Indonesia Website Awards
Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Daftar Isi Artikel :

Niat Puasa Sunnah Tasua (9 Muharram)

Niat Puasa Sunnah Tasu’a. Bagi umat islam, Muharram merupakan salah sau bulan yang istimewa. Di bulan ini disunnahkan untuk memperbanyak melakukan berbagai ibadah sunnah yang dianjurkan. Salah satunya ialah melaksanakan puasa sunnah di Bulan  Muharram. Sejak tiba tanggal pertama bulan Muharram umat islam disunnahkan untuk mlakukan puasa sunnah.

Niat Puasa Sunnah Tasua

Salah satu puasa sunnah di dibulan Muharram yang sangat dianjurkan ialah Puasa Sunnah Tasu’a. Puasa Sunnah Tasu’a mrupakan puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Muharram. Hal ini didasarkan pada sebuah hadis rasulullah yang menganjukan umat islam untuk melaksanakan Puasa Sunnah Tasu’a pada tanggal 9 Muharaam.

Berdasarkan sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra berkata: ketika rasulullah SAW mlakukan puasa Assyura , maka para sahabat berkata: “wahai rasulullah, ia adalah hari yang diagungkan oleh Kaum Yahudi dan Nasrani.”

Maka beliau bersabda: “Jika begitu pada tahun mendatang kita juga akan berpuasa pada hari kesembilan, Insya Allah.”

Ternyata tahun berikutnya belum datang, Rasulullah SAW sudah wafat”. (HR Muslim Nomor 1134)

Lafadz Niat Puasa Sunnah Tasu’a

نويت صوم في يوم تاسوء سنة لله تعالى
Nawaiu Shouma fii yaumi Tasu’a sunnata lillaahi ta’aala
Saya Niat berpuasa esok hari di hari Tasu’a karena Allah Ta’ala.

Berdasarkan hadis di atas kia dapat diliha bahwa bukan hanya umat islam saja yang memperingati Hari Tasu’a dengan cara berpuasa, namun umat lain juga memeringatinya. Kendati demikian umat islamlah yang paling berhak merayakan Hari Tasu’a.

Keutamaan Puasa Sunnah Tasu'a

Keutamaan Puasa Sunnah Tasu’a ialah sebagai Wujud syukur kepada Allah SWT yang telah menyelamatkan hamba-hamba-Nya yang beriman dari kejahatan orang-orang kafir, yaitu selamatnya Nabi Musa dan Harun ‘alaihimas salam bersama Bani Israil dari kejahatan Fir’aun dan bala tentaranya. Hadits yang menyebutkan hal ini telah disebutkan di atas.

Demikianlah Niat Puasa Sunnah Tasu’a. Semoga dapat memberi manfaat kepada kita semua. Amiin.
Baca juga :

Posting Komentar