0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Sholawat Tibil Qulub, Nuril Abshor atau Sholawat Syifa Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sholawat Nuril Abshor / Tibbil Qulub / Sholawat Syifa' untuk Kesembuhan Penyakit Lengkap Arab Latin dan Artinya

Salah satu sholawat yang istimewa dan memiliki banyak kautamaan adalah Sholawat Thibbil Qulub atau sering kita sebut sholawat syifa, bahkan juga dikenal dengan istilah sholawat nuril abshor.

Sebagaimana sholawat pada umumnya, yang jelas sholawat yang kita baca akan memberikan manfaat bagi pembacanya baik dunia maupu akhirat.

Sholawat Thibbil Qulub ini juga dikhususkan sebagai doa dan ikhtiar untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik penyakit lahir/badaniyah maupun batin/hati.


Keutamaan Sholawat Thibbil Qulub

Beberapa keutamaan sholawat thibbil qulub adalah:

  1. mengobati tubuh dari beberapa penyakit (memberikan kesehatan)
  2. Meringankan beban hati, badan dan pikiran
  3. Menyembuhkan dan mengobati hati dari sifat tercela dan kegundahan atau rasa was-was
  4. Memberi cahaya dan sinar bagi mata hati dan tentunya masih banyak lagi.

Teks Bacaan Sholawat Thibbil Qulub

Sholawat Nuril Abshor / Tibbil Qulub / Sholawat Syifa' untuk Kesembuhan Penyakit Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sholawat Thibbil Qulub Arab

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻃِﺐِّ ﺍﻟْﻘُﻠُﻮْﺏِ ﻭَﺩَﻭَﺍﺋِﻬَﺎ. ﻭَﻋَﺎﻓِﻴَﺔِ ﺍْﻷَﺑْﺪَﺍﻥِ ﻭَﺷِﻔَﺎﺋِﻬَﺎ. ﻭَﻧُﻮْﺭِ ﺍْﻷَﺑْﺼَﺎﺭِ ﻭَﺿِﻴَﺎﺋِﻬَﺎ. ﻭَﻗُﻮْﺕِ ﺍْﻷَﺭْﻭَﺍﺡِ ﻭَﻏِﺬَﺍﺋِﻬَﺎ. ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠِّﻢْ


Sholawat Thibbil Qulub Latin

Allahuma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaa-ihaa, wa‘aafiyatil abdaani wasyifaa-ihaa, wanuuril ab-shoori wadhiyaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihii wasaliim.


Terjemah Sholawat Thibbil Qulub

“Ya Allah... berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan barokah dan kesejahteraan”


Baca : Dua Macam Jenis Redaksi Sholawat Tibbil Qulub Menurut para Ulama

Keutamaan Sholawat Tibbil Qulub

Dibaca 400x, Penyakit Apapun Sembuh

Dalam kitab Sa’adatud Daroin fis Sholati ‘ala Sayyidil Kaunain, Syaikh Yusuf bin Ismail Annabhani menisbahkan salawat ini kepada Syaikh Abul Barakat Ahmad Addardir.

Disebutkan oleh Syaikh Ahmad Asshawi, dia berkata; “Apabila salawat Thibil Qulub dibaca sebanyak 400 kali atau 2000 kali dan diniatkan untuk orang sakit, maka dengan izin Allah, penyakit apapun akan sembuh.”

Adapun lafadz sholawat Thibbil Qulub ini adalah sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَقُوْتِ اْلأَرْوَاحِ وَغِذَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.

Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa ‘afiayatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa qutil arwahi wa ghiza-iha wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallim.

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, sebagai penyembuh semua hati dan menjadi obatnya, keafiatan badan dan kesembuhannya, cahaya segala penglihatan dan menjadi sinarnya, menjadi makanan pokok jiwa dan santapannya. Dan semoga terlimpahkan pula rahmat kepada keluarga dan sahabatnya, dan berilah keselamatan.”


Dibaca 300x, Menyembuhkan Buta

Diceritakan dalam kitab Majmu' kalam Al Habib Ahmad bin Hasan Al Atthos (Shohibul Huraidhoh) karya Asy Syekh Muhammad Ba Fadhol :

Ada seorang laki-laki mengadu kepada Al Habib Ahmad Al Atthos tentang penglihatannya yang lemah. Lalu beliau mengusap kedua mata laki-laki tersebut dan memerintahkan untuk memperbanyak membaca Sholawat Nuril Abshor (tibbil qulub). Beliau berkata: "Al Habib Muhammad bin Zein Ba'bud bercerita kepadaku, beliau berkata: "Penglihatanku mengalami gangguan lalu Aku mengadukan hal tersebut kepada Al Habib Sholih bin Abdullah Al Atthos, beliau mengusap kedua mataku dan berkata: "Bacalah sholawat kepada Nabi dengan redaksi ini (tibbil qulub) tiap hari 300 kali. Kemudian penglihatanku pulih seperti sedia kala."

Al Habib Ahmad berkata pula: "Al Habib Abu Bakar bin Abdullah Al Atthos telah memberi ijazah pula kepadaku sholawat tsb dan memerintahkan kepadaku untuk membacanya setiap selesai sholat maktubah (wajib) 3 kali."

Sholawat ini (menurut beliau) berasal dari Nabi Shalllallahu 'alaihi wa Aalihi wa Sallam.

(Kitab Al Mafaatihus Sa'aadat Hal. 23, karya Al Habib Abu Bakar bin Abdullah Al Atthos)


Pentingnya Membaca Sholawat

Membaca sholawat adalah salah satu bentuk kecintaan umat muslim kepada junjungannya Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam. Selain itu, umat islam juga berharap dengan memperbanyak sholawat, akan mendapatkan syafa’at dari Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam.

Sholawat ini biasa disebut dengan sholawat Thibbil Qulub atau penawar penyakit hati. Sholawat ini bisa dibaca ketika keadaan hati sedang tidak tenang baik resah maupun was-was.

Jika diamalkan dengan istiqomah, bukan hanya keresahan hati saja yang hilang atau sembuh, bahkan bisa juga menjadi penawar atau penyembuh penyakit yang menjangkit badan.


Sholawat Thibbil Qulub Menurut Para Ulama

Mengenai sholawat Thibbil Qulub, pernah dituturkan dalam kumpulan kalam al Habib Ahmad bin Hasan Al-Athos,

“Seseorang yang lemah pengelihatannya datang kepada abib Ahmad bin Hasan Al-Athos, dengan mengeluh, kemudian beliau mengusap kedua mata lelaki itu dan memerintahkannya untuk memperbanyak membaca sholawat Thibbil qulub/syifa’.”

Beliau juga berkata: Telah bercerita kepadaku al-Habib Muhammad bin Zein ba ‘abud,

beliau berkata : “Penglihatanku diambil, dan aku mengeluh atas keadaan itu kepada al-Habib sholeh bin ‘Abdillah al-‘Athos.

Kemudian beliau mengusap kedua mataku dan berkata : bacalah sholawat kepada nabi sholallohu ‘alaihi wa aalihi wassalam sebanyak 300 kali dengan kalimat ini :

“Allohumma sholi ‘alaa sayyidina Muhammadin thibbil quluubi wadawaa ihaa wa ‘aafiyatil abdaani wasifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dliyaa ihaa,wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wasalim.”

(Setelah aku lakukan itu), kemudian penglihatanku kembali seperti semula.

Kemudian Habib Ahmad berkata lagi: Habib Abu bakar bin Abdullah (Guru Habib Ali al-Habsy / sohibul maulid habsy) telah memberikan ijasah kepadaku dengan sholawat itu.

Beliau memerintahkan kepadaku untuk membacanya setiap selesai sholat maktubah sebanyak 3 kali. Dan sholawat ini dari nabi sholallohu ‘alaihi wa aalihi wasalam.

(Diambil dari kitab Mafaatihu as-sa’adaah fi sholawaat, al – Habib Abu Bakar bin abdulloh bin ‘alwi bin abdulloh bin tholib al-athos)

Dengan begitu terbukti sudah manfaat serta manjurnya sholawat Thibbil qulub atau sholawat syifa ini sebagai obat dari berbagai macam penyakit.


Tatacara membaca Sholawat Penyembuh Penyakit / Thibbil Qulub

Dalam kitab Dakhirot Al muhtaj fi As sholawat ‘ala Shohib Al liwa wa At taj dijelaskan,

قال بعض العلماء: أما عددها فهو يوميا مائة مرة صباحا بعد صلاة الفجر ومساء بعد صلاة العصر وقبل صلاة المغرب، ولها هى تأثير عجيب فى علاج أمراض القلب وكثير من الأمراض. أما الذى فى الاقواس بالنسب للعدد، فهو زيادة ومن قرأها سبع مرات على ماء كان له تأثير عجيب جدا ومجرب فى علاج كل الأمراض بإذن الله تعالى

Menurut sebagian para ulama: bilangan membaca sholawat ini sebanyak 100x dalam sehari. Bisa dibaca 100x di waktu pagi setelah sholat subuh, dibaca di waktu sore setelah sholat asar dan sebelum solat magrib.

Dan sholawat tersebut mempunyai pengaruh yang luar biasa di dalam menyembuhkan penyakit hati dan pelbagai penyakit lainnya.

Dan barang siapa yang membacanya sebanyak 7x kali dan meniupkannya ke dalam air, maka air tersebut mempunyai pengaruh yang sangat luar biasa di dalam menyembuhkan perlbagai penyakit dengan kehendak dan izin Allah Swt.”



Pada hakikatnya, yang menyembuhkan segala bentuk penyakit baik penyakit hati maupun badan adalah Allah Ta'ala.

Adapun dengan membaca sholawat ini, adalah bentuk wasilah kita kepada Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam, supaya Allah Ta'ala mengabulkan do’a keinginan kita dalam menyembuhkan segala penyakit yang menjangkit. Wallahu ‘alam.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Sholawat Tibil Qulub, Nuril Abshor atau Sholawat Syifa Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".