Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Sholat Isyroq atau Syuruq Lengkap Arab Latin dan Artinya

Shalat Syuruq (Isyraq) merupakan Sholat Sunnah yang dikerjakan sekitar 20 menit setelah terbitnya matahari (Menurut Mazhab Syafi’i) dan 40->45 menit setelah matahari terbit (Menurut Mazhab Hanafi).

Tata Cara Sholat Isyroq atau Syuruq Lengkap Arab Latin dan Artinya

Waktu mengerjakan Sholat Isyraq

Berdasarkan al-Hadits Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sallam adalah sebagai berikut:

صَلاَةُ الْأَوَّابِيْنَ حِيْنَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ

“Shalat orang-orang yang gemar bertobat adalah ketika anak-anak onta kepanasan dari teriknya matahari.” [HR. Muslim no. 1743].

Shalat Isyraq merupakan Sholat Sunnah yang dikerjakan di awal masuknya waktu Sholat Dhuha, yaitu di saat matahari telah meninggi dan teriknya terasa amat panas, menurut penjelasan hadits diatas.

Sekali lagi kami tekankan bahwa Sholat Syuruq juga disebut sebagai Shalat yang dikerjakan pada awal masuk waktu Sholat Dhuha.
  1. Menurut mazhab Syafi’iyah adalah 20 menit setelah terbitnya matahari.
  2. Menurut mazhab Hanafiyah adalah 40 menit setelah terbitnya matahari.

Jumlah Rakaat Sholat Syuruq

Seperti penjelasan dari al-Hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sallam bahwa jumlah rakaat Sholat Syuruq adalah 2 rakaat dan satu salam saja [HR. Tirmidzi, no. 586].

Niat Sholat Syuruq

Niat Syuruq adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنَّةَ الإشراق رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatal isyraqi rak’ataini lillahi ta’ala.
Artinya: “Aku berniat melaksanakan Shalat Sunnah Isyraq sebanyak dua rakaat karena Allah Ta’ala.”


Tata Cara Sholat Isyraq

Adapun tata cara sholat isyraq sama saja dengan sholat sunnah lainnya, namun begitu tetap berbeda pada niatnya. Untuk tata cara sholat isyraq sendiri diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, sholat sunnah isyraq dilakukan dua raka’at, adapun gerakan dan bacaannya sama saja dengan sholat pada umumnya.
  2. Kedua, sholat isyraq di isyaratkan bagi orang yang melaksanakan sholat juma’ah subuh di masjid, kemudian berdiam untuk berdzikir hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan sholat sunnah isyraq. Namun sholat sunnah isyraq juga bisa atau dapat dilakukan oleh setiap muslim, tidak hanya orang yang berjama’ah saja di masjid.


Baca Juga :
1. Pengertian dan Keutamaan Sholat Isyroq
2. Doa Sholat Isyroq
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat Isyroq atau Syuruq Lengkap Arab Latin dan Artinya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *