Indonesia Website Awards
Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Daftar Isi Artikel :

Cara Menggali Lubang Kubur untuk Mayit

Setelah manusia meninggal dunia, kewajiban bagi orang yang masih hidup adalah memandikannya, mensholatinya, mengkafani, dan menguburkannya. Kemudian mengubur manusia itu beda dengan cara mengubur hewan atau tanaman. Ada cara tersendiri bagaimana cara menggali lubang kubur untuk mayit. Tidak boleh asal mengubur begitu saja.


Cara Menggali Lubang Kubur Untuk Mayit


Kuburan orang Islam jika di Indonesia bentuknya kepala di utara dan kaki di selatan. Kemudian wajah jenazah atau mayit menghadap kiblat. Beda dengan orang non muslim. Di atas kuburan, terdapat tanda atau dalam bahasa jawa disebut "patok" yang bertulisakan nama orang yang sudah meninggal dan juga usia.

Untuk tulisan kali ini, bagaimana sih cara menggali lubang kubur untuk mayit? Berikut caranya di bawah ini :

Di dalam kitab kita fiqih dijelaskan, cara membuat lubang kubur untuk jenazah atau mayit. Ada dua macam lubang untuk mengubur jenazah, yakni cempuri dan liang lahat. Keduanya kelihatan sama, namun bentuknya berbeda.

Cempuri adalah liang kubur yang tengahnya digali sekiranya tengahnya cukup untuk menaruh mayit. Model cempuri ini untuk tanah yang kebetulan gembur.

Liang lahat adalah liang kubur yang sisi di sebelah baratnya digali sekiranya cukup untuk menaruh mayit. Liang model seperti ini adalah untuk tanah yang keras. Dan model liang lahat seperti ini lebih utama dari pada liang cempuri.

Setalah mengetahui model liang untuk jenazah atau mayit, maka hal yang perlu diketahui adalah berapa sih ukurannya, mulai dari panjangnya, lebarnya, dan kedalamannya?

Dalam membuat liang lahat adalah sekiranya bisa mencegah bau mayit dari hidung manusia. Jika sekiranya sudah dirasa tak akan berbau, maka sudah cukup. Kemudian kedalamannya liang lahat itu bisa mencegah dimakan binatang buas. Ini ukuran minimal pembuatan liang lahat untuk mayit.

Untuk panjangnya, panjang tubuh mayit ditampat tempat yang sekiranya bisa untuk menaruh tubuh mayit. Jika panjang tubuhnya 165 meter, maka ditambahi sesuai dengan perkiraan.

Untuk Lebarnya,  lebar tubuh mayit ditambah tempat yang sekiranya bisa untuk menaruh tubuh mayit.

Untuk kedalamannya, setinggi postur rubuh manusia ditambah satu hasta.

Demikan cara menggali lubang kubur untuk mayit. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bissowab.
Baca juga :

Posting Komentar