Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Sholat Sunnah Awwabin dan Tata Cara Mengerjakannya

Setelah mengerjakan Shalat Sunnah Ba'diyah Maghrib disunnahkan pula mengerjakan shalat sunnah Awwabin. Shalat Sunah Awwabin adalah shalat yang dikerjakan pada waktu setelah mengerjakan Shalat Maghrib sampai menjelang Shalat Isya (diantara Maghrib dan Isya).


Niat Shalat Sunah Awwabin dan Tata Cara Mengerjakannya

Tata Cara Sholat Sunnah Awwabin

Sholat Sunnah Awwabin dikerjakan sebanyak 6 roka'at (3 kali salam). Bacaan setelah Fatihah pada roka'at pertama yaitu Surat Al-Kafirun, dan pada roka'at kedua yaitu Surat Al-Ikhlas.


Niat Shalat Sunah Awwabin 

اُصَلِّى سُنَّةً الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal awwabiina rak'ataini lillahi ta'aalaa.

Artinya : "Aku niat shalat sunah awwabin dua rakaat karena Allah ta'ala".


Fadhilah Sholat Sunnah Awwabin

Disebutkan dalam sebuah hadits : 

مَنْ صَلَّى بَعْدَ الْمَغْرِبِ سِتَّ رَكَعَاتٍ غُفِرَتْ ذُنُوْبُهُ وَاِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ (رواه الطبرانى).

"Barang siapa melaksanakan sholat 6 roka'at pada setelah Sholat Maghrib, maka diampuni dosanya, walaupun dosanya ibarat buih di lautan."


مَنْ صَلَّى بَعْدَ الْمَغْرِبِ سِتَّ رَكَعَاتٍ لَمْ يَتَكَلَّمْ فِيْمَا بَيْنَهُنَّ بِسُوْءٍ عَدَلْنَ لَهُ بِعِبَادَةِ ثِنْتَى عَشْرَةَ سَنَةً – (رواه الشيخان والترمذى وابن ماجه عن ابى هريرة)

"Barang siapa melaksanakan sholat 6 roka'at setelah Sholat Maghrib dengan tidak disela oleh ucapan lain, maka orang tersebut mendapat pahala sama dengan pahala ibadah 12 tahun."


Demikianlah penjelasan mengenai shalat sunah Awwabin beserta niat dan tata cara menjalankannya. semoga bisa bermanfaat.


Wallohu a'lam.

Sumber: Kitab Fasholatan Aswaja karya K. Musyawwir bin H. Anwar, hal. 78

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Niat Sholat Sunnah Awwabin dan Tata Cara Mengerjakannya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *