Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Sholat Sunnah Indad Dukhuli Ilal Manzil (Ketika Masuk Rumah) Lengkap Arab Latin dan Artinya

Panduan Sholat Sunnah Indad Dukhuli Ilal Manzil (Ketika Masuk Rumah) Lengkap Arab Latin dan Artinya


Sholat Sunnah 'Indad Dukhuli Ilal Manzil adalah sholat sunnah yang dikerjakan ketika masuk rumah.

Sholat sunnah dua roka'at pada saat masuk rumah juga disunnahkan, sebagaimana disunnahkannya melaksanakan sholat sunnah dua roka'at ketika keluar rumah (Sholat Sunnah 'Indal Khuruji Minal Manzil), seperti keterangan hadits dari Abu Hurairoh yang telah kami tulis pada postingan DISINI. Walaupun kembalinya ke rumah bukan dari bepergian.


Berdasarkan hadits berikut:

صَلَاةُ اْلاَوَّابِيْنَ وَصَلَاةُ اْلاَبْرَارِ رَكْعَتَانِ اِذَا دَخَلْتَ بَيْتَكَ وَرَكْعَتَانِ اِذَا خَرَجْتَ. (رواه سعيد بن منصور فى سننه)

Artinya: Sholatnya orang-orang yang kembali dari keridhoannya Alloh SWT. dan sholatnya orang-orang yang baik yaitu dua roka'at ketika kalian masuk rumah kalian dan dua roka'at ketika kalian keluar dari rumah kalian.


Tata Cara Sholat Sunnah 'Indad Dukhuli Ilal Manzil

Dimulai dengan niat Sholat Sunnah 'Indad Dukhuli Ilal Manzil, kemudian setelah Fatikhah, baik roka'at pertama maupun roka'at kedua membaca Surat Al-Ikhlas 1x atau dengan membaca Surat Al-Kafirun dan Surat Al-Ikhlas.


Niat Sholat Sunnah 'Indad Dukhuli Ilal Manzil

اُصَلِّى سُنَّةً الدُّخُوْلِ اِلَى الْمَنْزِلِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالىٰ

Usholli Sunnatad Dukhuli Ilal Manzil Rok'ataini Lillahi Ta'ala.

Artinya: Saya niat sholat sunnah masuk ke rumah dua roka'at karena Alloh Ta'ala.


Fadhilah Sholat Sunnah 'Indad Dukhuli Ilal Manzil

Adapun keutamaan sholat sunnah ini berdasarkan hadits berikut:

وَعَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اِذَا دَخَلَ اَحَدُكُمْ بَيْتَهُ فَلَا يَجْلِسُ حَتّٰى يَرْكَعَ رَكْعَتَيْنِ فَاِنَّ اللهَ جَاعِلٌ لَهُ مِنْ رَكْعَتَيْهِ خَيْرًا. (رواه الخرائطى بسند ضعيف عند البخارى وصحيح عند ابن حبان)

Artinya: Dan riwayat dari Abu Huroiroh, Rosululloh SAW bersabda: Ketika salah satu diantara kalian masuk ke rumah maka jangan langsung duduk sebelum kalian melaksanakan sholat dua roka'at, karena sesungguhnya Alloh SWT menjadikan dua roka'at kepada kalian dengan kebaikan.


Tanbih

Setelah selesai sholat kemudian membaca:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ خَلَقَنِىْ وَآوَانِىْ وَرَزَقَنِىْ بِغَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلَاقُوَّةٍ (1×)

Alhamdu Lillahil Ladzi Kholaqoni Wa Awani Wa Rozaqoni Bi Ghoiri Khaulim Minni Wala Quwwatin (1x).

Artinya: Segala puji bagi Alloh, Dzat yang menciptakan ku, serta Dzat yang memberi rizki kepada ku tanpa daya serta kekuatan dariku.


Wallohu A'lam.

Sumber: Kitab Fasholatan karya Kyai Musyawwir bin Haji Anwar hal. 89-91

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Panduan Sholat Sunnah Indad Dukhuli Ilal Manzil (Ketika Masuk Rumah) Lengkap Arab Latin dan Artinya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *