Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholat Sunnah ketika Singgah di Suatu Tempat

Sholat Sunnah ketika Singgah di Suatu Tempat

Disunnahkan bagi seseorang yang mengunjungi suatu tempat yang baru saja dikunjungi untuk mengerjakan salat 2 rakaat di tempat tersebut. Misalnya berkunjung ke suatu negara lain, kota lain atau desa lain yang belum pernah kita datangi. Ketika sampai di tempat tersebut kita dianjurkan untuk mengerjakan salat sunnah 2 rakaat terlebih dahulu.


Imam Zakariya al-Anshari rahimahullah (w. 926 H) seorang ulama besar mazhab Syafi’i mengatakan, “Diantara salat sunnah adalah jika masuk ke suatu tempat yang di situ Allah SWT tidak disembah seperti negara kafir maka disunnahkan untuk jangan keluar sebelum salat 2 rakaat. Begitu juga jika melewati suatu tempat yang belum pernah dia datangi disunnahkan juga shalat 2 rakaat disitu”.


Syaikh Nawawi al-Bantani rahimahullah (w. 1316 H) juga mengatakan hal yang sama dalam kitabnya Nihayatu az-Zain: “Disunnahkan salat 2 rakaat saat sampai di suatu tempat yang belum pernah dikunjungi sama sekali, atau di tempat yang di situ Allah SWT tidak disembah”.

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Sholat Sunnah ketika Singgah di Suatu Tempat"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *