0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Doa Mohon Rezeki Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa Lengkap Arab Latin dan Artinya

Ada sejumlah berita orang yang bunuh diri atau membunuh anak atau orangtua atau orang lain untuk merampok hanya karena himpitan ekonomi dan kesulitan rezeki. Padahal, Allah subhanahu wa ta'ala menjamin rezeki manusia. Karenanya, berdoalah meminta rezeki yang pernah dibaca para nabi Allah SWT dalam Al-Qur'an.

Nah, ini beberapa doa dimurahkan rezeki yang pernah dibaca Nabi Musa AS, Nabi Sulaiman AS, dan Nabi Isa AS. Yuk kita baca serta hafalkan doa pembuka rezeki ini dan jangan lupa diiringi usaha tanpa putus asa.


Doa Minta Rezeki Nabi Musa as

Salah satu doa memperlancar rezeki sehingga berkah melimpah ruah dipanjatkan Nabi Musa AS yang tertera dalam Al-Qur'an Surat Al-Qashash ayat 24. Rezeki yang berikan Allah kepada Nabi Musa dalam hal ini terkait pekerjaan dan jodoh.

Doa Nabi Musa as. Mohon Limpahan Rezeki
Doa Nabi Musa as. Mohon Limpahan Rezeki

Doa Mohon Limpahan Rezeki

رَبِّ إِنِّى لِمَآ أَنزَلْتَ إِلَىَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Robbi innii limaa anzalta ilayya min khoirin faqiir.

Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.

Baca juga: Doa-Doa Perjalanan Bepergian Mudik, Wisata, Tugas agar Selamat

Dikisahkan Nabi Musa AS lari dari Mesir karena ada kabar ia ingin ditangkap penguasa. Pasalnya, Musa tidak sengaja membunuh orang Mesir.

Ketika sampai di sumber air Madyan, Musa melihat dua perempuan yang sedang menggembala ternak. Saat itu Musa tidak tahu dua perempuan itu ialah anak Nabi Syuaib. Ia pun membantu mengambil air sumur itu untuk ternak-ternak mereka.

Setelah membantu dua perempuan itu memberi minum ternak, Musa berteduh di bawah pohon. Di situlah ia berdoa setelah melakukan kebajikan tersebut, "Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khairin faqiir." Maklum, dalam pelarian itu, ia tidak membawa bekal apapun.

Baca juga: Doa Ziarah Kubur untuk Seluruh Keturunan Nabi Adam

Setelah pulang, dua perempuan itu menceritakan bantuan Musa kepada ayah mereka, Nabi Syuaib. Keduanya mengusulkan sang ayah untuk mempekerjakan Musa. Nabi Syuaib pun setuju atas usul putri-putrinya. Setelah melihat Musa yang kuat bekerja lagi dapat dipercaya, Nabi Syuaib pun menikahkan putrinya dengan Musa. Doa Nabi Musa dikabulkan Allah dengan memperoleh pekerjaan dan istri.


Doa Minta Rezeki Nabi Sulaiman as

Doa meminta rezeki lancar pun dipanjatkan Nabi Sulaiman AS yang tertera dalam Al-Qur'an Surat Shaad ayat 35. Rezeki yang diminta Nabi Sulaiman terkait dengan kekuasaan atau kerajaan.

Doa Nabi Sulaiman untuk Kekayaan
Doa Nabi Sulaiman untuk Kekayaan

Doa Nabi Sulaiman Diberi Kekayaan

رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Robbighfirlii wahablii mulkal laa yambaghii li ahadimim ba'dii innaka antal wahhaab.

Ya Tuhanku ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.

Baca juga: Doa-Doa Mohon Rezeki dan Kaya yang Dipanjatkan Rosululloh SAW

Terkait ayat tersebut, ada sabda Rosululloh SAW tentang Sulaiman bin Daud AS. Sulaiman pernah berkata, "Malam ini aku akan berkeliling mengunjungi 70 perempuan, tiap perempuan kelak akan melahirkan seorang anak yang kelak akan berperang di jalan Allah." Sulaiman ditegur malaikat, "Katakanlah, 'Insya Allah.'" Sulaiman tanpa mengucapkan insya Allah mengunjungi 70 perempuan itu dan ternyata tidak seorang pun di antara wanita-wanita itu yang melahirkan anak, kecuali seorang wanita yang melahirkan seorang setengah manusia. Demi Allah yang nyawaku ada di kekuasaan-Nya, seandainya Sulaiman mengucapkan kata insya Allah niscaya ia tidak gagal dan akan tercapai hajatnya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Karena itu, Nabi Sulaiman bertobat di awal doa tersebut lalu meminta rezeki. Allah menerima tobat Nabi Sulaiman dan mengabulkan doanya terkait kerajaan dengan menundukkan angin. Angin berhembus dengan izin Allah sesuai dengan keinginan Sulaiman. Padahal angin itu berhembus sangat keras lagi kuat. Karena kemampuan itu, Sulaiman dapat menempuh perjalanan jauh hanya dalam sekejap.

Alloh menundukkan pula untuk Sulaiman yaitu setan-setan dan jin-jin yang ahli bangunan dan menyelam. Mereka ahli membangun istana, gedung megah, tempat peribadatan, bahkan hiasan dari keramik seperti patung, cawan, teko, dan sebagainya serta ahli mengambil berbagai perhiasan dari dasar laut, seperti mutiara dan marjan. Mereka tekun bekerja. Setan lain yang tidak mematuhi perintah Sulaiman terikat dalam belenggu sehingga tidak mengganggu mereka yang bekerja. Begitulah Allah mengabulkan doa Nabi Sulaiman.


Doa Minta Rezeki Nabi Isa as

Doa memohon rezeki halal dan berkah dilantunkan Nabi Isa AS tertera dalam Al-Qur'an Surat Al-Maidah ayat 114. Rezeki yang diminta Nabi Isa dalam hal ini terkait dengan makanan.

Doa Nabi Isa Memohon Rezeki
Doa Nabi Isa Memohon Rezeki

Doa Nabi Isa Memohon Rezeki

اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَا ئِدَةً مِّنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيداً لا ولِنَا وَاخِرِنَا وَايَة مِنْكَ وَارزَ قُنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Alloohumma robbanaa anzil ngalaynaa maa idatam minas samaa-i takuunulanaa ngiidal li awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatam minka warzuqnaa wa anta khoirur rooziqiin.

Ya Alloh Tuhan kami turunkanlah kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu orang-orang yang beriman bersama kami maupun yang datang setelah kami serta menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau dan berilah kami rezeki dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.

Baca juga: Doa Awal Bulan yang Dibaca Nabi dan Sahabat

Diceritakan bahwa Nabi Isa memerintahkan umat untuk berpuasa selama 30 hari. Setelah tuntas berpuasa, umat meminta kepada Nabi Isa agar diturunkan hidangan sebagai bukti bahwa Allah SWT menerima puasa mereka dan hati menjadi tenang. Sebelum meminta kepada Allah SWT, Nabi Isa mengimbau agar umat membatalkan permohonan mereka karena khawatir tidak dapat bersyukur atas nikmat itu. Namun, mereka tetap berkeras meminta. Karenanya, Nabi Isa meminta kepada Allah SWT sesuai hajat umatnya.

Kemudian doa Nabi Isa dijawab oleh Allah SWT dengan menurunkan hidangan dari langit dan umat melihat hal tersebut dengan mata kepala mereka sendiri. Hidangan turun dari langit melalui sela-sela di antara dua awan. Ketika hidangan sampai, Nabi Isa berdiri dan berkata, "Dengan menyebut nama Allah sebaik-baik pemberi rezeki."

Hidangan tersebut terdiri dari tujuh ikan laut dan tujuh roti. Ada yang mengatakan cuka dan ada pula yang mengatakan itu buah delima serta buah-buahan lain. Nabi Isa menyuruh umatnya untuk menikmati hidangan dari langit tersebut. Namun umatnya berkata, "Kami tidak akan makan sebelum kamu makan."

Nabi Isa menjawab, "Kalianlah yang meminta hidangan ini." Mereka menolak makan lebih dulu karena khawatir hidangan tersebut merupakan azab dari Allah SWT. Kemudian Nabi Isa memerintahkan orang-orang fakir, orang-orang yang kekurangan, dan orang-orang tua dengan penyakit menahun yang mencapai sekitar 1.300 orang untuk memakan hidangan langit itu. Setelah menikmati hidangan, atas izin Allah setiap penyakit dan disfungsi anggota tubuh mereka semua sembuh total. Ini membuat orang-orang yang tidak mau memakan hidangan langit menjadi sangat menyesal.


Itulah doa rezeki yang dipanjatkan Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa. Karena keimanan dan kesalehan para nabi, Allah pun mengabulkan permohonan mereka.

Rezeki itu dapat berbentuk apa saja, seperti harta, kekuasaan, jabatan, jodoh, rumah, kesehatan, anak saleh, dan segala hal yang baik. Yuk kita baca doa rezeki para nabi tersebut tanpa putus asa. Semoga Allah melancarkan rezeki kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Doa Mohon Rezeki Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".