Indonesia Website Awards
Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Daftar Isi Artikel :

Doa Bersiwak Lengkap Arab Latin dan Artinya

Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, fungsinya ialah untuk mengunyah makanan sehingga lebih mudah dicerna tubuh. Maka dari itu, kesehatan gigi sudah seharusnya dijaga baik-baik dan hati-hati.

Do'a Niat Bersiwak atau Sikat Gigi Sesuai Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Kebanyakan caara untuk merawat gigi agar tetap sehat, kuat, putih, bersih dan bersinar adalah dengan rutin menggosoknya tiap hari. Minimal sehari dua kali yakni pada pagi dan malam menjelang tidur. Atau bisa juga kita menggosok gigi saat mandi biasa dan tepat sebelum tidur.

Ketika hendak menggosok gigi, kebanyakan umat muslim dianjurkan untuk membaca doa sikat gigi tujuannya ialah untuk memohon kepada Allah SWT agar kegiatan menggosok atau menyikat gigi kita dapat diberkahi sehingga gigi kita tetap sehat sepanjang dan kuat hari.

Dalam sebuah hadits telah diriwayatkan sebuah doa sunnah yang dibaca pada saat akan menggosok gigi, disebut juga dengan niat sikat gigi. Pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan doa sikat gigi berikut ini.

Doa singkat ini, memiliki keutamaan yang luar biasa sekali bagi yang rutin mengamalkannya insya Allah akan terhidar dari sakit gigi berlubang, gusi bengkak, ngilu, nyeri, maupun penyakit gigi yang lain.

Niat Saat akan Sikat Gigi Sesuai Sunnah

Berikut adalah, bacaan doa dan niat untuk sikat gigi atau menggosok gigi sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih, yang benar ditulis dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia secara lengkap.

اَللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ وَشُدَّ بِهِ لِثَّتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِي وَأَفْصِحْ بِهِ لِسَانِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ وَأَثِبْنِيْ عَلَيْهِ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma bayyidh bihi asnaanii wa syudda bihi litstsatii wa tsabbit bihi lahaatii wa afshih bihi lisaanii wabaarik lii fiihi wa atsbitnii ‘alaihi yaa arhamarroohimiin.
"Ya Allah putihkan gigiku dan kuatkan gusiku, serta kuatkan lahatku (daging yang tumbuh di atas langit-langit mulut), fasihkan lidahku, berkatilah aku, dan berikan aku pahala karena siwak wahai Dzat yang paling mengasihi di antara para pengasih."

Makna Dari Doa Sikat Gigi Menurut Agama Islam

Ada banyak keutamaanya, makna, manfaat, khasiat dari niat menggosok gigi di atas, salah satunya ialah kita memohon kepada Allah SWT agar gigi kita selalu diputihkan, cerah, dihindarkan dari warna kuning, cokelat atau bahkan hitam.

Selain itu, kita juga memohon kepada Allah SWT agar gusi kita dikuatkan, agar gigi tidak goyang, agar mudah ketika mengunyah makanan, terutama makanan-makanan yang bertekstur keras dan juga es batu yang dingin dan kerap membuat gigi ngilu.

Adapun manfaat lain dari doa tersebut ialah memohon agar lidah kita fasih, diberkati, dijauhkan dari perkataan-perkataan yang buruk dan memohon kepada-Nya agar kita diberi pahala yang berlimpah karena Allah SWT adalah Dzat yang maha mengasihi.

Tata Cara Panduan Bersiwak

Kesimpulan

Dari beberapa manfaat serta mengetahui doa bersiwak diatas, sebaiknya mulailah untuk kita menghafalkanya karena sunah akan mendapatkan pahala bila di kerjakan, termasuk menyikat gigi dengan bersiwak yang lengkap dengan doa, niat dan artinya di atas.
Baca juga :

Posting Komentar