Indonesia Website Awards
Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Daftar Isi Artikel :

Tata Cara serta Niat Sholat Sunnah Tawwabin Lengkap Keterangan dan Fadhilahnya

Sholat Sunnah Tawwabin adalah sholat sunnah sebanyak 12 roka'at (6 kali salam) sama dengan jumlah roka'at Sholat Sunnah Awwabin, hanya saja perbedaan pada waktu pelaksanaannya. Sholat sunnah ini dikerjakan khusus pada Hari Jum'at mulai dari setelah selesai Sholat Jum'at sampai masuk waktu Sholat Ashar. Berbeda dengan Sholat Kafaroh yang dilaksanakan khusus pada Hari Jum'at terakhir di Bulan Romadhon.

Tata Cara serta Niat Sholat Sunnah Tawwabin Lengkap Keterangan dan Fadhilahnya

Lafadz Niat Sholat Sunnah Tawwabin

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّوَّابِيْنَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالٰى
Usholli Sunnatat Tawwabiina Rok'ataini Lillahi Ta'ala.
Saya niat sholat sunnah tawwabin dua roka'at karena Alloh Ta'ala.

Tata Cara Sholat Sunnah Tawwabin

Setiap roka'at setelah selesai bacaan Fatihah yaitu membaca Ayat Kursi (1 kali), Surat Al-Ikhlas (1 kali), Surat Al-Falaq (1 kali), dan Surat An-Naas (1 kali).

Keutamaan Sholat Sunnah Tawwabin

Diterangkan dalam Kitab Ihya' Ulumuddin karya Imam Ghozali, dengan terjemah yang kurang lebih demikian : "Barang siapa baik laki-laki maupun perempuan yang meninggalkan Sholat Fardhu dikarenakan sebab kebodohannya (tidak tahu kalau meninggalkan sholat itu berdosa) kemudian dirinya bertaubat serta menyesalinya. Maka baik melaksanakan Sholat Tawwabin.

Apabila orang tersebut mau melaksanakan Sholat Tawwabin, maka niscaya Alloh tidak akan menyiksa orang tersebut karena tidak melaksanakan sholat sebab kebodohannya pada hari qiyamat, serta buku catatan amal jeleknya diganti dengan buku catatan amal baiknya.

Wallohu a'lam.
Sumber : Kitab Fasholatan Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, karya K. Musyawwir bin H. Anwar, hal. 79
Baca juga :

Posting Komentar