Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Sholat Kaffarotul Baul Lengkap Arab, Latin dan Keutamaannya

Apa itu Sholat Kifaratul Baul?
Tata Cara Sholat Kaffarotul Baul Lengkap Arab Latin dan Keutamaannya

Dijelaskan di dalam kitab Khazinatul Asror bahwa kita disunahkan untuk melakukan sholat kifaratul baul agar kita terhindar dari siksa qubur, Sholat sunnah ini termasuk yang tidak disunnahkan berjama’ah. Sholat sunnah kifaratil bauli adalah sholat kifarat setelah buang air kecil.

Sebagian dari azab kubur adalah bersumber dari kencing seseorang itu tidak dibersihkan dengan baik. dalam sebuah hadits Rasulullah s.a.w bersabda, memberi ingat bahwa siksa kubur itu diperoleh dari seseorang hingga selisih tulang dadanya karena ia tidak menyucikan kencingnya dengan sempurna.

Siapa yang mengharapkan pengampunan daripada Allah SWT dari dosa yang disebabkan najis kencing yang terkena badannya atau pakaiannya secara disengaja ataupun tidak, maka perlulah mereka mengerjakan solat sunat KIFARATUL BAUL.

Tata Cara Sholat Sunnah Kafarotul Boul

  1. Sholat dua rakaat setelah Sholat Sunnah Dhuha.
  2. Rakaat pertama setelah Al-Fatihah – bacaannya ialah Surat Al-Kautsar (7x).
  3. Rakaat kedua setelah Al-Fatihah – bacaannya ialah surat Al-Ikhlas (7x).

Lafadz Niat Sholat Sunnah Kafarotul Boul

اُصَلّىِ سُنَّةً الْكَفَارَةَ الْبَوْلِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى
Ushalli sunnatal kafaaratal bauli rak’ataini lillaahi ta’aalaa.
Aku niat sholat sunnat Kifaaratul Bauli dua rakaat karena Allah.

Keutamaan shalat Kaffaratul Baul


من صلى هذه الصلاة ينوي بها كفارة البول غفر الله له ما اصاب بدنه وثيابه من البول

"Siapa yang melakukan shalat tersebut, ia niatkan sebagai penebus dosa kencing tidak bersih maka Allah Taala berikan ampunan baginya dari air kencing yang mengenai dirinya dan pakaiannya."

Pengarang kitab Khazinatul Asrar adalah Imam Muhammad Haqqiy Bin Ali Bin Ibrahim an-Naziliy seorang ahli Shufi dari Kota Aidien. Wafat di kota Makkah pada tahun 1301 Hijriyah bertepatan dengan tahun 1884 Masehi.

Adapun sanad muttashil (bersambung) kepada pengarang kitab Khazinatul Asrar Jalilatul Adzkar, Imam Muhammad Haqqiy an-Naziliy Radhiyallahu 'Anhu, sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين اصمت البتاوي عن كياهي الحاج عبد الرزاق امام خليل الجاوي اللاسمي عن العلامه حسن بن محمد المشاط المكي عن العلامه الشيخ خليفة بن احمد بن موسى بن نبهان يقال خليفة النبهاني (١٢٧٠-١٣٥٥ هجريه) عن صاحب كتاب خزينه الاسرار الامام الشيخ محمد حقي النازلي رضي الله عنه

Dikutip ulang dari Kitab Ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 29.

NB: Penyebutan yang benar adalah Kaffaratul Baul bukan Kifaratul Baul. Dengan alasan kata Kifarat tidak ada wazan yang cocok dari kata Kaffara yang memiliki arti menggugurkan atau menjadi tebusan.

Demikianlah seperti yang dijelaskan didalam Khazinatul Asrar. Semoga Bermanfaat!
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat Kaffarotul Baul Lengkap Arab, Latin dan Keutamaannya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *