Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholawat Nabi Lengkap Arab Latin dan Artinya

Apa Itu Sholawat Nabi?

Mengenal lebih jauh akan Sholawat Nabi maka perlu pula bagi kita untuk mengetahui akan apa itu sholawat Nabi, secara bahasa sholawat adalah jamak dari sholla ( صلى ) yang memiliki makna doa. Adapun secara istilah sholawat adalah pujian-pujian dan doa kepada baginda Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.


Sholawat sendiri terbagi menjadi tiga macam; Sholawat dari Allah SWT, Sholawat dari malaikat dan sholawat dari manusia atau ummatnya.


Shalawat dari Allah SWT berupa pemberian rahmat dan kemulian, adapun dari malaikat ialah memiliki makna permohonan ampunan dan apabila dari ummatnya adalah doa agar beliau diberikan limpahan ramhat dan kemulian menurut pendapat Ibnu Katsir.


Apa Itu Sholawat Nabi? Jenis Bacaan Sholawat Nabi Lengkap Arab Latin dan Artinya


Bacaan Sholawat Nabi

Berbagai macam sholawat Nabi yang bisa dilantukan sesuai dengan anjuran syariat, ada yang pendek dan ada yang panjang. Namun semuanya bisa diamalkan oleh siapapun dan kapanpun.


Shalawat ketika mendengar nama Nabi Muhammad

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

” Semoga Shalawat dan Salam dari Allah atasnya ( Rasulullah)


اَللَْهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ

“Ya Allah Limpahkan Sholawat Kepadanya”


Shalawat Ringkas

صَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

“Semoga Shalawat dari Allah atas Nabi Muhammad”


Sholawat untuk Nabi Muhammad dan Keluarganya

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

“Ya Allah, Berikanlah Rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan Keluarga Nabi Muhammad”


Dan masih banyak lagi shalawat Nabi yang bisa kita baca di setiap waktu, sebagai bentuk rindu dan cinta kita terhadap baginda Nabi Muhamamd SAW.


Semoga lidah kita dibasahi dengan shalawat Nabi, dan semoga kita tergolong dari ummat Nabi yang kelak akan menerima syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Amin Amin Amin yaa Rabbal Alamin.

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Bacaan Sholawat Nabi Lengkap Arab Latin dan Artinya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *