Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Daftar Isi Artikel :

Sholawat Jibril Arab Latin dan Arti serta 5 Keutamaan Bersholawat

Sholawat Jibril Arab Latin dan Arti serta 5 Keutamaan Bersholawat

Sholawat jibril atau sering disebut juga sholawat Jabroil dikarnakan yang pertama membacanya malaikat Jibril yang berkisah pada saat nabi Adam AS ingin menyentuh Siti Hawa tetapi dilarang karena belum halal diharuskan membayar mahar terlebih dahulu, lalu nabi Adam AS bertanya kepada Allah SWT Apa maharnya ya tuhanku? Allah berfirman bacalah sholawat pada kekasihku, Muhammad SAW. Kemudian malaikat Jibril memberi tahu kepada nabi Adam AS sholawat.


Teks Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ
Shallallāhu ‘alā Muhammad
Semoga Allah melimpahkan shalawat-Nya kepada Nabi Muhammad SAW


صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Shallallāhu ‘alayhi wa sallam

Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW


Sholawat Jibril biasa diamalkan dengan cara membacanya berulang, sebagai pujian kepada Nabi Muhammad SAW.


Misalnya, melansir NU Online KH Ahmad Khalimi yang mengajarkan santrinya membaca Sholawat Jibril sebanyak 1000 kali setelah Shalat Maghrib atau Shalat Subuh.


Membaca sholawat memiliki banyak keutamaan. Berikut sejumlah keutamaan membaca sholawat, terlebih di hari Jumat.


Keutamaan Membaca Sholawat

Dalam kamus bahasa Indonesia, kata sholawat adalah jamak dari shalat yang berarti 'permohonan kepada Allah' atau 'doa: berdoa memohon berkat Tuhan' atau 'doa kepada Allah untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya'


Shalawat bagi umat Muhammad SAW terhadap beliau adalah mengakui kerasulannya serta memohon syafaat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT


Jadi pengakuan terhadap kerasulan Muhammad SAW bukan saja diikrarkan dengan mengucapkan syahadat.


Sehingga banyak keutamaan yang bisa didapatkan dengan membaca Shalawat.


Pertama

Dikabulkan doanya. Rasulullah SAW bersabda: "Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).


Kedua

Dijanjikan pahala berlipat. Rasuullah SAW bersabda: "Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).


Ketiga

Diangkat derajatnya. “Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'." (HR Ahmad).


Keempat

Dikumpulkan di surga bersama Nabi. Rasulullah SAW bersabda: "Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).


Kelima

Mendapatkan syafaat Nabi. Dari Abdullah bin Umar, dia mendegar Rasulllah SAW bersabda: "Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat." (HR Muslim).

Baca juga :

Posting Komentar