Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Macam Do'a Setelah Adzan (Arab, Latin dan Terjemah) serta Keutamannya

Do’a setelah adzan | Amalan ketika adzan berkumandang
Setiap awal shalat fardhu disyariatkan untuk dikumndangkan adzan sebagai tanda sudah masuk shalat. Ketika adzan berkumandang, ummat Islam diperintahkan untuk menghentikan segala aktifitas dan segera menuju tempat shalat.

2 Macam Do'a Setelah Adzan (Arab, Latin dan Terjemah) serta Keutamannya

Sunnahnya apabila mendengar adzan berkumandang hendaknya menjawabnya dengan menirukan lafal muadzdzin kecuali pada “hayya ‘alash shalah” dan “hayya ‘alal falah” dijawab dengan “la haula wala quwwata illa billah”. Disunnahkan pula berdo’a ketika adzan selesai berkumandang. Berikut do’a seusai adzan:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ،  وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ
Latin:
Allahumma robba haadzihid da’watit tammah wassholatil qoimah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqomam mahmudanilladzi wa’addah, innakalaa tukhliful mii’aad.

Artinya:
Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan yang amat sempurna ini dan sholat yang didirikan, berilah perantara dan keutamaan kepada Nabi Muhammad, tempatkanlah ia pada kedudukan yang paling terpuji sebagaimana yang telah Engkau janjikan kepadanya. Sesunggguhnya Engkau tidak mengingkari janji.

Atau bisa dengan do’a:
اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدًا الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Latin:
Allahumma robba haadzihid da’watit tammah wassholatil qoimah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wassyarofa wal darajatal ‘aliyatar rofi’ah, wab’atshu maqomam mahmudanilladzi wa’addah, innakalaa tukhliful mii’aad. Yaa arhamarraahimiin.

Artinya:
Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan yang amat sempurna, dan sholat yang senantiasa didirikan, berikanlah kepada Nabi Muhammad perantara, keutamaan, kemuliaan, serta derajat yang tinggi. Tempatkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tidak mengingkari janji wahai dzat yang Maha Penyayang.

Diantara keutamaan membaca do’a setelah adzan adalah mendapatkan syafaat dari Rasulullah saw kelah di hari kiamat.
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "2 Macam Do'a Setelah Adzan (Arab, Latin dan Terjemah) serta Keutamannya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *