Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Menabur Tanah 3x saat Pemakaman

Bacaan Doa Menabur Tanah 3x saat Pemakaman

Dalam menjadikan sebuah amalan khusus terutama yang berkaitan dengan hak-hak orang lain semisal mendoakan mayit ataupun semua hal yang berhubungan dengan mayit tersebut tentunya harus sesuai dengan apa yang telah di syariatkan.

Termasuk dari pada adanya amalan khusus saat selesai pemakan berlangsung, dimana ada kegiatan tertentu yaitu menaburkan tanah 3 kali sembari mengucapkan surat Al qadr. Hal tersebut tentunya memiliki alasan mendasar dan hikmah-hikmah tertentu di balik pelaksanaannya tersebut.

Terutama hikmah dan manfaat besar yang bisa di rasakan oleh mereka yang masih hidup, Yang dalam hal ini ada makna tadabbur dan tadzakkur yaitu mempelajari menghayati dan mengingat akan kembali pada kematian bahwsannya kita semua akan kembali kepada sang khaliq.

Dari pelaksanaan itu pula keterkaitan khusus dari cara melaksanakan amalan tersebut tentu memiliki nilai hukum dan anjuran mengenai tata cara pengamalannya, Sehingga tidak hanya sebatas membaca saja akan tetapi ada manfaat yang begitu besar ketika dua makna tadi (Tadabbur dan tadzakur) bisa di rasakan.

Ataupu hal lainnya yang masih berhubungan dengan mayit, Seperti sisi hukum beserta tinjauannya mendoakan seorang mayit yang kafir apakah itu di perbolehkan atau malah sebaliknya? Dan berikut ulasan mengenai kedua hal tersebut.

Hikmah Menaburkan Tanah 3 Kali

Sebagaimana dikutip dalam Hasyiyah Syibromalisi yaitu hasyiyahnya kitab Nihayatul muhtaj :
“Bahwa hal yang paling penting dari perkara yang akan dihadapi mayit setelah dikubur adalah menghadapi pertanyaan malaikat munkar dan nakir. Maka seyogyanya memberikan talqin kepada mayit agar simayit mampu menjawab pertanyaan dari munkar dan nakir”.

  1. Maka setelah selesai pertanyaan, Ruh si mayit akan naik ketempat yang telah allah siapkan untuknya, maka nisbat pada hal tersebut, maka dianjurkan berdo’a agar pintu-pintu langit terbuka dengan kedatangan ruh si mayit.
  2. Setelah mayit tetap dalam kuburnya, maka nisbat akan hal ini,dianjurkan berdo’a untuk mayit agar kedua sisi kuburnya tetap renggang (bumi tidak menggencetnya- dhommatul qobr ada dalam bentuk pelukan, ada dalam bentuk kebencian- wallohu a’lam).
  3. Kemudian berdo’a kebaikan bagi mayit laki-laki atau pria.
لعل الحكمة في جعل هذا مع الأول ، وما بعده مع الثانية إلخ أن أهم أحوال الميت بعد وضعه في القبر سؤال الملكين فناسب أن يدعى له بتلقين الحجة ، وبعد السؤال تصعد الروح إلى ما أعد لها فناسب أن يدعى له بفتح أبواب السماء لروحه ، وبعده يستقر الميت في قبره فناسب أن يدعى له بمجافاة الأرض عن جنبيه ( قوله : عند المسألة ) أي السؤال ، وقوله حجته : أي ما يحتج به على صحة إيمانه ، وإطلاقه يشمل ما لو لم يكن الميت ممن يسأل كالطفل ، وإطلاقه يشمل أيضا ما لو قدم الآية على الدعاء أو أخرها ، وينبغي تقديم الآية على الدعاء أخذا من قوله زاد المحب إلخ ( قوله اللهم افتح أبواب السماء لروحه ) ولا ينافي هذا أن روحه يصعد بها عقب الموت ; لأنا نقول : ذاك الصعود للعرض ثم يرجع بها فتكون مع الميت إلى أن ينزل قبره فتلبسه للسؤال ثم تفارقه وتذهب حيث شاء الله .

Do'a Menabur Tanah ke Liang Lahat

Ayat dan do’a pada masing-masing taburan tanah, sebagaimana dikutip dalam kitab Al mausu’ah :
1. Tebaran pertama minhaa kholaqnaakum dan do’anya :
اﻟﻠﻬﻢ ﺟﺎﻑ اﻷﺭﺽ ﻋﻦ ﺟﻨﺒﻴﻪ
2. Tebaran kedua wa fiihaa nu’iidukum dan do’anya :
اﻟﻠﻬﻢ اﻓﺘﺢ ﺃﺑﻮاﺏ اﻟﺴﻤﺎء ﻟﺮﻭﺣﻪ
3. Tebaran ketiga wa minhaa nukhrijukum taarotan ukhroo dan do’anya : bagi mayit laki-laki :
اﻟﻠﻬﻢ ﺯﻭﺟﻪ ﻣﻦ اﻟﺤﻮﺭ اﻟﻌﻴﻦ
bagi mayit perempuan :
اﻟﻠﻬﻢ ﺃﺩﺧﻠﻬﺎ اﻟﺠﻨﺔ ﺑﺮﺣﻤﺘﻚ


Referensi : Kitab Al Mausu’ah, Tuhfatul Muhtaj, Al Adzkar, Al Jamal, Al Fiqh ‘Alal Madzahibil Arba’ah dan Fathul Mu’in.
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Menabur Tanah 3x saat Pemakaman"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *