0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Doa Ketika Memberi Sedekah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Ketika Memberi Sedekah
Doa Ketika Memberi Sedekah

Bersedekah adalah salah satu amalan yang bisa dikerjakan umat Islam saat bulan Romadhon terutama di 10 hari terakhir yang diyakini sebagai Lailatul Qodar. Saat bersedekah juga dianjurkan membaca doa agar niat baik tersebut diterima oleh Alloh SWT.

Bersedekah bisa menjadi salah satu langkah media umat Islam untuk berdoa kepada Alloh SWT untuk memohon ampunan minta tolong pada-Nya. Dengan kata lain, sedekah bisa menjadi doa untuk meminta rezeki yang melimpah kepada Alloh SWT.

Manusia tentunya mengharapkan keberlimpahan rezeki, Alloh SWT sebagai pencipta seluruh alam semesta, termasuk rezeki, telah menyiapkan diri-Nya untuk menjadi sandaran hidup, tempat memohon rezeki, tempat memohon perlindungan, tempat untuk menampung cinta sejati, dan seterusnya.

Dalil Anjuran Bersedekah

Semua permohonan baik tersebut dianjurkan oleh Alloh SWT, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran, Surat Al-Mu'min ayat 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Wa qoola robbukumud nguunii astajib lakum, innalladhiina yastakbiruuna ngan ngibaadatii sayadkhuluuna jahannama daakhiriin.

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina"

Sedekah Menjadi Doa

Lantas, mengapa sedekah dapat menjadi doa?

Di balik sedekah ada harapan yang terbangun di dalamnya, yakni mengharap balasan atau pahala dari Alloh SWT. Harapan di balik sedekah itulah yang termasuk bagian dari doa. Karena itu, orang yang bersedekah doanya akan semakin kuat. Maksudnya keyakinan untuk dikabulkannya doa dengan bersedekah semakin merasuk dalam jiwa.

Hal ini juga disampaikan melalui sabda Rosululloh SAW:

"Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Alloh) dengan mengeluarkan sedekah." (HR. Al-Baihaqi).

Maka, dianjurkan bagi umat Islam untuk membaca doa usai bersedekah.

Doa Bersedekah

Berikut ini doa bersedekah lengkap arab latin dan artinya:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Robbanaa taqobbal minnaa innaka antas samiingul ngaliim. (QS. Al-Baqoroh ayat 127).

"Tuhan kami, terimalah persembahan dari kami. Sungguh Engkau maha mendengar lagi maha mengetahui." (Imam Al-Ghozali, Ihya Ulumiddin).


Demikian bacaan bersedekah yang bisa dilafalkan umat Islam lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Doa Ketika Memberi Sedekah Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".