Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Puasa Sunnah Akhir dan Awal Tahun Hijriah

Niat Puasa Sunnah Akhir dan Awal Tahun Hijriah. Sahabat kaum muslimin yang diberkahi Allah. Datangnya bulan Muharram bagi umat muslim adalah momentum istimewa. Sebab di bulan itu, umat islam di seluruh dunia akan merayakan pergantian tahun baru hijriah. Sebuah hari yang memiliki sejarah panjang dan penuh keberkahan.

Perayaan yang dimaksud dalam islam di sini bukan berarti perayaan yang bersifat hura-hura dan berpesta pora. Seperti perayaan pergantian tahun baru masehi. Perayaan Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah merupakan momentum introspeksi diri akan segala dosa yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Dan waktu yang tepat untuk tobat dari segala dosa.


Niat Puasa Sunnah Akhir dan Awal Tahun Hijriah

Dalam merayakan Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah, umat islam dianjurkan melakukan Amalan Sunnah di Akhir dan Awal Tahun Hijriah. Hal ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah, serta meningkatkan ketaqwaan kita kepada-Nya.

Baca Juga: Amalan Sunnah di Akhir dan Awal Tahun Hijriah

Salah satu amalan yang paling dianjurkan saat akhir tahun dan awal tahun hijriah adalah Puasa Sunnah Akhir dan Awal Tahun Hijriah. Sebab ada sebuah hadis yang menyebutkan jika seorang muslim berpuasa pada hari tersebut, niscaya dosanya selama 50 tahun akan diampuni oleh Allah.

Bagi anda yang akan melaksankan Puasa Sunnah Akhir dan Awal Tahun Hijriah, perlu anda ketahui jika puasa Sunnah Akhir Tahun Hijriah dilakukan pada hari terakhir bulan Dzulhijjah sedangkan Puasa Awal Tahun Hijriah dilakukan pada tanggal 1 bulan muharram.

Berikut ini Niat Puasa Sunnah Akhir dan Awal Tahun Hijriah

Niat Puasa Akhir Tahun Hijriah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ مِنْ اَخِيْرِ السَّنَةِ سُنَّةً لله تَعَالىَ

 Cara membacanya: (Nawaitu shouma ghodin min akhiiris sanati sunnatan lillahi ta’ala)

Artinya: Saya niat berpuasa sunnah akhir tahun esok hari karena Allah ta’ala.

Niat Puasa Awal Tahun Hijriah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ مِنْ اَوَّلِ السَّنَةِ سُنَةَ لله تَعَالَى

Cara membacanya: (Nawaitu shouma ghodin min awwali sanati sunnatan lillahi ta’ala)

Artinya: Saya niat berpuasa sunnah awal tahun esok hari karena Allah ta’ala.

Untuk masalah tata cara pelaksanaannya, Puasa Sunnah Akhir dan Awal Tahun Hijriah sama dengan puasa pada bulan ramadhan.

Demikian informasi mengenai Niat Puasa Sunnah Akhir dan Awal Tahun Hijriah. Semoga di tahun mendatang kita selalu mendapat keberkahan dari Allah SWT. Amiin. Wallahu A’lam Bis showaab.


elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Niat Puasa Sunnah Akhir dan Awal Tahun Hijriah"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *