0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Pengertian dan Niat Sholat Sunnah Mutlaq Lengkap

Pengertian dan Niat Sholat Sunnah Mutlak Lengkap

Pengertian Sholat Sunnah Mutlak

Sholat Sunnah Mutlak adalah sholat sunnah yang dilakukan tanpa terikat waktu tertentu atau sebab kejadian tertentu. Ini adalah salat yang bisa dikerjakan sebanyak apapun oleh umat muslim.

Dalam fiqih, secara umum salat dibagi dua; pertama muqayyad dan kedua mutlak. Yang dimaksud salat sunah muqayyad adalah salat sunah yang dianjurkan untuk dilakukan pada waktu tertentu atau sebab kejadian tertentu. Misalnya, salat Duha dianjurkan dilakukan pada waktu Duha, atau salat Kusuf karena sebab terjadinya gerhana.

Berdasarkan penjelasan tadi, salat sunah mutlak boleh dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu waktu tertentu dan sebab kejadian tertentu dengan tanpa batasan jumlah rakaat, selama bukan waktu-waktu terlarang salat.

Berbeda dengan shalat fardhu yang sifatnya ketat, yakni telah ditetapkan waktu, jumlah rakaat, serta berbagai macam persyaratannya, pada shalat sunnah ada sebuah shalat yang tidak memiliki keketatan semacam itu, namun memiliki banyak keleluasaan, yakni shalat sunnah mutlak.

Secara definitif, shalat sunnah mutlak ini dimaknai sebagai shalat sunnah yang dapat dilakukan tanpa memerlukan sebab tertentu dan kapan saja bisa dilakukan kecuali pada waktu-waktu tertentu yang dilarang untuk dikerjakannya. Waktu-waktu tersebut ialah:

  1. Sesudah shalat shubuh
  2. Ketika matahari terbit hingga naik sepenggalah
  3. Saat matahari tepat dipuncaknya (zenith), hingga ia mulai condong
  4. Sesudah ashar sampai matahari terbenam
  5. Ketika matahari terbenam hingga sempurna terbenamnya

Sedangkan untuk sistematikanya, sebagian ulama berpendapat bahwa sebaiknya shalat sunnah mutlak dilakukan dengan seri dua rakaat-salam. Artinya, anda takbiratul ihram sambil niat shalat, mengerjakan shalat dua rakaat kemudian salam. Jika ingin menambah, anda takbiratul ihram lagi dan seterusnya tanpa ada batasan berapa pun jumlah shalat yang ingin anda lakukan.

Niat menjadi kunci yang sangat penting karena akan mempengaruhi kekusyukan dalam shalat. Niat diucapkan di dalam hati dan dilakukan bersamaan dengan takbiratul ihram yaitu pada waktu mengangkat kedua tangan dengan telapak tangan menghadap ke kiblat dan sejajar dengan telinga. Bila tidak memiliki udzur, maka harus berdiri tegak.

Niat Sholat Sunnah Mutlak

اُصَÙ„ِّÙ‰ سُÙ†َّØ©ً رَÙƒْعَتَÙŠْÙ†ِ ِللهِ تَعَالٰÙ‰
Usholli sunnatan rok’ataini lillahi ta’ala
“Aku niat salat sunah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Sunnah Mutlak

Adapun tata caranya adalah sebagaimana sholat pada umumnya.


Demikian sedikit ulasan tentang sholat sunnah mutlak.
Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Pengertian dan Niat Sholat Sunnah Mutlaq Lengkap , jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".