Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Agar Terhindar dari Banjir Saat Hujan

Doa Agar Terhindar dari Banjir Saat Hujan. Hujan pada hakikatnya adalah rezeki yang diberikan Allah SWT. Namun bisa juga hujan akan menjadi sebuah bencana yang membuat susah manusia, seperti banjir. Setiap musim hujan datang, masyrakat Indonesia harus bersiap-siap menghadapi banjir. Sebenarnya musibah banjir bukan semata-mata karena hujan, melainkan juga disebabkan karena aktivitas manusia yang tidak menjaga lingkingannya. Seperti membuang sampah di sungai, menutup aliran irigasi, hingga dialihfungsikannya daerah resapan air.

Doa Agar Terhindar dari Banjir Saat Hujan

Akibatnya, air hujan yang turun tidak bisa diserap oleh tanah dengan baik. Air hujan yang harusnya menjadi keberkahan karena dengannya makhluk hidup bisa bertahan hidup, tumbuhan bisa tumbuh subur dan besar berubah menjadi malapetaka yang menyusahkan manusia. Kita bisa melihat bahwa banjir membuat tanaman rusak, rumah hancur hingga nyawa pun bisa melayang karenanya. Tentu kita semua tidak ingin mengalaminya bukan?

Maka dari itu, agar kita terhindar dari musibah banjir ketika hujan turun, sebagai umat islam kita dianjurkan untuk membaca Doa Agar Terhindar dari Banjir Saat Hujan. Doa ini memiliki sejarah langsung dengan peristiwa hujan terus-menerus yang terjadi selama 6 heri berturut-turut pada zaman rasulullah. 

Karena dikhawatirkan hujan tersebut akan mengakibatkan bencana, maka para sahabat meminta Nabi Muhammad untuk mengucapkan Doa Agar Terhindar dari Banjir Saat Hujan. Walhasil berkat perantara doa tersebut, Allah SWT mengabulkan permintaan nabi dan para umatnya untuk menghentikan hujan yang telah berlangsung selama 6 hari itu.

Berikut ini Lafadz Doa Agar Terhindar dari Banjir Saat Hujan

اَللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَعَلَيْنَا. اَللَّهُمَّ عَلَى الْاَكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُوْنِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Cara Membacanya: (Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allaahumma ‘alal akaami wal jibaali waddhiroobi wa buthuunil audiyati wa manaabitis syajari.

Artinya: Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami dan tidak di atas kami . Ya Allah turunkan hujan di bukit-bukit, pegunungan, dataran tinggi, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan. Tiba-tiba berhenti. Kami keluar masjid di bawah terik matahari. (HR Bukhori Muslim)

Doa Agar Terhindar dari Banjir Saat Hujan baiknya dibaca ketika hujan yang turun dianggap akan berbuah menjadi bencana. Jika hujan biasa anda cukup membaca doa ketika turun hujan. Kendati sudah membaca do tersebut namun banjir tetap terjadi, kita tidak boleh mengumpat dan berprasangka kepada Allah. Lebih baik kita melakukan introspeksi diri, bisa jadi banjir yang datang bukan karena hujan melainkan karena kegiatan manusia yang dapat merusak alam sekitar.

Semoga dengan membaca Doa Agar Terhindar dari Banjir Saat Hujan di musim hujan kali ini kita terhindari dari bencana banjir. Jangan lupa! Setiap doa harus disertai dengan usaha. Doa ini bisa terkabul jika kita semua menjaga lingkungan dengan baik sehingga air hujan bisa terserap dan mengalir dengan lancar dan menjadi keberkahan bagi umat manusia. Amiin
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Doa Agar Terhindar dari Banjir Saat Hujan"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *