Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholawat Nuril Anwar atau Sholawat Badawiyah Sughro Lengkap Arab Latin dan Arti serta Faedahnya

Sholawat Nuril Anwar atau Sholawat Al-Anwar ini mujarab untuk mendapatkan hajat dan keinginan, tesingkapnya kesusahan, terhindar dari kesulitan dan juga dihasilkannya cahaya dan rahasia-rahasia ghaib. Menurut KH. A. Sadid Jauhari, shalawat ini juga memberikan manfaat berupa diberikannya putra-putri yang sholeh dan sholehah, berguna bagi umat. Menurut beliau diantara sebab pendiri PP. Al-Anwar menamai pondoknya dengan Al-Anwar, karena tafa'ulan terhadap shalawat ini, dan karena pendahalu pendiri istiqamah dalam membaca shalawat al-Anwar ini.


Sholawat Nuril Anwar atau Sholawat Badawiyah Sughro Lengkap Arab Latin dan Arti serta Faedahnya


Berikut Teks Arab Sholawat al-Anwar

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ.

ﺍَﻟﻠّٰﻬﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﻧُﻮْﺭِ ﺍﻟْﺄَﻧْﻮَﺍﺭِ، ﻭَﺳِﺮِّ ﺍﻟْﺄَﺳْﺮَﺍﺭِ، ﻭَﺗِﺮْﻳَﺎﻕِ ﺍﻟْﺄَﻏْﻴـَﺎﺭِ، ﻭَﻣِﻔْﺘَﺎﺡِ ﺑَﺎﺏِ ﺍﻟْﻴَﺴَﺎﺭِ، ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻭَﻣَﻮْﻻَﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺍﻟْﻤُﺨْﺘَﺎﺭِ، ﻭَﺁﻟِﻪِ ﺍﻟْﺄَﻃْﻬَﺎﺭِ، ﻭَﺃَﺻْﺤَﺎﺑِﻪِ ﺍﻟْﺄَﺧْﻴَﺎﺭِ، ﻋَﺪَﺩَ ﻧِﻌَﻢِ ﺍﻟﻠّٰﻪِ ﻭَﺇِﻓْﻀَﺎﻟِﻪِ .


Teks Latin Sholawat al-Anwar

Allahumma sholli 'alaa nuuril anwaari wa sirril asroori, wa tiryaaqil aghyaari wamiftaahi baabil yasaari, sayyidinaa wa maulaana Muhammadinil mukhtaari wa aalihil ath haari wa ash haabihil akhyaari 'adada ni'amillaahi wa ifdhoolih.


Terjemah Arti Sholawat al-Anwar

Ya Allah, limpahkanlah shalawat atas cahaya di antara segala cahaya, rahasia di antara segala rahasia, penawar duka, dan pembuka pintu kemudahan, yakni Say-yidina Muhammad, manusia pilihan, juga kepada keluarganya yang suci dan sahabatnya yang baik, sebanyak jumlah kenikmatan Allah dan karunia-Nya.


Sholawat Nurul Anwar atau kadang disebut Sholawat Badawi Sughro adalah salah satu bacaan sholawat yang sangat populer di kalangan masyarakat.


Menurut keterangan dari berbagai sumber, Sholawat Nuril Anwar ini adalah Sholawat yang disusun oleh Wali Qutub Al-Imam Ahmad Al-Badawi ra. Beliau memiliki nasab atau silsilah sampai kepada Rosulullah SAW.


Lihat: Biografi Imam Ahmad  al Badawi


Karena kecintaanya terhadap Rasulullah SAW juga, tersusunlah Sholawat Nuril Anwar ini.


Ada banyak syair yang beliau gubah untuk menyatakan cintanya kepada Rasulullah yang begitu besar.


Seorang penulis terkenal Muslim al-Sayyid Muhammad al Murtadā -Zabīdī (w. 1205 H.) menuliskan silsilah Al-Badawi (penyusun Sholawat Nuril Anwar) sebagai berikut: Ahmad bin 'Alī bin Ibrahim bin Muhammad bin Abi Bakar bin Ismail bin' Umar bin 'Alī ibn Utsman ibn al-Husain bin Muhammad ibn Musa al-Ashhab bin Yahya bin 'Isa bin' Alī bin Muhammad bin Hasan bin Ja'far bin 'Alī al-Hadi bin Muhammad al-Jawad ibn' Alī ar-Ridha bin Musa al-Kazim bin Ja'far al-Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin [Zain al-'Abidin]' Alī ibn al-Husain bin Fatimah, putri Nabi Muhammad SAW.


Sayyid Ahmad Ruslan mengomentari sholawat ini, "Sholawat ini sangat mujarab untuk menunaikan hajat, mengusir kesusahan, menolak bencana, dan memperoleh cahaya; bahkan sangat manjur untuk segala keperluan."


Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhani rhm. dalam "Afdhalush Sholawat" menukil sebagaimana di atas daripada Sidi Ahmad Zaini Dahlan rhm. dengan sedikit tambahan, yaitu: ".....bahkan sholawat ini mujarrab untuk segala sesuatu dan bilangan wiridannya adalah 100 kali setiap hari.


