Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan dan Tata Cara serta Niat Sholat Sunnah Ikhrom Lengkap Arab Latin dan Artinya

Panduan dan Tata Cara serta Niat Sholat Sunnah Ikhrom Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sebelum seseorang melakukan ihram, terdapat beberapa hal yang disunnahkan untuk dikerjakan. Di antaranya adalah mandi ihram, melakukan wudhu, dan melaksanakan shalat sunnah dua rakaat. Shalat ini di kalangan ulama Syafiiyah disebut dengan shalat sunnah ihram. Ihram sendiri hanya kita lakukan saat kita menunaikan ibadah haji atau umrah di Tanah Suci.


Umumnya ulama Syafiiyah berpendapat bahwa shalat sunnah ihram disunnahkan untuk dikerjakan. Termasuk ulama yang menegaskan kesunnahan shalat ini adalah Imam Nawawi, sebagaimana beliau katakan dalam kitabnya Al-Azkar berikut;


اذا اراد الاحرام اغتسل وتوضأ ولبس اواره ورداءه ….ثم يصلي ركعتين


Jika seseorang hendak ihram, maka hendaknya dia mandi, wudhu, menggunakan sarung dan selendangnya… kemudian melaksanakan shalat dua rakaat.


Kesunnahan shalat ihram ini didasarkan pada hadis riwayat Imam Bukhari dari Umar bin Khatthab, dia berkata;


سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِوَادِي العَقِيقِ يَقُولُ: أَتَانِي اللَّيْلَةَ آتٍ مِنْ رَبِّي، فَقَالَ: صَلِّ فِي هَذَا الوَادِي المُبَارَكِ ، وَقُلْ: عُمْرَةً فِي حَجَّةٍ


Aku mendengar Nabi Saw ketika berada di lembah Al-‘Aqiq, beliau berkata; ‘Malaikat yag diutus oleh Tuhanku datang kepadaku dan berkata, ‘Shalatlah di lembah yang penuh berkah ini dan katakanlah, ‘Aku berniat melaksanakan umrah dalam ibadah haji ini.”


Berdasarkan hadis ini, kebanyakan ulama berpendapat bahwa shalat dua rakaat sebelum ihram adalah dianjurkan dan disunnahkan. Shalat ihram ini dilakukan setelah mandi ihram, setelah wudhu, dan setelah menggunakan pakaian ihram, sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi di atas. Adapun niat shalat sunnah ihram adalah sebagai berikut;


اُصَلِّى سُنَّة الْاِ حْرَامِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى

Ushalli sunnatal ihrami rak’ataini lillahi ta’ala.

Saya niat shalat sunnah ihram dua rakaat karena Allah.


Kemudian pada rakaat pertama setelah surah Al-Fatihah disunnahkan membaca surah Al-Kafirun dan rakaat kedua disunnahkan membaca surah Al-Ikhlas.


Demikian penjelasan mengenai hukum dan tata cara shalat sunnah ihram. Semoga bermanfaat.

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Panduan dan Tata Cara serta Niat Sholat Sunnah Ikhrom Lengkap Arab Latin dan Artinya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *