Ikuti Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Sholawat Munjiyah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Karomah Sholawat Munjiyat dan Sejarahnya
Sholawat Munjiyah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Munjiyat berasal dari bahasa Arab yaitu munziyat yang memiliki arti keselamatan. Sholawat munjiyat berisi bacaan do’a yang diamalkan dengan tujuan untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT. Selain itu, banyak juga karomah sholawat munjiyat lainnya yang bisa dirasakan di dalam kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya membaca sholawat tersebut sama halnya dengan berdo’a memohon perlindungan dan keselamatan di dunia maupun akhirat. Namun, yang membedakan adalah tujuan dari do’a tidak hanya untuk diri sendiri saja melainkan juga ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW.

Daftar Isi Artikel

Bacaan Sholawat Munjiyat

Allah SWT telah memerintahkan hamba-Nya untuk membaca sholawat. Salah satunya adalah sholawat munjiyat. Bacaan sholawat merupakan bentuk penghormatan kepada Nabi agung Muhammad SAW. Hal ini tercantum di dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi:
اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Berikut lafadz bacaan Sholawat Munjiyat lengkap arab dan latin beserta artinya, yang dikutip ari NU Online:
Sholawat Munjiyah
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Allahumma shalli ‘alaa Sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aali Sayyidina Muhammadin shalaatan tunjina biha min jami’il ahwali wal aafaat wa taqdhi lanaa biha jami’al haajat wa tuthahhiruna biha min jami’is sayyiaat wa tarfa’una biha ‘indaka a’lad darajat wa tuballighuna biha aqshal ghayat min jami’il khairati fil hayati wa ba’dal mamaat.
“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”


Karomah Sholawat Munjiyat

Mengabulkan Hajat

Barang siapa yang memiliki hajat baik di dunia atau di akhirat, apabila membaca sholawat munjiyat sebanyak 1000 kali di waktu malam hari maka hajatnya akan segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Mengabulkan Permintaan Hamba

Apabila sahabat muslim membaca sebanyak 500 kali maka akan dikabulkan hajat dan permintaannya, terutama bagi yang meminta kekayaaan maupun minta ingin segera diberi momongan atau keturunan.

Mengabulkan Semua Keinginan

Bagi orang yang membaca sholawat munjiyat sebanyak 100 kali di tengah malam, yaitu setelah melaksanakan sholat tahajud maka Allah SWT akan mengabulkan apa pun yang diinginkan.

Menjadikan Anak Sholeh dan Bermanfaat bagi Sesama

Jika diamalkan membaca sebanyak 41 kali ketika ada anak yang lahir maka insya Allah anak tersebut nantinya akan menjadi shaleh, taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Selain itu, sang anak juga akan berbakti, taat kepada orang tua, guru, bermanfaat bagi agama, nusa, bangsa dan negara.

Memudahkan Berbagai Urusan Hidup

Jika dibaca sebanyak 40 kali sesudah sholat wajib maka bisa mempermudah segala urusan, pekerjaan, menghilangkan berbagai macam kesusahan dan memperluas rezeki. Selain itu, juga dapat meninggikan derajat seseorang, menerangi hati, menolak musibah, bencana maupun marabahaya.

Mengabulkan Keinginan Mendesak

Sholawat munjiyat bisa mempercepat terkabulnya hajat dengan catatan harus sepenuhnya yakin. Caranya, setelah sholat wajib membaca 11 kali dan di tengah malam dirikanlah sholat hajat 2 rakaat. Lalu, membaca sholawat munjiyat 1000 kali. Amalan ini bisa dipraktekkan bagi yang sedang memiliki hajat mendesak seperti ingin segera mendapatkan jodoh.

Semakin Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Sholawat munjiyat jika diamalkan bisa membuat seorang hamba semakin dekat dengan Tuhannya. Selain itu, bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta dijauhkan dari berbagai macam keburukan, marabahaya, cobaan dan lain-lain.

Sholawat munjiyat juga dikenal sebagai do’a selamat. Artinya, jika sahabat muslim membacanya maka sama halnya sedang memohon keselamatan dari beragam musibah yang akan maupun sedang dialami.

Harapannya, Allah akan memberi jalan keluar terbaik dari segala permasalahan yang sedang menimpanya. Misalnya diberi kemudahan dalam menjalani hidup, diberi solusi atas kesulitan ekonomi yang dihadapi dan lain sebagainya.

Memuliakan Nabi Muhammad SAW

Sholawat secara bahasa merupakan kata jamak dari kata Sall yang artinya adalah do’a, keberkahan, kesejahteraan, kemuliaan dan ibadah. Sedangkan menurut istilah sholawat mempunyai arti pujian kepada Nabi Muhammad SAW.

Sarana untuk Meminta Syafa’at Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW dapat memberikan syafa’at besok di hari kiamat. Namun, tidak semua orang akan mendapatkannya sahabat muslim. Lalu, yang berhak mendapatkan syafaat adalah orang-orang yang banyak membaca sholawat kepada Nabi.


Fadlilah dan keutamaan Sholawat Munjiyah (Penyelamat)

Sholawat Munjiyat artinya shalawat penyelamat. Sholawat ini mengandung khasiat yang sangat besar dan sudah masyhur dan sudah pernah dipraktekkan oleh Syech Musa Al Dlarir. Beliau mendapat Sholawat itu dari Nabi saw, dalam mimpinya. Pada suatu hari Syech Musa pergi naik kapal bersama orang banyak tiba-tiba ada angin yang hebat hingga kapal nyaris tenggelam karena diterpa ombak yang begitu dasyat. Para awak kapal dan penumpangnya bingung dan berfikir bagaimana supaya dapat selamat. Dalam keadaan seperti itu Syech Musa terasa ngantuk berat sampai tidak bisa ditahan hingga tertidur, dalam tidurnya Syech Musa bertemu Nabi Saw. dan diberi amalan Sholawat Munjiyat dan berharap diajarkan kepada penunpang kapal untuk membaca 1000 kali. Setelah Syech Musa terjaga dari tidurnya menceritakan hal mimpinya kepada para penumpang kapal dan mengajari Sholawat tersebut. Kemudian secara bersama membaca Sholawat Munjiyat yang diajarkan tadi, belum sampai 1000 kali, baru kira-kira 300 kali karena pertolongan Allah, angin makin lama makin reda sehingga kapal tidak tenggelam dan penumpang di beri keselamatan oleh Allaw SWT, berkat fadlilah Sholawat Munjiyat.
  1. Dibaca 41 kali di saat lahirnya seorang anak, insya Allah anak itu kelak akan jadi orang besar lagi shaleh, tatat kepada Allah dan RasulNya, patuh kepada nasehat orang tua / guru serta menjadi anak yang berguna bagi agama nusa dan bangsa.
  2. Dibaca 40 kali setelah sholat fardlu, akan dapat menghilangkan kesusahan, mempermudah semua pekerjaan dan urusan, membuka dan meluaskan rezeki, menerangkan hati, meninggikan pangkat dan derajat, dan membuka pintu kebaikan dan dapat menolak atau menghindar bencana ,musibah dalam bentuk apa pun.
  3. Jika hajat anda ingin lekas di kabulkan, tapi syaratnya harus yakin banget, baca 11 kali setelah sholat fardlu dan pada tengah malamnya dirikan sholat hajat 2 rakaat, lalu baca Sholawat Munjiyat 1000 kali (ini cara pamungkasnya biar cepat di kabulkan) ini cocok untuk hajat yang yang sangat mendesak dan urgen misalnya ingin dapat jodoh atau yang lainnya.

Sejarah Turunnya Sholawat Munjiyat

Sholawat munjiyat asal mulanya dari Syeikh Musa Al-Darir yang saat itu melakukan perjalanan menggunakan kapal laut. Suatu hari, Syeikh Musa diterjang ombak dan angin yang cukup besar. Para penumpang kapal sangat panik sembari memikirkan cara bagaimana agar semua orang selamat.

Pada waktu yang bersamaan, Syeikh Musa merasa mengantuk yang sangat hebat hingga tidak mampu menahannya. Akhirnya, beliau tertidur dan di dalam tidurnya beliau mimpi bertemu dengan Rasulullah.

Di dalam mimpi tersebut, Syeikh Musa mendapat perintah untuk mengamalkan sholawat munjiyat dan diminta untuk mengajarkannya kepada seluruh penumpang. Tidak lama kemudian, Syeikh Musa terbangun dan menceritakan mimpinya.

Syeikh Musa kemudian mengajarkan bacaan sholawat tersebut. Para penumpang pun secara bersama-sama membacanya sebanyak 1000 kali. Atas kehendak dan kuasa Allah SWT, sebelum selesai membaca 1000 kali, baru sekitar 300 kali angin dan ombak besar yang menerjang reda.


Sahabat yang dimuliakan oleh Allah, banyak sekali karomah sholawat munjiyat yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Yuk, mulai sekarang ajak teman, saudara dan keluarga untuk mengamalkan bacaan sholawat munjiyat agar selalu diberi keselamatan di dunia dan akhirat serta terhindar dari musibah maupun kesusahan hidup.

Posting Komentar