Hikmah dari membaca sholawat Nuril Anwar

  • Menerangkan hati dapat menyingkap rahasia-rahasia ilmu dan mengobati bisa-bisa dan pembuka rezeki. Sholawat ini hendaklah dibaca setiap hari 100 kali atau 92 kali.
  • Jika dibaca setiap selesai shalat fardhu, maka akan terhindar dari segala mara bahaya dan memperoleh rizki dengan mudah.
  • Jika dibaca 7 kali sebelum tidur, insya Allah akan terhindar dari sihir yang dilakukan orang jahat.
  • Jika dibaca 100 kali sehari semalam, akan memperoleh cahaya Illahi, menolak bencana, mendapat rizki lahir batin.


Khasiat Sholawat Nuril Anwar

Beberapa ulama menyampaikan beberapa khasiat sebagai berikut:

  • Jika seseorang membaca shalawat ini setiap selesai shalat fardhu, maka ia akan terhindar dari segala marabahaya dan memperoleh rezeki dengan mudah.
  • Jika seseorang membaca shalawat ini sehari dan malamnya 100 kali, maka ia akan memperoleh rezeki lahir-batin, manjur untuk mendatangkan segala hajat, menolak bencana, dan memperoleh cahaya Ilahi.
  • Jika seseorang menginginkan jabatan atau kedudukan tinggi, maka hendaklah ia membaca sholawat ini sebanyak 21x setiap akan berangkat kerja
  • Bila seseorang membaca shalawat ini 7 kali setiap akan tidur, insya Allah ia terhindar dari sihir yang dilakukan orang yang jahat.


Disamping keutamaan dan khasiat diatas, ada banyak khasiat lain yang disampaikan oleh para ulama, antara lain:

  • Jika dibaca ketika hati sedang gandrung atau hati sedang ruwet maka Allah akan memberikan kelapangan hati dan kegembiraan
  • Jika sedang mengalami amarah yang memuncak kemudian membaca sholawat nurul anwar insya Allah kemarahan akan reda seketika, begitu juga apabila menghadapi orang yang sedang marah atau menghadapi orang yang sangat ditakuti kemarahannya maka bacalah sholawat Nuuril anwar.
  • Untuk menjernihkan pikiran, khususnya bagi para penuntut imu, memudahkan menerima pelajaran dari pengajar.
  • Untuk mengalami kesempitan rezeki agar luas rezeki wiridkan sholawat Nuril Anwar
  • Usaha dagang / bisnis tumpur atau yang hidup segan mati tak mau maka baik sekali mewiridkan sholawat nuurul anwar setiap selesai sholat 5 waktu.
  • Jika sholawat Nurul Anwar selalu diamalkan maka dapat memberi efek bagi orang yang pemarah jadi lembut hati, yang pendendam jadi penyayang.
  • Jika sholawat ini di baca 100× tiap lepas sholat Shubuh, insya-Allah tidak akan mempunyai hati sumpek dan sampit
  • Jika mempunyai kebutuhan yang mendadak, maka bacalah sholawat ini 12000× dalam satu majlis, insya-Allah akan kontan berhasil dengan izin Allah
  • Sholawat ini sangat penting di baca orang awam beramai-ramai (dengan orang ramai) setiap hari, karena faidahnya yang sangat banyak, di antaranya untuk tolak bala', di murahkan rezekinya dan lain-lain.
  • untuk para pelajar dibaca 200× tiap malam
  • untuk penerang hati, puasa sunnah biasa selama 7 hari, selama puasa sholawat ini dibaca 200× tiap lepas sholat fardlu atau tiap lepas sholat malam. Setelah selesai membaca 200×, maka bacalah do'a di bawah ini:


أَللّٰهُمَّ يَا مُنَوِّرَ الْقُلُوْبِ نَوِّرْ قَلْبِيْ بِنُوْرِ هِدَايَتِكَ وَ مَعْرِفَتِكَ كَمَا نَوَّرْتَ الْأَرْضَ بِنُوْرِ شَمْسِكَ يَا فَتَّاحُ يَا عَلِيْمُ ٣×. إِفْتَحْ لَنَا فُتُوْحَ الْعَارِفِيْنَ بِجَاهِ نَبِيِّكَ الْمُصْطَفٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى اٰلِهٖ وَ أَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ ٧×.


Tentunya masih ada banyak khasiat dan manfaat dari sholawat Nuril Anwar ini bagi orang yang mau menjadikannya sebagai wirid. Karena Sholawat Nabi, apapun namanya adalah merupakan bentuk ungkapan cinta kepada Rasulullah SAW. Dan Rasulullah adalah kekasih Allah. Jika kita mencintainya, tentunya Allah juga akan memuliakan orang yang mencintai kekasihNya. Semoga sholawat dan salam tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW.

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Sholawat Nuril Anwar atau Sholawat Badawiyah Sughro Lengkap Arab Latin dan Arti serta Faedahnya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *