0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Doa Mengakhiri Belajar Lengkap Arab Latin dan Artinya

Setelah selesai mengikuti pelajaran tiap harinya, umumnya guru dan siswa membaca doa bersama-sama. Ada yang dibaca dengan suara keras, ada yang yang dibaca pelan sambil menundukkan kepala.


Berdoa selain mengharap pahala dan ridho Allah SWT, juga untuk meningkatkan sikap sipiritual anak. Berdoa sebelum pulang sekolah, berarti ia mengucap syukur atas ilmu yang diperoleh dan memohon agar ilmunya nanti bermanfaat dan berguna. Dengan demikian, memanjatkan doa amatlah penting, karena dapat membentuk karakter baik pada anak.


Baca juga: Doa Sebelum Memulai Pelajaran di Kelas


Baiklah, berikut ini doa-doa yang biasa dibaca saat mengakhiri pelajaran di sekolah (khusus bagi umat Islam) yang saya kumpulkan dari berbagai sumber. Silahkan bapak/Ibu apabila berkenan bisa memilih salah satu atau menggabungkan beberapa doa berikut ini.

Doa Mengakhiri Pelajaran (Sebelum Pulang Sekolah), Doa Mengakhiri Belajar Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sebelum membaca doa, kita membaca dulu Surat Al-Ashr. Saya tidak tahu sejak kapan kebiasaan ini dimulai, tetapi bacaan Surat Al-Ashr sudah menjadi tradisi sejak dulu. Dan sekarang pun saya selalu membiasakan anak-anak di kelas membacanya ketika pelajaran berakhir.

Surat Al-Ashr

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ 

وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Wal'ashr Innal insaana lafii khusr, Illaalladziina aamanuu wa'amilush shaalihaati watawaasaw bilhaqqi watawaasaw bishshabr.

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.

Ternyata Surat Al Ashr menyiratkan harapan agar ilmu yang sudah dipelajari bisa diterima tanpa kesia-siaan. Semua ilmu yang diperoleh senantiasa diingat dan berguna setiap waktu, termasuk nasehat guru.


Doa Kesatu

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.

Doa Kedua

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ
Allahumma arinal aaqqa haqqan, warzuqnat tibaa'ahu. Wa arinal baathila baa-thilan warzuqnaj tinaabahu.
Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya

Doa Ketiga

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal

Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.


Doa Keempat

رَبِّ أَوْزِعْنِيْ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ. وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ .وَأَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matal latii an'amta 'alayya wa 'alla waalidayya wa an' a'mala shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibaadikash shoolihiin

Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.


Dan terakhir, kita bisa mengajak anak-anak membaca Doa Penutup Majlis,

Doa Penutup Majelis

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik..

Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.


Demikianlah bacaan doa untuk mengakhiri pelajaran di kelas saat hendak pulang. Mungkin anda punya bacaan lain yang biasa dibaca anak-anak saat pulang sekolah? Silahkan beritahu kami melalui kolom komentar.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Doa Mengakhiri Belajar Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".