Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Puasa Daud, Cara Melaksanakan dan Manfaatnya

Niat Puasa Daud - Salah satu ibadah yang masuk dalam rukun islam ialah puasa. Secara istilah Puasa adalah menahan dari segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa mula dari fajar sampai dengan tenggelamnya matahari.

Ibadah puasa ada 2 macam, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib untuk orang islam itu dikerjakan pada bulan ramadhan.

Khusus untuk puasa sunnah, jumlahnya sangat banyak. Contohnya puasa senin kamis, arafah hingga puasa daud.

Dari sekian banyak jenis puasa tersebut, kali ini saya akan mengulas tentang puasa daud. Khususnya mengenai Niat Puasa Daud, Kutamaan dan Cara Melaksanakannya.

Seseorang yang ingin melaksankan puasa daud wajib mengetahui niatnya. Sebab niat menjadi landasan utama dalam melaksanakan semua jenis ibadah.



Niat Puasa Daud, Cara Melaksanakan dan Manfaatnya


Apa itu Puasa Daud?


Puasa Daud adalah sebuah puasa yang dilaksanakan dengan selang-seling. Maksudnya yaitu sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.

Seterusnya demikian sampai pada waktu yang tidak ditentukan. Yang membedakan puasa daud dengan puasa sunnah lainnya hanyalah terletak pada waktu pelaksanaanya yang selang-seling. Sedangkan selebihnya sama semua.

Hukum Puasa Daud


Puasa Daud termasuk dalam kategori puasa sunnah. Artinya adalah siapa saja yang mau melaksankannya maka akan memperoleh pahala. Sedangkan jika tidak melakukannya maka tida apa-apa.

Tidak ada keharusan bagi setiap muslim untuk melaksanakan puasa daud. Namun bagi mereka yang mau melaksankannya ini menjadi suatu keutamaan dan pahala tersendiri.

Pengalaman Puasa Daud bagi orang yang belum terbiasa memang terasa berat karena waktunya yang sehari puasa sehari tidak. Apalagi ketika pertama kali ingin menjalankannya.

Namun ketika kita sudah terbiasa menunaikannya maka akan terasa nikmat dan tubuh kita akan merasa seperti biasanya.

Dalil tentang Anjuran Puasa Daud


Ada banyak sekali dalil yang menjelaskan mengenai anjuran untuk melaksanakan Puasa Daud. Dengan dalil- dalil tersebut diharapkan akan menguatkan hati untuk melaksanakan puasa sunnah ini.
  • Hadits Riwayat Bukhori dan Muslim

لاَ صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ ، شَطْرَ الدَّهْرِ ، صِيَامُ يَوْمٍ ، وَإِفْطَارُ يَوْمٍ

Artinya : Tak ada sebuah puasa yang lebih afdhol daripada melaksankan puasa Daud. Puasa Daud berarti telah melaksanakan puasa selama separuh tahun lantaran sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa. (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Hadits Riwayat Bukhori, yang artinya: Artinya : "Sebaik-baiknya shalat yang berada di sisi Allah ialah shalatnya Nabi Daud ‘as. Dan sebaik-baiknya puasa yang berada di sisi Allah ialah puasa Daud. Nabi Daud dulu tidur ketika di pertengahan malam dan beliau melaukan shalat di sepertiga malamnya dan beliau tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yakni puasa yang dilakukan sehari dan tidak berpuasa di hari selanjutnya. (HR. Bukhari)

Dalam hadits tersebut secara jelas menerangkan bahwa puasa daud itu memiliki keutamaan yang sangat baik. Sebab dalam puasa sunnah ini mengandung berbagai macam manfaat.

Tata Cara Melaksanakan Puasa Daud


Cara melaksankan puasa daud ini sangat penting sekali untuk diketahui oleh mereka yang ingin menjalankannya. Sebab dengan mengetahui tata caranya akan menjadikan ibadanya menjadi sah dan sempurna.
  • Niat puasa daud. Niat ini wajib anda ucapkan saat akan melaksankan puasa daud. Dengan niat inilah yang merupakan salah satu penentu sah atau tidanya suatu ibadah. Berikut ini niatnya:

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةَ لِلّهِ تَعَالَى

Cara membacanya: Nawaitu Shouma Daawuda Sunnata Lillaahi Ta’aala

Artinya : Hamba niat berpuasa sunnah daud karena Allah Ta'ala
  • Lakukan puasa ini secara rutin dengan berselang-seling. Misalnya hari senin puasa, hari selasa tidak, rabu puasa, kamis tidak dan seterusnya.
  • Untuk pelaksanan teknisnya sama dengan puasa pada umumnya, yaitu meninggalkan semua hal yang dapat membatalkan puasa mulai dari fajar sampai tenggelamnya matahari.

Waktu yang Dilarang Melaksanakan Puasa Daud


Kendati dilakukan secara terus-menerus, namun ada beberapa tanggal khusus yang dilarang untuk melaksankan puasa daud.

Tanggal-tanggal tersebut adalah ketika hari raya idul fitri dan idul adha, tiga hari tasyrik yaitu tanggal 11, 12, 13 di bulan dzulhijjah.

Ketika melaksankan puasa daud, usahakan anda menjauhi semua hal yang dapat membatalkan maupun mengurangi nilai pahala dari ibadah sunnah ini. Jaga panca indras dan hawa nafsu dari segala godaan yang datang.

Manfaat Melaksankan Puasa Daud


Melaksanakan puasa daud mempunyai banyak manfaat yang baik buat diri kita sendiri. Berikut ini beberapa manfaat puas daud:
  1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  2. Terhindar dari senang melaksanakan perbuatan maksiat
  3. Dapat menentramkan jiwa bagi orang yang menunaikannya
  4. Menjaga kesehatan tubuh, karena dengan berpuasa lambung kita akan mempunyai waktu untuk beristirahat sehingga badan kita akan senantiasa sehat
  5. Dapat menambah kecerdasan.  Hal ini sangat diyakini oleh para santri yang sedang menimba ilmu di pesantren
  6. Menumbuhkan akhlakul karimah karena terbiasa menjaga panca indra maupun syahwat dari perbuatan tercela
  7. Meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah
Demikian informasi mengenai Niat Puasa Daud, Cara Melaksanakan dan Manfaatnya yang bisa saya sampaikan kepada anda semua. Silahkan mencoba untuk menjalankannya.
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Niat Puasa Daud, Cara Melaksanakan dan Manfaatnya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *