Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan dan Tata Cara serta Niat Sholat Sunnah Setelah Akad Nikah (Zafaaf) Lengkap Arab Latin dan Artinya

Panduan dan Tata Cara serta Niat Sholat Sunnah Setelah Akad Nikah (Zafaaf) Lengkap Arab Latin dan Artinya

Pernikahan merupakan salah satu momen sakral bagi setiap insan. Melalui akad nikah, kedua pasangan bersepakat untuk menjalin hubungan rumah tangga bersama.


Agar dapat menjalani hubungan yang senantiasa harmonis, momen tersebut harus dilalui dengan doa dan harapan yang baik. Salah satu caranya adalah dengan melakukan sholat sunah setelah nikah.


Disunnahkan untuk melakukan shalat sunnah 2 rakaat terlebih dahulu bagi pengantin baru pada malam pertama sebelum mereka melakukan jima’. Shalat ini disebut dengan shalat sunnah zafaaf.


Simak ketentuannya sebagai berikut!


Sholat dilakukan setelah akad nikah atau sebelum berhubungan intim

Dalam kisah yang dituturkan oleh Abu Sa'id Maula, terdapat anjuran untuk menunaikan ibadah sholat sunah bersama pasangan setelah menikah. Ini untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT agar pernikahan berlangsung dengan harmonis dan bahagia.


“Kalau istrimu datang menghampirimu, maka perintahkanlah dia sholat dua rakaat di belakangmu” (HR. Abu Bakr bin Abi Syaibah)


Sholat sunah dilakukan dengan dua rakaat

Gerakan dan bacaan yang dipraktikkan dalam sholat sunah ini, sama seperti sholat sunah yang biasanya. Pasangan suami istri dianjurkan untuk menunaikan dua rakaat sholat sunah saat malam pertama mereka.


Niat Sholat Sunnah Zafaaf

Niat sholat sunah tersebut berbunyi seperti ini:

اصـلى سنة ليلة الزفاف ركعتين للـه تعالى 

Ushalli sunnatal lailataz zafaaf rak'ataini ba'diatan lillahi ta'ala.

Artinya:

"Aku berniat sholat sunah setelah nikah dua rakaat karena Allah Ta'ala."


Dilakukan hanya berdua

Dalam ibadah sholat sunah ini, sang suami menjadi imam bagi istrinya. Pasangan baru ini pun melangsungkan ibadah itu dengan berdua saja. Selain itu, bacaan salat yang dilakukan boleh diucapkan secara keras.


Tidak ada anjuran untuk membaca doa atau surat tertentu

Tiada anjuran atau pun imbauan untuk membaca surat atau doa tertentu. Akan tetapi, dalam sabda Rasulullah SAW, diriwayatkan bahwa sang suami sebaiknya meletakkan tangannya pada ubun-ubun istri sambil mendoakan:


اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allahumma inni as-aluka khaira-ha wa khaira ma jabaltaha ‘alaihi wa a-‘udzu bika min syarriha wa min syarri ma jabaltaha ‘alaihi

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiat yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa".


Itu dia anjuran dan tata cara melaksanakan sholat sunah bagi pasangan suami istri yang baru menikah. Semoga membantu, ya!

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Panduan dan Tata Cara serta Niat Sholat Sunnah Setelah Akad Nikah (Zafaaf) Lengkap Arab Latin dan Artinya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *