Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Untuk Orang Sakit Arab dan Terjemahnya

Doa Untuk Orang Sakit Arab dan Terjemahnya. Ketika orang beriman sedang sakit, maka ketahuilah ini adalah sebuah cobaan yang diberikan Allah kepada kita. Sebaiknya, kita harus berperasangka baik (husnudzon) kepada Allah dan jauhi berperasangka buruk. Karena dengan datangnya rasa sakit, kemungkinan Allah akan menghapus dosa dosa kita melalui ini.

Seperti biasanya, rasa persaudaraan baik seagama maupun sesama manusia, akan selalu menjenguk bila ada saudara yang sakit. Menjenguk orang sakit tidak diperbolehkan berkata yang menakutkan yang membuat orang sakit menjadi takut. Sebaiknya berkata yang baik baik saja. Dan kalau bisa berdoa, maka doakan orang yang sakit sesuai dengan doa orang sakit sebagaimana yang pernah diajarkan oleh Rasulullah Saw.


Doa Untuk Orang Sakit Arab dan Terjemahnya

Rosululloh SAW suatu ketika berziarah pada seorang keluarganya yang tengah sakit keras. Kemudian, beliau mengusapkan tangan kanannya pada kepala orang sakit sambil membaca doa untuk orang sakit berikut ini :


اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا


Artinya: “Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Dzat yang maha menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” .

Selain doa di atas, Rasulullah juga mengajarkan doa lain untuk orang sakit. Berikut ini adalah doanya :

Sebuah hadis dari Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, dia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: “Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah sebanyak tiga kali:

بِسْمِ اللهِ


Artinya: Dengan menyebut nama Allah

Kemudian bacalah tujuh kali doa dibawah ini:

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ


Artinya: “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.

Intinya, ketika sedang sakit, maka jangan lupa berdoa dan selalu ingat kepada Allah swt, dengan membaca istighfar dengan harapan semoga Allah swt, mengampuni dosa dosa kita. Karena sakit bisa jadi merupakan tebusan atas dosa yang sudah pernah kita lakukan.

Demikian doa untuk orang sakit, semoga diberi kesembuhan dan diampuni segala dosa dosa kita, amin. Selamat mengamalkan doa ini.
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Doa Untuk Orang Sakit Arab dan Terjemahnya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *