Ikuti Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Bacaan Pujian Istighfar Ramadhan dan Manfaat Istighfar Romadhon

Bacaan Pujian Istighfar Bulan Ramadhan serta Manfaat Memperbanyak Istighfar Romadhon
Bacaan Pujian Istighfar Bulan Ramadhan serta Manfaat Memperbanyak Istighfar Romadhon

Beberapa manfaat memperbanyak istigfar di bulan Ramadhan perlu diketahui umat muslim. Istighfar merupakan salah satu sarana dalam memohon ampunan kepada Allah SWT.

Hakikat istighfar pada dasarnya adalah bertaubat dari segala dosa dan kesalahan. Sementara Ramadhan adalah bulan maghfirah di mana bulan ini merupakan momen bertaburnya ampunan dan kasih sayang Allah. Istighfar di bulan Ramadhan juga akan menjadi ibadah penyempurna puasa.

Oleh sebab itu, siapa saja yang memohon ampunan dengan memperbanyak istighfar di bulan Ramadhan, maka ia akan mendapat banyak manfaat baik yang akan dirasakan langsung maupun tidak langsung.

Daftar Isi Artikel

Manfaat Istighfar di Bulan Romadhon

Berikut ini adalah manfaat memperbanyak istighfar di bulan Ramadhan.

Melancarkan Rezeki dari Arah Tak Terduga

Manfaat istighfar di bulan Ramadhan salah satunya adalah dapat mendatangkan rezeki dari arah yang tidak terduga. Tidak hanya melancarkan rezeki, memperbanyak istighfar akan dilapangkan hatinya oleh Allah dan diberi jalan keluar dari setiap kesedihan. hal itu pernah disampaikan Nabi Muhammad SAW seperti yang diriwayatkan dalam hadits berikut.
"Barangsiapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah), niscaya Allah memberikan jalan keluar untuk setiap kesedihannya, dan untuk setiap kesempitannya diberi kelapangan, dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tiada disangka-sangka.” (HR. Abu Dawud)

Menentramkan Hati yang Sedih

Selain hadits di atas, ternyata Allah juga telah menjamin secara langsung akan memberikan jalan keluar disetiap kesedihan apabila beristighfar sebagai wujud permohonan ampun. Istighfar dapat menentramkan dan menguatkan hati seseorang dan dijamin akan diampuni dosa-dosanya seperti firman Allah SWT berikut.
"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat." (Surat Hud ayat 3)

Mengganti Kesempitan Menjadi Kelapangan

Bagi hamba Allah yang mau memperbanyak istighfar di bulan Ramadhan, maka akan dihapuskan setiap kesempitan yang sedang dihadapinya. Istighfar akan mendekatkan seorang hamba kepada Allah. Maka kelapangan dalam hidup pasti akan terjamin.

Allah SWT berfirman,
“Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka akan diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Furqan: 70)

Menentramkan Jiwa yang Khawatir

Manfaat istighfar di bulan Ramadhan berikutnya adalah dapat membantu menenangkan perasaan khawatir seseorang. Rasa khawatir yang berlebihan dapat muncul karena godaan setan.

Perasaan khawatir juga perlu dikendalikan agar menghindari suudzon. Hal itu bisa dilakukan dengan memperbanyak membaca atau mengucapkan istighfar. Kecemasan atau rasa khawatir juga bisa timbul karena adanya kesadaran diri telah melakukan dosa, maka dalam hal ini seseorang juga perlu memperbanyak istighfar.

Abdullah bin Amr meriwayatkan dari Abu Bakar As-Siddiq bahwa ia berkata:
"Wahai Rasulullah, ajari aku permohonan yang bisa aku doakan dalam sholat." Rasulullah Saw berkata: " Katakan: 'Ya Allah, aku telah banyak berbuat salah pada diriku, dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Jadi maafkan aku dengan pengampunan dari-Mu, dan kasihani lah aku, sesungguhnya, Engkaulah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

Bacaan Pujian Istighfar Ramadhan

اَسْتَغْفِرُ اللهَ تَعَالىٰ مِنْ جَمِيْعِ ذُنُوْبِىْ, سِرِّهَا وَجَهْرِهَا وَصَغِيْرِهَا وَكَبِيْرِهَا, سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهٖ (٢×)
عَالِمِ الْغَيْبِ (غَيْبِ) وَالشَّهَادَةِ. فَيُنَبِّئُكُمْ (اللهْ) بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

Astaghfirulloha Tangala Min Jamingi Dhunuubi, Sirriha Wa Jahriha Wa Shoghiriha Wa Kabiiriha, Subhanalloh Wa Bihamdihi (2x).
Ngalimil Ghoibi, Ghoibi Wa Syahadati.
Fayunabbiukum (Alloh) Bima Kuntum Ta’maluuna.

Itulah bacaan dan ulasan sedikit tentang manfaat memperbanyak istighfar di bulan Ramadhan yang semoga dapat menginspirasi. Bulan Ramadhan adalah bulan suci penuh ampunan, maka sebaiknya bulan yang baik ini dapat diisi dengan memperbanyak istighfar kepada Allah SWT.

Wallohu A'lam.

Posting Komentar