0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Sholawat Mukafaah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Teks Bacaan Sholawat Mukafaah Lengkap Arab Latin dan Artinya
Teks Bacaan Sholawat Mukafaah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Membaca solawat merupakan ibadah dan sebuah bentuk kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad. Karena dalam bacaan shalawat, nama Kanjeng Nabi dipuji dan dimuliakan setinggi-setingginya.

Dalam perkembangan dunia Islam, telah ada banyak orang, ulama dan kyai yang menciptakan lantunan salawat, ada yang pendek dan ada yang panjang seperti sholawat ibrohimiyah yang kemudian menjadi bacaan tasyahud akhir pada rokaat terakhir dalam sholat.

Sholawat mukafa'ah hadir sebagai salah satu sholawat Rasul SAW yang pada intinya kita mendoakan Nabi agar dilimpahkan rahmat, salam dan berkah dari-Nya, serta memohon kepada Alloh agar ditingkatkan pangkat dan derajatnya.

Karena Nabi Muhammad adalah nabi akhir zaman yang tentunya harus kita muliakan, selalu didoakan yang terbaik meskipun beliau telah tiada, namun jiwa dan segala yang ada di dunia ini adalah pemberian darinya.

Keutamaan Sholawat Mukafaah

Ada banyak khasiat dari sholawat mukafaah. Dua diantaranya adalah mendapat cinta dan rahmat dari Baginda Nabi dan Alloh Yang Maha Kuasa.

Faedah dan fadhilah sholawat ini akan didapat apabila kita membacanya dengan sungguh-sungguh, benar-benar dari niat dalam hati, serta tidak setengah-setengah.

Intinya adalah bersungguh-sungguh untuk mengharap ridho dari Alloh ta’ala. Tidak bertujuan untuk pamer atau agar dianggap beriman oleh orang lain.

Secara umum, keutamaan dari sholawat mukafaah sama seperti bacaan sholawat lainnya. Berikut adalah macam-macam manfaat yang bisa kita peroleh apabila mengamalkannya.

  1. Barang siapa membacanya secara istiqomah dan rutin sepanjang hari, maka akan mendapat syafaat dari Rosululloh SAW di hari kiamat.
  2. Siapa yang membaca sholawat mukafaah dengan hati tulus dan bersungguh-sungguh, maka akan mendapat cinta dari Nabi Muhammad SAW.
  3. Orang yang mengamalkan sholawat mukafaah semata-mata hanya untuk mengharap ridho dari Alloh SWT, maka akan mendapat 10 rahmat dari-Nya.
  4. Mendekatkan diri kepada Alloh SWT.
  5. Meningkatkan iman dan taqwa hanya kepada-Nya.
  6. Memuliakan dan meninggikan nama Nabi.

Selain itu masih banyak fadhilah keutamaan dan hikmah dari salah satu jenis sholawat nabi ini. Namun tidak bisa dituliskan semua karena pasti akan sangat panjang.

Bacaan Doa Sholawat Mukafaah

Membaca dan melafadlkan sholawat mukafaah harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan segenap hati. Teks asli sholawat ini berasal dari tulisan arab karena diciptakan oleh orang sana.

Namun dalam perkembangannya kemudian ada yang menulis untuk versi latin dan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia oleh para ahli. Berikut adalah teks lafadz sholawat mukafaah bahasa arab, latin dan artinya lengkap.

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا عَنَّا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ

Allohumma sholli ngala sayidina muhammadin wa ngala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu-addi biha nganna haqqohul ‘adzim

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Alloh SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

Melalui teks terjemahannya tersebut kita bisa mengetahui fungsi dari bacaan sholawat ini adalah untuk memohon kepada Allah SWT agar Nabi Muhammad SAW selalu diberi limpahan rahmat, salam dan berkah.

Meminta kepada-Nya agar kekasih Alloh (Rosululloh SAW) selalu tinggi pangkat dan kemuliaanya serta memohon agar keluarga dan sahabatnya juga dilimpahkan segala-galanya.


Itulah artikel tentang bacaan sholawat mukafaah, doa, dzikir, serta mukadimah, manfaat, keutamaan dan hikmah yang bisa didapat dari shalawat mukafaah, mp3, pdf, dan semacamnya.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Sholawat Mukafaah Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".