Indonesia Website Awards
Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Daftar Isi Artikel :

Panduan serta Pengertian Sholat Istikhoroh Lengkap Dalil dan Artinya

Panduan serta Pengertian Sholat Istikhoroh Lengkap Dalil dan Artinya

Hidup ini adalah sebuah pilihan. Pilihan antara yang baik dan yang buruk, jalan yang benar atau jalan yang sesat. Pilihan antara yang bermanfaat atau yang mudharat, yang menyenangkan dan yang menyedihkan, dan berbagai pilihan-pilihan lain.

Maka tidaklah mengherankan jika sering sekali dalam hidup, kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sangat penting. Bahkan melibatkan penentuan masa depan kita sehingga kita dituntut dan perlu membuat suatu pilihan yang tepat dan terbaik.

Sebagai seorang muslim, kita semua tentu menyadari bahwa Allah adalah Rabb Yang Maha Mengetahui dan Maha Menguasai segala-galanya. Baik yang sudah terjadi, sedang terjadi, dan yang akan terjadi.

Sebaliknya, kita manusia adalah mahkluk yang lemah dan terbatas dalam segala hal. Karenanya, sudah sepatutnya kita menyerahkan segala urusan kita kepada Allah dalam membuat pilihan yang terbaik menurut pengetahuan-Nya.

Banyak manusia yang membuat pilihannya berdasarkan pengetahuan mereka yang terbatas, dan pada akhirnya, banyak pula dari mereka yang menyesal sesudahnya.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 216
وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
“Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu menyukai semua, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah ayat 216).

Baik menurut kita, belum tentu baik menurut Allah, sedangkan baik menurut Allah sudah pasti baik untuk kita. Walaupun kebaikan itu tidak atau belum tampak oleh kita.

Kenyataannya, banyak hal yang sebelumnya kita anggap buruk atau tidak baik, namun pada akhirnya kita mendapatkan perkara itu baik untuk kita. Sungguh, kebaikan itu tidak bisa diukur dengan hanya menggunakan akal manusia yang terbatas.

Kebaikkan itu tidak harus tampak dan dapat kita rasakan dengan segera. Kebaikkan adalah sesuatu yang bersangkutan dengan masa depan yang jauh, tidak hanya untuk hari ini atau saat ini saja. Kebaikan adalah sesuatu dari Allah.

Rasulullah bersabda:
“Sungguh, Allah akan memberi keberkahan pada seseorang yang banyak berdoa dalam hajat yang diinginkannya, baik Allah memberi apa yang dimintanya atau mencegahnya.” (HR.Baihaqi dan al-Khatib).

Dan, sebaik-baik doa adalah shalat. Maka dari itulah, Islam menisyaratkan shalat khusus untuk meminta petunjuk, yaitui dengan melakukan shalat Istikharah.

Shalat Istikharah adalah shalat untuk meminta petunjuk dari Allah mengenai apa yang terbaik bagi diri kita di masa mendatang baik menyangkut urusan dunia dan agama.

Dalam sebuah hadits disebutkan:
“Tidaklah rugi orang yang beristikharah, dan tidaklah menyesal orang yang bermusyawarah.” (HR.Thabrani).

Baca :
1. Niat dan Tata Cara Sholat Istikhoroh
2. Doa Sholat Istikhoroh
Baca juga :

Posting Komentar