Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholat Sunnah Setelah Keluar dari Hammam (Kamar Mandi)

Sholat Sunnah Setelah Keluar dari Hammam (Kamar Mandi)

Di zaman dahulu, hammam adalah tempat untuk mandi yang khusus untuk tempat membersihkan tubuh saja. Bukan kamar mandi yang ada wc nya. Namun untuk sekarang hamam sudah dilengkapi berbagai macam fungsi. Dalam bahasa kita, hammam bisa disebut dengan kamar mandi atau toilet.


Nah, ketika kita keluar dari kamar mandi atau toilet disunnahkan untuk mengerjakan salat sunnah 2 rakaat dan tentunya setelah berwudhu. Imam Ibnu Hajar al-Haitami rahimahullah (w. 974 H) seorang ulama besar yang bermazhab syafi’i menyebutkan hal ini sebagai berikut:


“Diantara salat sunnah yang tidak dianjurkan berjamaah adalah salat sunnah 2 rakaat isyraq atau salat syuruq setelah waktu makruhnya hilang. Begitu juga salat sunnah ketika hendak pergi atau datang dari safar, begitu juga salat sunnah di masjid setelah pulang dari safar, salat sunnah setelah wudhu dan juga salat sunnah setelah keluar dari hammam”.


Para ulama mengatakan bahwa salat sunnah ketika keluar dari hammam ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi, “Dari Muhammad bin Abdullah al-Marwazi dia berkata: Dulu Ibnul Mubarak jika masuk hammam dan keluar dari hammam langsung salat 2 rakaat. Lalu beristighfar sebab terlihat tubuhnya atau dia melihat tubuhnya”.


Syaikh Nawawi al-Bantani rahimahullah (w. 1316 H) menambahkan bahwa disunnahkan juga salat 2 rakaat setelah membersihkan semua bulu atau rambut yang ada di tubuh.


“Disunnahkan 2 rakaat saat menghafal Alquran dan juga setelah mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kumis, mencukur bulu kemaluan dan setelah mencukur rambut kepala”.

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Sholat Sunnah Setelah Keluar dari Hammam (Kamar Mandi)"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *