Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Rukun dan Sunnah Menyembelih Hewan Lengkap

Syarat Rukun Menyembelih Hewan Lengkap

Berikut adalah 5 syarat rukun dalam menyembelih atau memotong hewan agar menjadi halal dan daging sembelihan tidak menjadi bangkai (dihukumi daging bangkai).

1. Harus Beragama Islam

Hal ini tentu saja kita menyedari dan memahami bahwa memang orang yang menyembelih harus beragama islam. Hal ini karena memang di tangan orang Muslim lah, sebutan nama Allah itu akan berarti dalam syariah.

2. Menyebut Asma Allah dengan membaca Bismillahi Allahu Akbar

Setelah beragama islam, hal yang harus dipenuhi lainnya adalah membaca Bismillahi Allahu Akbar. Insya Allah dengan menyebut nama Allah ini, akan membuat rukun dalam penyembelihan ini atau doa potong ayam ini menjadi sah.

Poin ini sangat perlu ditekankan karena Haram hukumnya apabila dibacakan nama selain Allah pada saat proses pemotongan hewan atau proses penyembelihan.

Oleh karena itu sangat perlu diberhatikan agar yang disebut benar-benar nama Allah.

Dan tentunya diharapkan keberkahan dan keselamatan juga dengan nama Allah.

3. Hewan kategori halal dimakan

Makanan yang boleh dikonsumsi oleh muslim adalah makanan yang memang halal secara fiqih. Oleh karena itu jika penyembelihan dilakukan dengan aturan yang benar terhadap binatang yang tidak halal, maka hukumnya tetap tidak dibenarkan.

Maka biasakan juga untuk mengkonsumsi rezeki yang baik dan halal.

4. Menggunakan alat pisau atau parang, dan sebagainya

Alat yang dianjurkan untuk digunakan pada saat proses pemotongan hewan adalah seperti pisau dan parang. Selain itu juga dibenarkan jika matinya hewan akibat busur panah. Sedangkan jika dengan peluru, ada banyak pembahasan ulama tentang itu.

Oleh karena itu, sebaiknya memang menggunakan pisau atau parang saja untuk menyembelih hewan, baik ayam ataupun hewan lainnya.

5. Pelaksanaan pada saat penyembelihan harus memutuskan tenggorokan dan kerongkongan serta memutuskan urat saluran masuknya makanan

Hal ini tentu saja mudah dipahami. Pemutusan itu tentu bertujuan untuk membuat penyembelihan menjadi sempurna. Serta membuat binatang yang dipotong agar cepat mati. Sehingga tidak menderita terlalu lama dan tidak termasuk menyiksa binatang.

Meskipun hanya binatang, hukum menyiksanya tetap haram dalam Islam. Maka pastikan agar bagian-bagian tersebut terputus secara sempurna dalam proses pemotongan hewan.


Sunnah dalam Menyembelih Hewan

Sama halnya dengan berbagai ibadah lainnya, dalam penyembelihan juga terdapat sunnah-sunnah yang bisa dilakukan. Tentu saja sunnah-sunnah tersebut bertujuan agar mendapatkan pahala yang lebih besar dan juga mendapatkan keberkahan.

Untuk itu, mari kita simak apa saja sunnah-sunnah dalam penyembelihan:

1. Menyembelih dengan Pisau Tajam

Menyembelih dengan pisau yang tajam bertujuan agar mempercepat proses penyembelihan dan juga tidak menyiksa binatang.

Karena jika pisaunya tidak tajam, maka proses pemotongan akan terasa sakit sekali oleh binatang tersebut. Dan hal in dilarang oleh Agama Islam. Sehingga sangat dianjurkan agar dilakukan dengan pisau yang tajam.

2. Menghadapkan Hewan yang Disembelih ke Arah Kiblat

Disunnahkan agar menghadapkan hewan ke arah kiblat. Pada dasarnya memang hampir semua ibadah kita disunnahkan agar menghadap kiblat. Mulai dari sholat, berdoa, bahkan hingga pemotongan hewan.

Maka hewan juga sunnah dihadapkan ke kiblat untuk menyempurnakan proses penyembelihan serta mendapatkan pahala sunnah yang maksimal.

3. Orang yang menyembelih menghadap arah kiblat

Selain binatang, orang yang yang memotong ayam atau hewan lainnya juga disunnahkan untuk menghadap kiblat. Karena memang sangat disarankan untuk menghadap kiblat guna meraih kemuliaan yang tinggi di sisi Allah.

Jika ini dilakukan untuk mengejar pahala di sisi Allah, tentu saja akan sangat bernilai dan akan diridhoi oleh Allah. Maka lakukanlah penyembelihan hewan dengan maksimal.

4. Membaca sholawat kepada nabi Muhammad SAW

Bersholawat kepada baginda juga merupakan hal yang sangat disunnahkan bahkan hampir di semua ibadah. Dalam hal ini termasuk di dalam proses pemotongan hewan. Kita juga disunnahkan untuk bersholawat.

Ketika kita bersholawat, maka Allah dan baginda juga bersholawat kepada kita. Sehingga pada saat itu, pasti kita sedang dipandang oleh Allah. Maka akan sangat bermanfaat dan mulia jika kita menyembelih hewan dalam kondisi dipandang oleh Allah.

Baca :
1. Doa Menyembelih Hewan
2. Adab Menyembelih Hewan
3. Pentingnya Membaca Doa Menyembelih Hewan
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Syarat Rukun dan Sunnah Menyembelih Hewan Lengkap"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *