Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Doa Setelah Shalat Fardhu

Daftar Isi Artikel [Tutup]
    Kumpulan Doa Setelah Shalat Fardhu - Ketika kita selesai melaksanakan shalat fardhu maka jangan pernah langsung pergi. Usahakanlah untuk berhenti sejenak guna memanjatkan doa.

    Perlu anda semuanya tahu bahwa setelah melaksanakan shalat 5 waktu, merupakan salah satu waktu yang tepat untuk berdoa.

    Waktu tersebut ialah waktu yang mustajab, sehingga segala doa yang akan kita panjatkan kemungkinan besar akan segera diijabahi dan terkabulkan.

    Tentu kita semua sangat menginginkan agar semua hajat yang diimpikan segera terwujud. Maka dari itulah rajin-rajinlah berdoa setelah melaksanakan shalat.

    Banyak sekali dalil yang menganjurkan untuk berdoa sehabis shalat fardhu. Maka sangat rugi jika kita menyia-nyiakan waktu mustajab ini hanya untuk kepentingan duniawi semata.

    Baca juga: Doa-doa Pengasih untuk Memikat Hati

    Sebelum berdoa, sebaiknya kita membaca wiridan terlebih dahulu, yaitu membaca kalikmat-kalimat thoyyibah seperti tasbih, tahmid, takbir hingga tahlil.

    Dengan membaca berbagai kalimat thoyybah tersebut akan membuat doa kita lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

    Doa Sesudah Shalat Fardhu yang Pendek


    Setelah kita mengetahui keutamaan berdoa sesudah shalat, maka selanjutnya saya akan memberikan bacaan doa sesudah shalat fardhu.

    Saya di sini menyajikan Doa Sesudah Shalat Fardhu yang Pendek agar anda semua bisa dengan mudah menghafal doa-doa tersebut.

    Sebenarnya tidak ada ketentuan mengenai doa apa saja yang harus dibaca sesudah shalat, sehingga meskipun pendek doa ini sudah mewakili berbagai hajat dari anda semua.

    Baca juga: Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal UN

    Bacaan doa sesudah shalat fardhu berbahasa arab saya sajikan dalam bentuk gambar supaya anda bisa dengan mudah menyimpannya.

    Namun bagi anda yang kesulitan dalam membaca bahasa Arab, saya sajikan translitrasi dan terjemahan arti doa-doa tersebut di bawah sesuai dengan nomor urutnya.

    Kumpulan Doa Setelah Shalat Fardhu


    1.Bismillaahir rohmaanir rohiim. Alhamdu lillaahi robbil 'aalamiin. Hamday yuwaafii ni'amahuu wa yukaafi'u maziidah. Yaa rabbanaa lakal hamdu wa lakasy syukru ka-maa yambaghii lijalaali wajhika wa 'azhiimi sul-thaanik.

    Artinya adalah: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan dari  Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan berbagai nikmatNya dan menjamin akan tambahannya. Wahai Tuhan kami bagimu-lah semua puji, dan bagi-Mu-lah semua syukur, sebagaimana layak terhadap keluhuran zat-Mu dan keagungan dari kekuasaan-Mu.

    2.Allaahumma shalli wasallim 'alaa sayyidinaa muhammadiw wa 'alaa aali sayyidinaa muhammad. Shalaatan tun jiinaa bíhaa minjamii'il ahwaali wal aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa jamii'il haajaat. Wa tuthah hirunaa bihaa min jamii'is sayyi'aat. Wa tarfa ' unaa bihaa 'indaka ' a'lad darajaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshal ghaayaati min jamii'il khairaat ifil hayaati wa ba'dal mamaat. Innahu samii'un qariibummujiibud da'awaat wa yaa qaadhiyal haajaat.

    Artinya : Wahai Allah, limpahkanlah semua rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami yaitu Nabi Muhammad dan para keluarganya, yaitu rahmat yang bisa menyelamatkan kami dari semua ketakutan dan penyakit, yang bisa memenuhi semua kebutuhan kami, yang bisa mensucikan diri kami dari semua keburukan, yang bisa mengangkat derajat kami menuju ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan bisa menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari semua kebaikan, baik semasa hidup maupun setelah mati. Sesunggunya Dia (Allah) itu Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan semua doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi semua kebutuhan Hamba-Nya.

    3. Allaahumma innaa nas'aluka salaamatan fiddiini waddun-yaa wal aakhirah. Wa 'aafiya-tan fil jasadi washihhatan filbadani waziyaadatan fil'ilmi wabarakatan firrizqi wataubatan qablal maut warahmatan 'indalmaut wamaghfiratan ba'dal maut. Allaahumma hawwin 'alainaa fii sakaraatil maut wannajaata minannaari wal'afwa 'indal hisaab.

    Artinya : Wahai Allah! Sesungguhnya kami ini memohon kepadaMu, akan kesejahteraan di dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan pada jasad, kesehatan pada badan, tambahan akan ilmu, keberkahan akan rezeki, taubat sebelum tiba maut, rahmat ketika datang maut, dan ampunan sesudah datangnya maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami ini di dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami ini) keselamatan dari api neraka dan ampunan ketika dilakukan hisab.

    4. Allaahumma innaa na'uudzu bika minal 'ajzi walkasali walbukhli walharami wa'adzaabil qabri.

    Artinya : Wahai Allah! Sesungguhnya kami ini berlindung kepada-Mu dari sifat-sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari berbgai azab kubur

    5. Allaahumma innaa na'uudzubika min 'ilmin la yanfa' wamin qalbin laa yakhsya' wamin nafsin laa tasyba' wamin da'watin laa yustajaabu lahaa.

    Artinya : Wahai Allah! Sesungguhnya kami ini berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tak bermanfaat, dari hati yang tak khusyu' dari jiwa yang tak kenal puas dan dari berbagai doa yang tidak terkabulkan.

    6. Rabbanagh firlanaa dzunuubanaa waliwaa lidiinaa wa limasyaayi-khinaa walimu'alliminaa wa liman-lahuu haqqun' alainaa waliman ahabba waahsana ilainaa walikaaffatil muslimuna ajma'iin.

     Artinya : Wahai Tuhan Kami, ampunilah segala dosa-dosa dari kami, dosa-dosa para orang tua kami, sesepuh kami, guru-guru kami,  semua orang yang memiliki hak atas kami,  semua orang yang cinta dan berbuat baik terhadap  kami dan semua umat islam

    7. Rabbanaa taqabbal minnaa innaka antassamii'ul 'aliim watub 'alainaa innaka antat tawwaabur rahiim.

    Artinya: Wahai Tuhan kami perkenankanlah dari kami ini, sesungguhnya Engkaulah dzat yang Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat dari kami ini, sesungguhnya Engkaulah dzat yang Maha Menerima Taubat lagi dzat yang Maha Penyayang.

    8. Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar.

    Artinya : Ya Tuhan kami berikanlah terhadap kami akan kebaikan hidup ketika di dunia dan kebaikan hidup ketika di akhirat, dan jagalah kami ini dari segala siksa api neraka.

    9. Washallallaahu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa'alaa aalihi washahbihii wa sallam, walhamdu lillaahirabbil 'aalamiin.

    Artinya : Semoga Allah selalu memberikan berbagai rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami yaitu  Nabi Muhammad, para keluarga dan para sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan dari Semesta Alam

    Demikianlah Kumpulan Doa Setelah Shalat Fardhu yang bisa saya informasikan semoga dapat bermanfaat.

    elzeno
    elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

    Posting Komentar untuk "Kumpulan Doa Setelah Shalat Fardhu"

    Formulir Kontak

    Nama Email * Pesan *