Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholawat Badawiyah Kubro / Sholawat Nuraniyah / Sholawat al Qabdlah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Shalawat Nuraniyah atau Shalawat Badawi Kubra atau Shalawat Syajarah al-Ashl an-Nuraniyyah merupakan salah satu shalawat agung milik Quthb al-Aqthab Sayyidi Asy-Syaikh Al-Imam Ahmad Al-Badawi Radhiyallahu 'Anhu.


Sholawat Badawiyah Kubro / Sholawat Nuraniyah / Sholawat al Qabdlah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Berikut ini teks Shalawat Nuraniyyah selengkapnya :

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدُنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ شَجَرَةِ الأَصْلِ النُّورَانِيَّةِ وَلَمْعَةِ الْقَبْضَةِ الرَّحْمَانِيَّةِ وَأَفْضَلِ الْخَلِيقَةِ الإِنْسَانِيَّةِ وَأَشْرِفِ الصُّورَةِ الْجِسْمَانِيَّةِ وَمَعْدِنِ الأَسْرَارِ الرَّبَّانِيَّةِ وَخَزَائِنِ الْعُلُومِ الإِصْطِفَائِيَّةِ صَاحِبِ الْقَبْضَةِ الأَصْلِيَّةِ وَالْبَهْجَةِ السَّنِيَّةِ وَالرُّتْبَةِ الْعَلِيَّةِ مَنِ انْدَرَجِتِ النَّبِيُّون تَحْتَ لِوَائِهِ فَهُمْ مِنْهُ وَإِلَيْهِ وَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلِيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ مَا خَلَقْتَ وَرَزَقْتَ وَأَمَتَّ وَأَحْيَيْتَ إِلَى يَوْمِ تَبْعَثُ مَنْ أَفْنَيْتَ وَسَلِّمْ تَسْلِيماً كَثِيراً وَالْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِينَ


Allahumma Shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa wa maulana Muhammadin Syajaratil Ashl an-Nuraniyyah wa lam'atil qabdhatir rahmaaniyyah wa afdhalil Khaliiqatil insaaniyyah wa asyrafish shuuratil jismaaniyyah wa ba'dinil asraarir rabbaaniyyah wa khazaainil 'uluumil ishthifaaiyyah shaahibil qabdhatil ashliyyah wal bahjatis saniyyah war rutbatil 'aliyyah manin darajatin nabiyyuuna tahta liwaaihi fahum minhu wa ilahi wa shalli wa sallim wa baarik 'alaihi wa 'alaa aalihi wa shahbihi 'adada maa khalaqta warazaqta wa abatta wa ahyaita ilaa yaumi tab'atsu man afnaita wa sallim tasliiman katsiira wal hamdulillaahi Rabbil 'aalamiin.


Artinya :

"Ya Allah, bershalawatlah, bersalamlah, dan berkatilah sayyidina wa maulana Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, pohon sumber cahaya, kilatan sentuhan kasih sayang, seutama-utamanya manusia, semulia-mulianya bentuk jasad, tempat mendulang rahasia-rahasia ketuhanan, khazanah ilmu-ilmu pilihan, pemilik sentuhan universal, kebanggaan yang agung, derajat keudukan yang tinggi di mana para nabi bergabung di bawah benderanya, mereka bersumber darinya dan akan kembali (berlindung) kepadanya. Dan bershalawatlah, bersalamlah, dan berkatilah beliau, dan kepada keluarga dan para sahabat beliau sebanyak bilangan makhluk yang telah Engkau ciptakan, lalu engkau beri rizki, lalu Engkau matikan dan Engkau hidupkan hingga hari di mana Engkau membangkitkan kembali makhluk yang telah Engkau hancurkan, dan bersalamlah dengan salam yang sebenar-benarnya, dan Segala pujia bagi Allah Tuhan semesta alam."


Penjelasan dan Khasiat Shalawat Nuraniyyah


Dalam kitab Afdhalush Shalawat 'Alaa Sayyidis Saadaat karya ulama besar, Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani, dijelaskan mengenai keutamaan shalawat di atas, sebagai berikut :


أما الصلاة الأولى التي أولها اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا ومولانا محمد شجرة الأصل النورانية ولمعة القبضة الرحمانية إلى آخرها. فقد قال سيدي أحمد الصاوي ذكر بعضهم أنها تقرأ عقب كل صلاة سبعاً وأن كل مائة منها بثلاثة وثلاثين من دلائل الخيرات


Artinya :

"Adapun shalawat yang pertama yang diawali dengan kalimat "Allahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidina wa maulana Muhammad Syajaratil Ashlin Nuraniyyah wa lam'atil qabdhatir rahmaaniyyah dan seterusnya, maka mengenai shalawat ini Sayyidi as-Syaikh Ahmad Ash-Shawi telah mengatakan sebagai berikut, "Sebagian ulama telah menyebutkan bahwa shalawat ini dibaca sebanyak 7 x setiap kali selesai shalat, dan sesungguhnya setiap 100 x bacaan dari shalawat tersebut sebanding dengan 33 bacaan kitab shalawat Dalailul Khairat."


