0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Doa Khusus Menyambut Bulan Romadhon Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Menyambut Bulan Romadhon
Doa Menyambut Bulan Romadhon

Bergembira menyambut bulan suci Romadhon sudah semestinya rasa itu dimiliki oleh umat Islam. Karena bulan mulia nan sarat keberkahan dan keistimewaan itu akhirnya kembali kita dapati. Kegembiraan itu kemudian perlu ditularkan kepada Muslim yang lainnya dengan menyampaikan keutamaan-keutamaan yang bisa diperoleh umat Islam pada saat bulan Romadhon.

Di samping bergembira, memanjatkan doa-doa yang diajarkan dalam Islam perlu juga dilakukan. Bergembira dan sekaligus berdoa kepada Alloh SWT agar bisa mendapatkan keberkahan-keberkahan Romadhon menjadi kesempurnaan tersendiri. Karena Alloh SWT adalah Dzat yang mempunyai kekuasaan dan kehendak sesuai yang diinginkan-Nya.

Berikut ini merupakan beberapa doa yang bisa dibaca umat Islam dalam menyambut bulan Romadhon, ditulis lengkap, Arab, latin, sekaligus arti atau makna dari doa-doa tersebut.

Doa Riwayat Abu ‘Utsman an-Nahdi

Pertama, doa yang diriwayatkan seorang Tabi’in Ahli Hadits dari Basroh, Imam Abu ‘Utsman an-Nahdi. Riwayat tersebut dari Sayyidina Umar bin Khottob, Sayyidina Ali bin Abu Tholib, Sayyidina Abdullah bin Mas’ud dan banyak sahabat lainnya (Jamaluddin Abi al-Hajjaj Yusuf al-Mizzi, Tahdzib al-Kamâl fî Asma’i al-Rijal, Beirut: Muassasah al-Risalah, 1992, juz 17, hlm. 425-426). Berikut riwayatnya, sanadnya hasan.

عن أبي عثمان النهدي قال: قالت عائشة رضي الله عنها: لما حضر رمضان قلت: يا رسول الله, قد حضر رمضان فما أقول؟ قال: قولي: اللهمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

"Dari Abu ‘Utsman an-Nahdi, ia berkata: “(Sayyidah) ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anha berkata: “Ketika Romadhon datang, aku berkata: “Ya Rosululloh, sungguh Romadhon telah tiba, maka apa (yang harus) ku ucapkan?” Rosululloh berkata: “Ucapkanlah: “Allohumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii” (Ya Alloh, sesungguhnya Engkau Maha Memaafkan, mencintai “maaf”, maka maafkanlah diriku)."

Doa Riwayat Ubadah bin Shamith

Kedua, doa yang diriwayatkan Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith (34 H). Dalam Hadits tersebut Rosululloh mengajarkan doa atau kalimat yang dibaca saat Romadhon datang. Berikut riwayatnya, sanadnya hasan.

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه, قال: كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يعلمنا هؤلاء الكلمات إذا جاء رمضان أن يقول أحدنا: أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

"Dari ‘Ubadah bin al-Shamith rodhiyallohu ‘anhu, ia berkata: “Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam mengajari kami bacaan berikut ini untuk dibaca oleh salah satu dari kami saat Romadhon datang: "Allohumma salimni min romadloona wa sallim romadhona li wa tasallamhu minni mutaqabbalan” (Ya Alloh, sampaikan aku (dengan selamat menuju bulan) Romadhon. Sampaikanlah Romadhon kepadaku, dan terimalah (amal-amalku) (di bulan) Romadhon."

Doa Riwayat Abdul Aziz bin Abi Rowad

Ketiga, doa yang berasal dari Imam Abdul ‘Aziz bin Abi Rawad (w. 159 H), seorang ahli Hadits, ahli ibadah dan imam Masjid al-Harom. Imam Abdulloh bin Mubarok memandangnya sebagai “a’badinnas” (orang yang paling luar biasa ibadahnya di antara manusia). Ia murid langsung dari Sayyidina Salim bin Abdulloh bin Umar (w. 106 H), Imam Nafi’ (w. 117 H), dan lain sebagainya. Berikut riwayat doa yang berasal darinya, sanadnya hasan.

عن عبد العزيز بن أبي رواد قال: كان المسلمون يدعون عند حضرة شهر رمضان: اللّٰهمَّ أَظَلَّ شَهْرُ رَمَضَانَ وَحَضَرَ، فَسَلِّمْهُ لِي وَسَلِّمْنِي فِيهِ وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي، اللهمَّ ارْزُقْنِي صِيَامَهُ وَقِيَامَهُ صَبْرًا واحْتِسَابًا، وَارْزُقَنِي فِيْهِ الْجَدَّ وَالْإِجْتِهَادَ والقُوَّةَ والنَّشَاطَ، وَأَعِذْنِي فِيهِ مِنَ السّآمَةِ وَالفَتْرَةِ وَالكَسَلِ والنُّعَاسِ, وَوَفِّقْنِي فيه لِلَيْلَةِ الْقَدْرِ وَاجْعَلهَا خَيْرًا مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

"Dari Abdul Aziz bin Abi Rawad, ia berkata: “(Kaum) Muslimin berdoa saat bulan Romadhon hadir: “Allohumma adholla syahru romadhona wa hadloro, fa sallimhu li wa sallimni fihi wa tasallamhu minni. Allohummarzuqni shiyamahu wa qiyamahu shobron wahtisaban, warzuqni fihil jadda wal ijtihada wal quwwata wan nasyatha, wa a’idzni fihi minassamati wal fatrati wal kasali wan na’asi, wawaffiqni fîhi li lailatil qadri waj’alha khairan min alfi syahrin.” (Ya Alloh, bulan Romadhon sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah (bulan) Romadhon kepadaku, dan sampaikanlah aku (dengan selamat) ke dalamnya, dan terimalah (amal-amalku) (di bulan) Romadhon. Ya Alloh, karuniailah aku kesabaran dan (niat tulus) mengharap (pahala dan ridha-Mu) atas puasa (Romadhonku) dan (qiyamul lailku). (Ya Alloh), karuniailah aku dalam (bulan) Romadhon kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan vitalitas. (Ya Alloh), lindungilah aku dalam (bulan) Romadhon dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan lemas atau (banyaknya kantuk). (Ya Alloh), sukseskanlah aku dalam (mendapatkan) lailatul qodar di (bulan) Romadhon (ini), dan jadikanlah (pahala atau kebaikannya) (lebih) baik dari seribu bulan."


Tiga macam doa di atas diambil Kitab al-Du'a karya Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thobroni (w. 360 H). Ia membuat bab khusus dalam kitab itu, yakni Al-Qoul ‘Inda Dukhil Romadhon (doa atau ucapan yang dibaca saat memasuki bulan Romadhon).

Imam Abul Qosim Sulaiman bin Ahmad ath-Thobroni adalah seorang ahli Hadits besar dalam sejarah Islam. Oleh Imam Ibnu Katsir (w. 774 H) sosoknya digambarkan dengan kalimat:

الطبراني هو الإمام الحافظ الثقة. الرحال الجوال، محدث الإسلام

"(Imam) ath-Thobroni adalah imam al-hafidz (hafal banyak Hadits sekaligus perowinya) yang otoritasnya tidak diragukan (tsiqqoh), seorang pengelana (pengetahuan), (dan) ahli Haditsnya Islam."

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Doa Khusus Menyambut Bulan Romadhon Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".