0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

(Download PDF) Sholawat Dalailul Khoirot - Terjemah Dalailul Khairot Lengkap Arab - Indonesia

(Download PDF) Sholawat Dalailul Khoirot - Terjemah Dalailul Khairot Lengkap Arab - Indonesia
Terjemah Sholawat Dalailul Khairot Lengkap Arab - Indonesia

Salah satu kitab sholawat yang masyhur ialah Dalail Khairot. Kata Asy-Syeikh Abdullah as-Siddiq al-Gumhari, dua kitab yang paling mahsyur dibaca selain al-Qur'an dan Hadist ialah Matan al-Ajrumiyyah dan Dalail Khairot. Kedua kitab ini dibaca oleh orang awam dan khowwas. Pada zaman dahulu, manusia berhimpun membaca kitab Dalail ini. Ada raja yang menulis kitab ini dengan tinta emas dan mengarahkan rakyatnya membaca dan beramal dengan kitab ini.

Tentang sanad dalam ijazah kitab ini, ahli sufi lebih menggemari dihubungkan kepada sanad yang panjang. Bagi mereka semakin panjang sanad, semakin barokah hubungan dengan rantai sanad itu karena mereka dihubungkan dengan banyak periwayat yang alim. Sementara bagi ahli hadits, mereka cenderung kepada sanad yang pendek karena sanad tersebut lebih diyakini.


Pengarang Kitab

Kitab Dalailul Khoirot dikarang oleh Syaikh Muhammad Sulaiman Al-Jazuli Ra. Beliau dilahirkan di Maroko, Afrika. Wafat diwaktu sedang sholat subuh pada sujud yang kedua dalam rokaat awal pada tanggal 16 Robi'ul Awal tahun 870 H.

Dimakamkan di Suwas kemudian dipindah ke marokis, setelah 77 tahun lamanya dibongkar kuburanya, ternyata badanya tidak tertimbun tanah dan masih utuh baru persis seperti ketika disemayamkan. Dan masih terlihat baru potongan rambut kepala dan jenggotnya karena dulu sebelum wafat baru saja potong rambut. Bahkan salah satu orang yang hadir ada yang meletakkan jarinya pada wajah beliau lalu darah yang ada dibawah jarinya terasa tertahan. Setelah jarinya di angkat darahnya kembali lagi seperti orang hidup.


Asal-Usul Kitab Dalailul Khoirot

Sholawat Dalailul Khoirot

Adapun sababiyah beliau mengarang kitab Sholawat Dalailul Khoirot; pernah beliau pada waktu masuk waktu sholat akan mengambil air wudhu tidak menemukan alat untuk mengambil air dari sumur kemudian ada seorang anak perempuan kecil datang lalu ia bertanya: siapa kamu? kamu itu orang baik-baik kok kebingungan mencari air bagaimana?

Lalu anak itu meludah kesumur, seketika air yang ada di sumur itu naik ke atas dengan sendirinya.

Setelah selesai berwudlu beliau bertanya: sebab apa engkau memperoleh karomah ini? Jawabnya: karena aku SELALU MEMPERBANYAK MEMBACA SOLAWAT NABI SAW.

Kemudian beliau bersumpah akan mengarang kitab yang berisi sholawat. Akhirnya setelah beliau melakukan Riyadloh dan uzlah selama 41 tahun, maka beliau dapat menyusun kitab Dalailul Khoirot ini.


Puasa Dalailul Khoirot

Dala’il al-Khairat dengan puasa adalah dua ritual yang berbeda. Dala’il al-Khairat merupakan rangkaian dzikir shalawat, sementara puasa adalah cara tazkiyah an-nafsi (menyucikan jiwa). Dan dua konsep ini diintegrasikan dalam laku puasa Dala’il al-Khairat.

Konsepsi puasa Dala’il al-Khairat yang disajikan secara integral, antara wirid, sholawat dan puasa itu secara sendirinya menjadi ‘menu’ ritual yang efektif bagi internalisasi pendidikan moral. Pengamal puasa Dala’il al-Khairat menjalani ritual yang memiliki atsar (dampak) yang positif. Lisan dan hatinya berzikir, badannya berpuasa.

Selain itu, dengan puasa Dalail, seseorang akan terbiasa hidup dengan keteraturan, berbuka sahur dan kontinuitas wirid shalawat. Dan juga akan menginspirasi kepedulian sosial, sebab sebuah lingkungan yang mentradisikan puasa dengan sendirinya akan tercipta toleransi yang sinergis antar individu.

Pun dengan puasa Dala’il al-Khairat, seseorang akan lebih mudah untuk menahan hawa nafsunya. Sebab setan sebagai promotor utama hawa nafsu menggoda manusia melalui syahwat-syahwat duniawi, dan syahwat akan semakin besar jika diberi asupan makanan.


Keutamaan Membaca Dalailul Khoirot

Didalam Dalailul Khoirot itu memuat beberapa Sholawat Nabi yang sudah mashur dan sudah mujarrob untuk wasilah demi menghasilkan bermacam-macam hajat (Kebutuhan), dapat menghilangkan berbagai macam kegelisahan dan kesusahan, dapat menolak berbagai macam balak atau mala petaka baik balak Dunia maupun balak Akherat, dapat menjadikan kebaikan-kebaikan di Dunia dan Alkerat, dapat memperbanyak Nur (Cahaya) besok pada hari Qiyamat, karena begitu besar faidah-faidah sholawat Dalailul Khoirot maka hendaknya bagi para Mukminin Mukminat mengamalkan Wirid dalailul Khoirot atau Manaqib ini.

Sebagian orang Sholeh mengatakan "Barang Siapa ingin dapat naik haji, maka bacalah Dalailul Khoirot hingga khatam dsalam satu majlis (tempat duduk) selama 40 hari, kemusian mintalah hajatnya diantara lafadz (يا رب dan يا الله), yang berkumpul dalam wirid hari senen maka Insya Alloh berhasil maksud dan tujuanya."


Terjemah Dalailul Khairot Arab-Indonesia

Terjemah Dalailul Khairot Lengkap Arab - Indonesia

Terjemahan kitab Dalailul Khairat sebuah kitab berbahasa Arab yang berisikan Shalawat, karya seorang Waliyullah Agung bernama Imam Abu Abdullah Muhammad bin Sulaiman Al Jazuli Ra.

Diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia dengan Judul Petunjuk Cara Memperoleh Syafaat Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi wa Sallam lengkap dengan teks arab nya dan juga terjemahan serta fadhilahnya.


Download Terjemah Kitab Dalailul Khoirot

Terjemah Dalailul Khoirot.pdf 54,97 MB

Semoga kita mendapatkan barokah, nur, asror, ilmu akhlak beliau Allohumma Aamiiin. Lahul Fatihah...

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: (Download PDF) Sholawat Dalailul Khoirot - Terjemah Dalailul Khairot Lengkap Arab - Indonesia, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".