. وقال العلامة السيد أحمد بنزيني دحلان مفتي الشافعية بمكة المشرفة رحمه الله تعالى في مجموعة له ذكر فيها جملة صلوات على النبي صلى الله عليه وسلم وفوائدها ونبذة من التصوف ذكر كثير من العارفين أن الصلاة المنسوبة للقطب الكامل سيدي أحمد البدوي رضي الله عنه سبب لحصول كثير من الأنوار وانكشاف كثير من الأسرار


Artinya :

"Al-'Allamah As-Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, mufti Syafi'iyah di Makkah Musyarafah, rahimahullahu ta'ala, di dalam kitab Majmu'ah-nya telah menyebutkan sejumlah shalawat kepada kanjeng nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan faidah-faidahnya, dan tulisan-tulisan yang membahas tentang tasawwuf, menyatakan bahwa banyak di antara ulama ahli makrifat telah menegaskan bahwasanya shalawat yang dinisbatkan kepada al-Quthbil Kaamil Sayyidid As-Syaikh Ahmad al-Badawi Radhiyallahu 'Anhu merupakan sebab atau piranti untuk memperoleh banyak pencerahan dan tersingkapnya banyak asrar atau rahasia-rahasia ketuhanan."


وهي من أعظم الأسباب للاتصال بالنبي صلى الله عليه وسلم في المنام واليقظة وهي سبب في وصول كثير إلى مرتبة القطبانية وفيها أسرار في تسهيل الرزق الظاهري وهو رزق الأشباح والباطني وهو رزق الأرواح أعني العلوم والمعارف وبها يحصل النصر على النفس والشيطان وسائر الأعداء ولها خواص كثيرة لا تعد ولا تحصى وذكروا أن قراءة ثلاث مرات منها بقراءة دلائل الخيرات


Artinya : 

"Shalawat Nuraniyah di atas merupakan di antara sekian shalawat yang bisa menjadi penyebab utama untuk berjumpa dengan kanjeng nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam di dalam mimpi dan dalam keadaan sadar atau terjaga. Dan shalawat Nuraniyah ini menjadi sebab pula dalam kaitannya sebagai tangga yang telah dijadikan alat menapak orang-orang yang sampai pada derajat quthub. Dan di dalamnya terkandung asrar atau rahasia-rahasia untuk mempermudah rizki materi, rizki bathin, yaitu rizki spriitual, ilmu-ilmu dan makrifat yang dengan ilmu itu kita dapat mengalahkan nafsu, syaithan, dan seluruh musuh, dan shalawat Nuraniyah memiliki khasiat yang banyak sekali yang tidak dapat dihitung jumlahnya. Sebagian ulama menyebutkan bahwasanya membaca shalawat Nuraniyah sebanyak 3 kali sama nilainya dengan membaca satu kali kitab Dalail al-Khairat."


وينبغي لقارئها أن يكون في وقت قراءتها مستحضراً لأنوار النبي صلى الله عليه وسلم وعظمته في قلبه وأنه السبب الأعظم في وصول كل خير والواسطة العظمى والنور الأعظم ولا يقرؤها الشخص إلا وهو متطهر فمن واظب على قراءتها بهذه الشروط كل يوم مائة مرة واستمر على ذلك أربعين يوماً مع الاستقامة يحصل له من الأنوار والخير ما لا يعلم قدره إلا الله تعالى ومن واظب على قراءتها كل يوم ثلاث مرات بعد صلاة الصبح وثلاثاً بعد المغرب يرى لها أسراراً كثيرة والله الموفق للصواب


Artinya :

"Seyogyanya bagi orang yang mengamalkannya mampu menghadirkan cahaya-cahaya dan keagungan kanjeng nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam di dalam qalbunya, memikirkan bahwasanya beliau merupakan as-sabab al-a'dzam dalam mencapai setiap kebaikan sert perantara dan nur agung. Dan janganlah membacanya kecuali dalam keadaan suci lahir batin. Barangsiapa yang mendawamkan atau mengistiqamahkan diri untuk mengamalkannya dengan menetapi persyaratan ini setiap hari sebanyak 100 kali dan ia lakukan selama 40 hari secara istiqamah terus-menerus, maka dengan izin Allah ia akan mendapakan cahaya-cahaya dan kebaikan-kebaikan yang ia sendiri tidak akan mampu mengetahui nilainya kecuali hanya Allah t'ala semata, dan barangsiapa yang bersedia senantiasa mengamalkannya secara istiqamah setiap hari sebanyak 3 kali setelah shalat subuh, dan 3 kali setelah shalat maghrib, maka ia akan melihat asrar atau rahasia-rahasia yang melimpah ruah. Wallaahul Muwafiq Lish Shawab." .


Demikianlah diantara penjelasan yang dapat kami sajikan mengenai keutamaan shalawat milik Sayyidi Syaikh Ahmad al-Badawi Radhiyallahu 'Anhu ini. Seutuhnya kami sajikan dengan merujuk pada kitab Afdhalush Shalawat 'Alaa Sayyidis Saadaat. Semoga apa yang kami bagikan ini, walaupun sedikit, dapat bermanfaat bagi para sahabat tercinta. aamiin aamiin aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.


Sumber: Kitab Afdhalush Shalawat 'Alaa Sayyidis Saadaat.


Dikenal juga sebagai Shalawat al Qabdlah


Catatan dan cara :


1. Untuk mendapatkan apa yang dicita-citakan.

Puasa sunah 3 hari, dimulai hari selasa, rabu dan kamis. Selama puasa sholawat dibaca 21 kali setiap ba`da sholat. Ba`da puasa bacalah secara istiqomah 7 kali setiap ba`da sholat. Insya Allah apa yang dicita-citakan akan dapat diraih. 

(Riwayat Salafush Sholih)


2. Untuk bertemu dengan Nabi Muhammad ﷺ

Sebagian ulama mengatakan : barang siapa setiap hari membaca sholawat ini secara istiqomah selama 40 hari maka akan datang padanya keajaiban Nur Allah SWT, dan kebaikan yang tak ada yang tahu ukurannya kecuali Allah SWT. Stelah itu dibaca terus setiap hari 3 kali ba`da shubuh dan maghrib.

(Riwayat Salafush Sholih)


3. Untuk mendapatkan Hajat.

Al-Mukarom KH. Hanifun Nusuk (Gus Nif), Pekalongan mengatakan bahwa sholawat ini mempunyai asror yang luar biasa dan keras. Untuk semua hajat, sebagai senjata pamungkas dari serangan dhahir dan bathin. Jika untuk mendapatkan hajat maka bacalah selama 3 hari ba`da shubuh setelah salam sebelum berkata-kata sebanyak 100 kali. Tidak diragukan lagi hajat itu akan terkabul. Bi idznillah Insya Allah.

(Ijazah : KH. Hanifun Nusuk, Pekalongan)


4. Untuk Menghindari Cobaan yang Hina

Didawamkan rutin setiap ba’da maghrib 3x, Insya Allah tidak akan menghadapi cobaan yang menghinakan, seperti turun karier, jabatan dan derajatnya. 

(Ijazah : Al-Maghfurlah KH. Kholil Bisri, Rembang)


5. Agar Mudah Dikabulkan Hajat

Jika dibaca setiap mengakhiri bilangan seratus dari bacaan sholawat sebelumnya (Sholawat Nurul Anwar), dalam jangka waktu 41 hari, apa yang dihajatkan misalnya kenaikan pangkat dan lain-lain akan terkabulkan dengan izin Allah.

(Ijazah : Al-Maghfurlah KH. Kholil Bisri, Rembang)


6. Memperoleh Berkah Dalam Hidup

Sebaiknya dibaca sekali setiap selesai sholat maghrib dan shubuh secara rutin, untuk memperoleh berkah dalam hidup.

(Ijazah : Al-Maghfurlah KH. Kholil Bisri, Rembang)


7. Agar Mudah Menikah atau Ingin Punya Rumah

Bagi pembaca yang mengalami persoalan-persoalan yang rumit/hajat besar seperti ingin menikah tapi belum ada biaya, pengen punya rumah atau apapun itu yang menurut pembaca sulit sekali untuk diraih, dicoba saja untuk membaca shalawat ini 500 kali dalam satu majlis dan dalam keadaan suci dari hadast. Niscaya hajatnya itu akan kesampaian!

(Ijazah : Al-Maghfurlah KH. Kholil Bisri, Rembang)


8. Mengembalikan Harta yang Dirampok atau Kemalingan

Jika anda dirampok/kemalingan, pembaca bacakan sholawat ini 1111 kali, Insya Allah jika tidak dikembalikan maka perampok/maling itu akan mendapat malapetaka.

(Ijazah : KH. Ahmad Zainuri Rosyid, Kendal)


9. Ingin Membeli Tanah atau Rumah

Bagi anda yang ingin membeli sesuatu misalnya sawah, tanah atau rumah orang lain, supaya dikasih harga murah. Sholawat ini diwiridkan 11 kali ba’da sholat fardhu. Insya Allah, anda akan diberi harga murah meriah. 

(Ijazah : KH. Ahmad Zainuri Rosyid, Kendal)


10. Nahi Munkar atau Mengusir Kemaksiatan

Untuk mengusir perkumpulan maksiat di desa/kampung yang sering dipakai untuk minuman keras, judi atau apasaja yang haram, coba bacakan di air sebanyak 1000 kali setelah selesai, air itu disiramkan ketempat biasa yang sering dipakai untuk berkumpul mereka yang maksiat. Insya Allah bubar.

(Ijazah : KH. Ahmad Zainuri Rosyid, Kendal)


11. Mendapat Pahala Setara Bacaan Dalailul Khoirat

Siapa yang membaca Sholawat Badawiyyah 3 x (Subuh & Maghrib), maka akan mendapatkan pahala seperti pahalanya membaca "Dalaailul Khoirot" sampai khatam.

(Menurut hadrah al 'arif billah Al Habib Sayid "Ali ibn "Abdirrohman Al Habsyi dalam kitab Fadhilatus Shalawat). 

(Ijazah Abah Mawlana al-Habib Luthfi bin Ali bin Yahya)


Fadhilah Lain

  • Bacalah Sholawat ini 1 kali / 3 kali tiap selesai sholat fardhu serta dibaca 7 kali setiap mau tidur.
  • Para Arifbillah menganjurkan membaca Shalawat ini 3 kali setiap setelah sholat Subuh dan sholat Maghrib. Terutama para tokoh thariqoh Syadziliyah dan Allawiyah


Fadhilahnya :

  • Terhindar dari sihir dan dari segala kejahatan lahir dan batin.
  • Kerezekian
  • Mendapat cahaya batin dan terbuka beberapa rahasia yang ghoib.


Perhatian ! Sholawat ini besar sekali pengaruhnya, bukan sekedar biasa. Sebaiknya dijadikan wiridan rutin.


Sholawat ini juga dapat untuk melunturkan sihir/guna-guna dengan cara dibaca di air 41 kali kemudian diminumkan dan dimandikan kepada yang terkena sihir/guna-guna itu.


Sekilas tentang As-Sayyid Ahmad Al-Badawi Al-Huseini Radhiyallahu 'Anhu


Sholawat ini diciptakan oleh seorang Wali Agung bernama As-Sayyid Al-Quthb Al-Kamil As-Syaikh Ahmad Al-Badawi Al-Huseini R.a, seorang dari keturunan Rasulullah ﷺ. Oleh para sufi beliau dijuluki Permata Cemerlang dari Perbendaharaan Ahlul Bayt.Ia bertugas sebagai guru dan pendakwah dikalangan petani didaerah pedalaman.


Syaikh Ahmad Badawi keturunan Rasulullah ﷺ melalui sayyidina Husein RA. Pihak ibunya juga keturunan Rasulullah ﷺ. Nenek dari pihak ibunya adalah keturunan raja yang pernah memerintah maroko.Waliyullah yang dilahirkan pada 596 H di Fez, Maroko ini meninggal dunia pada Selasa 12 Rabiul Awal 675 H dalam usia 79 tahun di kota Tantha atau Tanandhita. Dia Wali Allah yang sangat terkenal, setiap hari makamnya senantiasa dikunjungi ribuan peziarah yang datang dari berbagai penjuru kota dan desa dengan berbagai niat dan hajat.


Berwasilah dengan beliau, Insya Allah dikabulkan, karena Allah sangat memuliakan walinya ini. Popularitasnya sangat tinggi dimata para sufi, beliau pendiri tarekat Al-Ahmadiyah atau yang dikenal juga sebagai tarekat Al-Badawiyah. Syekh Ahmad Badawi menerima ijazah tarekat dari Syaikh Al-Birri. Beliau tak pernah mengarang sembarang kitab. Kitabnya Cuma ada satu, itupun tulisan salah satu muridnya dari dikte-an syekh Ahmad Badawi.


Kitab ini sampai sekarang masih tersimpan dimasjidnya di Tantha. Sepanjang hidupnya beliau terkenal memiliki banyak karomah. Diantara amalan syaikh Ahmad Badawi yang masih populer dan diamalkan umat islam diseluruh dunia adalah Shalawat An-Nur dan shalawat Al-Qabdlah yang dikenal juga sebagai shalawat Ar-Ra`isiyyah.Beliau juga meninggalkan beberapa hizib atau rangkaian doa ringkas yang diamalkan oleh pengikut tarekat Al-Ahmadiyyah Badawiyyah pada waktu shubuh dan pada waktu Isya`.

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Sholawat Badawiyah Kubro / Sholawat Nuraniyah / Sholawat al Qabdlah Lengkap Arab Latin dan Artinya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *