Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Sholat Tahajjud yang Benar

Tata Cara Sholat Tahajjud yang Benar - Pasti anda sekalian sudah mengerti mengenai keistimewaan melaksanakan Sholat Tahajjud. Banyak dalil yang menganjurkan agar kita melaksanakan ibadah ini.

Sholat Tahajjud adalah sholat yang dilaukan pada saat malam hari setelah bangun dari tidur. Sholat Tahajjud ini hukumnya adalah Sunnah Muaakad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim.

Bagi siapa saja yang melakukan Sholat Tahajjud akan memperoleh berbagai macam manfaat dan kemuliaan. Apalagi jika ibadah ini dilaksanakan secara istiqomah terus-menerus.

Memang untuk bisa menjalankannya secara istiqomah bukan perkara mudah. Sebab banyak godaan yang akan dihadapi terutama rasa malas dan mengantuk yang luar biasa.

Namun dengan tekad dan keinginan yang kuat, kita anda pasti bisa menjalankan ibadah ini secara rutin.

Cara Melaksanakan Sholat Tahajjud


Cara melaksanakan sholat Tahajjud tidaklah berbeda dengan sholat pada umumnya. Yaitu, dengan diawali takbiratul ikhram dan diakhiri dengan mengucapkan salam.

Adapun bilangan rekaat dari sholat tahajjud minimal adalah dua rekaat dan maksimal tidak terbatas. Disesuaikan dengan kemampuan setiap orang yang melaksanakannya.

Kendati jumlah rakaatnya tidak terbatas, namun pelaksanaan Sholat Tahajjud adalah dua rokaat salam. Jadi meskipun anda sholat 12 rakaat namun pada setiap dua rakaat haruslah salam.

Sholat Tahajjud dilakukan sesudah melakukan sholat isya’. Apabila anda melaksanakannya sebelum sholat isya’ maka hal itu tidaklah termasuk sebagai Sholat Tahajjud.

Berbeda dengan sholat lain, Sholat Tahajjud harus dilakukan sesudah bangun dari tidur, meskipun tidurnya hanya sekejap saja.

Adapun waktu untuk menjalankan Sholat Tahajjud ialah dimulai dari sesudah sholat isya’ sampai dengan datangnya waktu subuh.

Namun di antara waktu tersebut, sepertiga malam adalah waktu yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan Sholat Tahajjud. Yaitu sekitar jam 01.00-subuh.

Hal ini disebabkan, pada waktu sepertiga malam akan dikabulkannya berbagai macam doa yang dipanjatkan oleh manusia.

Anjuran menjalankan Sholat Tahajjud sangat banyak sekali. Salah satunya terdapat di dalam QS a-Isra: 79. Di situ Allah berfirman yang intinya adalah menyuruh agar mengerjakan sholat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan.

Ibadah Sholat Tahajjud ialah perbuatan yang selalu dilaksanakan oleh orang-orang sholeh pada zaman dahulu. Seperti Hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya “Hendaklah kalian melakukan sholat malam sebab sholat malam itu adalah kebiasaan dari orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang akan mendekatkan diri kepada Tuhan kalian (Allah), serta penutup kesalahan dan penghapus dari dosa." (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi)

Sholat Tahajjud menjadi istimewa sebab pada waktu malam hari kebanyakan orang sedang terlena dengan nafsu untuk tidur. Sehingga mereka yang pada waktu tersebut memilih untuk bertaqarrub kepada Allah dari pada tidur pulas akan memperoleh keutamaan sendiri. Serta akan memperoleh ampunan atas segala dosa yang dilakukan.

Keutamaan lainnya adalah, bagi orang yang gemar menjalankan Sholat Tahajjud maka wajahnya akan tampak cerah. Meskipun ia berkulit hitam namun ketika dia rajin Sholat Tahajjud maka bagi para ahli hikmah wajahnya akan terlihat bersinar cerah.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Tahajjud yang Benar


Sebelum anda melaksanakan Sholat Tahajjud, terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah berwudhu. Dengan berwudhu maka diri kita akan bersih dari segala macam hadas kecil.

Setelah itu, carilah tempat untuk melaksanakan Sholat Tahajjud di tempat yang suci dan tenan agar anda khusyu’ menjalankan ibadah.

Berdirilah (jika mampu) dengan menghadap ke kiblat. Bacalah niat Sholat Tahajjud sebelum takbiratul ikhram. Adapun niat Sholat Tahajjud ialah berikut ini:

اصلي سنة التهجد ركعتين لله تعالي


Cara membacanya: Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillaahi ta’aala

Artinya: Aku berniat untuk Sholat Tahajjud dua rakaar karena Allah Taala

Kemudian bacalah kalimat takbiratul ikhram. Selanjutnya membaca Surat al Fatihah dan surat-surat pendek yang anda bisa dan hafal.

Selanjutnya lakukan ruku’, I’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud sampai dengan salam. Lakukanlah dengan tuma’ninah dan jangan pernah merasa tergesa-gesa.

Setelah melaksanakan Sholat Tahajjud lantas bacalah wiridan (dzikir). Paling tidak yang anda baca ialah ialah istighfar, tasbih, tahmid, sholawat dan juga tahlil. Sebab dengan membaca dzikir akan membuat hati menjadi tenang.

Mohonlah ampun kepada Allah. Ingatlah segala dosa yang sudah anda perbuat selama hidup. Keheningan malam akan membuat permohonan ampun anda kepada Allah akan terasa nikmat sekali. Sebab tidak akan ada kebisingan duniawi yang akan mengganggu.

Doa Sholat Tahajjud


Salah satu waktu yang mustajabah untuk berdoa adalah setelah melaksanakan Sholat Tahajjud. Maka jangan anda sia-siakan waktu ini.

Adapun doa Sholat Tahajjud adalah sebagai berikut:

Tata Cara Sholat Tahajjud yang Benar


Cara membacanya: Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati wal ardli wamann fiihinna. Walakal hamdu anta maalikus samaawaati wal ardli wamann fiihinna. Walakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardli wamann fiihinna. Walakal hamdu antal haqqu wawa’dukal haqqu waliqaauka haqqu wal jannatu haqqu wan naaru haqqu wan nabiyyuuna haqqu Muhammadun shallahhualaihi wasalama haqqu was saa’atu haqqu. Allahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa’alaikan tawakkaltu wailaika anabtu wabika khooshomtu wailaika haakamtu faghfirlii maa qaddamtu wa maa akhortu wamaa asrortu wamaa a’lanntu wamaa anta a’lamu bihii minni. Antal muqaddimu waantal muakhhiru laailaaha illaa anta. Walaa haula walaa quwwata illa billah.

Jika anda kesulitan dalam memabaca dan menghafal doa tersebut maka anda bisa memanjatkannya dengan menggunakan bahasa anda sendiri.

Doa-doa khusus, seperti menambah rezeki, ilmu bermanfaat hingga didekatkan jodoh bisa anda lafalkan dengan bahasa anda.
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat Tahajjud yang Benar"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *