dan laki-laki. Perbedaan ini terletak pada posisi jenazah dan orang yang menyolatkan.
Tata Cara Melaksanakan Shalat Jenazah Lengkap Niat dan Doanya

Apabila jenazah perempuan, imam yang menyolatkannya harus menempatkan diri sejajar dengan tali pusar jenazah.
Sedangkan untuk posisi makmum, penataannya sama seperti penataan sholat wajib pada umumya. Makmum laki-laki dewasa berada di depan, diikuti makmum perempuan dewasa, dan diusahakan untuk menata barisan dalam jumlah ganjil.
Dan, untuk tata cara sholat jenazah laki-laki berbeda dengan jenazah perempuan. Mulai dari penataan dan juga niat bacaannya.

Tata Cara Sholat Jenazah Laki-laki

Kalau dalam penataan tata cara sholat jenazah perempuan, imam memposisikan diri sejajar dengan tali pusar jenazah, untuk jenazah laki-laki, imam harus memposisikan diri sejajar dengan kepala jenazah.
Dan, diikuti dengan penataan makmum sama seperti sholat wajib pada umumnya.
Tata Cara Melaksanakan Shalat Jenazah Lengkap Niat dan Doanya
Anjuran untuk jumlah baris makmum ganjil juga berlaku untuk menyolatkan jenazah laki-laki.


Dan, ada anjuran lagi untuk menyolatkan jenazah di masjid atau mushola terdekat, namun apabila tidak bisa, menyolatkan jenazah di rumah juga diperbolehkan.
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Melaksanakan Shalat Jenazah Lengkap Niat dan Doanya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *