0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Doa dan Dzikir Hari Asyuro 10 Muharrom Lengkap Arab Latin dan Artinya

Bacaan Doa serta Dzikir Asyura (10 Muharram) Lengkap Arab Latin dan Artinya
Doa dan Dzikir Hari Asyuro

Sahabat kaum muslimin yang dimuliakan Alloh, Alhamdulillah kita semua bisa berjumpa dengan salah satu bulan mulia yang termasuk dalam kategori al-Syahru al Hurum yaitu Bulan Muharrom. Bulan ini merupakan bulan pertama dalam perhitungan tahun hijriyah. Pada bulan Muharrom Alloh telah menurunkan beragam kemuliyaan kepada kaum muslimin.

Maka dari itu, saat bulan Muharrom tiba, umat islam dianjurkan untuk membaca doa akhir dan awal tahun, puasa sunnah hingga memperbanyak sedekah. Khusus pada bulan Muharrom terdapat istilah Yaumul ‘Asri / Yaumil ‘Asyuro yang secara bahasa berarti hari kesepuluh di bulan Muharrom. Di hari ini umat islam disunnahkan untuk membaca Doa Asyuro.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan ada pendapat yang mengatakan pada tanggal 10 Muharrom, Alloh telah memberi kemuliyaan kepada para Nabinya. Adapun para Nabi yang mendapat kemuliaan pada tanggal 10 Muharrom adalah sebagai berikut:


10 Nabi yang Mendapat Kemuliaan 10 Muharrom

  1. Alloh telah menerima taubatnya Nabi Adam as.
  2. Alloh telah mengangkat Nabi Idris as. ke tempat yang mulia.
  3. Alloh telah menyelamat Nabi Nuh as. dan kaumnya dari banjir bandang.
  4. Alloh telah menyelamatkan Nabi Ibrohim atas api yang membara dari pembakaran Raja Namrudz, kemudian diangkat menjadi Kholilulloh (kekasih Alloh).
  5. Alloh telah menerimanya taubatnya Nabi Dawud as.
  6. Alloh telah menyelamatkan Nabi Musa as. dan umatnya dari kejaran Raja Fir’un. Pada hari itu juga Fir’aun ditelenggelamkan Alloh ke dalam laut merah.
  7. Alloh telah menyelamatkan Nabi Yunus as. dan mengeluarkanya dari perut ikan.
  8. Alloh telah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman as.
  9. Alloh telah mengangkat Nabi Isa ke langit.
  10. Alloh memberikan jaminan pengampunan pada Nabi Muhammad SAW baik yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi.

Maka dari itu, agar kita diberi kemuliaan oleh Alloh SWT kita disunnahkan membaca Doa Asyuro. Berikut ini lafadz Bacaan Doa Asyuro beserta artinya:

Doa Yaumil Asyuro

Bacaan Doa Asyura (10 Muharram) Lengkap Arab Latin dan Artinya
Doa Yaumil Asyuro

Teks Arab Doa Yaumul Asyuro

اَللّٰهُمَّ يَامُفَرِّجَ كُلِّ كَرْبٍ وَيَامُخْرِجَ ذِى النُّوْنِ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاجَامِعَ شَمْلِ يَعْقُوْبَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاغَافِرَذَنْبِ دَاوُدَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَا كَاشِفَ ضُرِّ اَيُّوْبَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاسَامِعَ دَعْوَةِ مُوْسٰى وَهَارُوْنَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاخَالِقَ رُوْحِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ

وَيَارَحْمٰنَ الدُّنْيَا وَاْلاٰخِرَةِ وَاَطِلْ عُمْرِيْ فِيْ طَاعِتِكَ وَمُحَبَّتِكَ وَرِضَاكَ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ وَاَحْيِنِيْ حَيَاةً طَيِّبَةً وَّتَوَفَّنِيْ عَلَى اْلاِسْلَامِ وَاْلاِيْمَانِ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُلِلّٰهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ


Teks Latin Doa Yaumul Asyuro

Alloomumma yaa mufarrija kulli karbin, wa yaa mukhrija dhinuuni yauma ngasyuuroo-a, wa yaa jaamimha syamsil Ya'quuba yauma ngasyuuroo-a, wa yaa ghofiiro zhambi Daawuuda yauma ngasyuuroo-a, wa yaa kaasyifa dhurri Ayyuuba yauma ngasyuuroo-a, wa yaa saaminga da'wati Muusaa wa Haaruuna yauma ngasyuuroo-a, wa yaa khooliqo ruuhi Muhammadin shollalloohu ngalaihi wa sallama yauma ngasyuuroo-a.

Yaa rohmaanad dun-yaa wal aakhiroh, wa atil ngumrii fii thoongatika wa mahabbatika wa ridhoka ya arhamar roohimiin, wa ahyinii hayaatan thoyyibataw wa tawaffanii ngalal islaami wal iimaani yaa arhamar roohimiin.

Wa shollalloohu ngalaa sayyidinaa Muhammadiw wa ngalaa aalihii wa shohbihii wa sallam, wal-hamdu lillaahi robbil ngaalamiin.


Terjemah Doa Yaumul Asyuro

"Ya Alloh, wahai Yang memberikan jalan keluar dari segala kesusahan, wahai Yang mengeluarkan Dzun Nun pada hari Asyuro, wahai Yang menghimpun semua keturunan Ya’qub pada hari Asyuro, wahai Yang mengampuni dosa Daud pada hari Asyuro, wahai Yang melengkapkan penyakit Ayyub pada hari Asyuro, wahai Yang mendengar seruan Musa dan Harun pada hari Asyuro, wahai Yang menciptakan ruh Muhammad SAW pada hari Asyuro.

Wahai Yang Maha Pemurah di dunia dan di akhirat, panjangkanlah usiaku dalam taat kepada-Mu, mencintai-Mu dan mendapat ridho-Mu wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang. Hidupkanlah pula aku dalam kehidupan yang baik dan wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan iman. Wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang.

Dan semoga Alloh melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, dan segala puji bagi Alloh Tuhan semesta alam."


Bacaan Doa Asyura Beserta Artinya ini disunnahkan untuk dibaca pada malam tanggal 10 Muharrom. Cara boleh dilakukan secara sendiri-sendiri, namun alangkah baiknya dibaca secara berjamaah di mushola atau masjid. Dianjurkan dalam membaca doa ini diulang sebanyak 3 kali.


Kesunahan 10 Muharrom (Keutamaan Hari Asyuro)

Amalan-amalan pada malam Asyuro dan pada siang harinya agar hidup makmur dan panjang umur.

Puasa Sunnah

Fadilahnya: Diberi pahala 10 ribu ibadah Malaikat, 10 ribu pahala orang yang mati syahid, 10 ribu pahala ibadah haji dan umrah, dihapus dosa setahun yang telah lampau, diberi pahala puasa setahun, dihapus dosa 60 tahun dan ditulis ibadah 60 tahun siangnya berpuasa malamnya beribadah.

Disunnahkan puasa pada 10 Muharrom. Afdholnya dari tanggal 9 - 10 atau 10 - 11 bulan Muharrom.

Baca : Niat Puasa Sunnah Asyura


Sholat Sunnah

Melaksanakan Sholat Sunnah Asyuro sebanyak 4 rokaat 1x salam. Bacaan tiap rokaat setelah Fatihah membaca Surat Al-Ikhlas 50x.

Sholat boleh dilaksanakan ketika solat dhuha atau niat solat sunnah mutlaq.

Fadilahnya: Dihapus dosa 50 tahun yang telah lampau, 50 tahun yang akan datang dan dibina seribu istana terbuat dari cahaya.

Baca : Niat Sholat Sunnah Asyuro


Bersilaturrohim

Fadilahnya: Panjang umur dan luas rezeki.


Mengunjungi Alim Ulama

Baik yang masih hidup atau sudah meninggal.

Fadilahnya: Diberi pahala ibadah 70 tahun.


Menjenguk Orang Sakit

Fadilahnya: Seakan-akan menziarahi seluruh keturunan Nabi Adam as.


Memakai Celak

Fadilahnya: Selama setahun dijaga dari penyakit mata.


Mengusap Kepala Anak Yatim dan Menyantuninya

Fadilahnya: Setiap 1 helai rambut 1 derajat di surga.


Bersedekah

Fadhilahnya:

  1. Sama dengan pahala sedekah setahun.
  2. Permohonannya dikabulkan.
  3. Bila memberi makan, maka seakan-akan ia telah memberi makan seluruh umat Nabi Muhammad hingga kenyang.
  4. Bila memberi minum, maka di hari kiamat tidak akan merasa haus selamanya dan seakan-akan ia tidak bermaksiat sekejap matapun.

Mandi sunnah

Fadhilahnya: Selama setahun tidak akan sakit, kecuali sakit menjelang kematian.

Baca : Niat Mandi Sunnah Asyuro


Menggembirakan Keluarga

Fadhilahnya: Alloh akan memperluas rezekinya selama setahun penuh.


Memotong Kuku

Ada 5 kesucian (fitroh):

  1. Mencukur bulu kemaluan.
  2. Khitan.
  3. Mencukur kumis.
  4. Mencabut bulu ketiak.
  5. Memotong kuku.

Baca Juga: Doa Memotong Kuku Beserta Adabnya Lengkap Bacaan Arab Latin dan Artinya


Membaca surat Al-Ikhlas 1000x

Fadhilahnya: Ketika sakarotul maut akan diperlihatkan tempat duduknya di surga atau diperlihatkan kenikmatan-kenikmatan surga.


Dzikir Doa 10 Muharrom (Asyuro)

Doa-doa yang dianjurkan ketika hari Asyura diantaranya adalah :

حَسْبِيَ الله وَ نِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Disebutkan oleh beberapa ulama diantaranya al-Allamah Dairobi, Sayyid Muhammad al-Amirus, al-'Allamah Syeikh Ajhuri:

Barang siapa yang membaca doa diatas sebanyak 70x pada hari Asyuro dan kemudian dilanjutkan membaca doa di bawah ini :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آِلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ. سُبْحَانَ اللهِ مِلْءَ الْمِيْزَانِ وَمُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وَزِنَةَ الْعَرْشِ لَامَلْجَأَ وَلَامَنْجَا مِنَ اللهِ إِلَّا إِلَيْهِ. سُبْحَانَ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِهِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا أَسْأَلُكَ السَّلَامَةَ كُلِّهَا بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَلَاحَوْلَا وَلَاقُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، وَهُوَ حَسْبِيْ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ، نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى نَبِيِّنَا خَيْرَ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ أَجْمَعِيْنَ

sebanyak 7x , maka Alloh akan menjaganya dari kejelekan pada tahun itu, dan insya Alloh tidak akan meninggal di tahun itu.

Adapun orang yang sudah dekat ajalnya tidak diberi taufik oleh Alloh untuk membaca doa tersebut. Disebutkan dalam kitab “Fathul Bari” :

Beberapa kalimat yang barang siapa membacanya di hari Asyuro maka hatinya tidak akan mati, diantaranya yaitu :

سُبْحَانَ اللهِ مِلْءَ الْمِيْزَانِ وَمُنْتَهَي الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وَزِنَةَ الْعَرْشِ، وَالْحَمْدُ لِلهِ مِلْءَ الْمِيْزَانِ وَمُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وَزِنَةَ الْعَرْشِ ، وَاللهُ أَكْبَرُ مِلْءَ الْمِيْزَانِ وَمُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وَزِنَةَ الْعَرْشِ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنَ اللهِ إِلَّا إِلَيْهِ، سُبْحَانَ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا، اَلْحَمْدُ لِلهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا ، وَاللهُ أَكْبَرُ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا ، أَسْأَلُكَ السَّلَامَةَ كُلِّهَا بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَلَاحَوْلَا وَلَاقُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ أَجْمَعِيْنَ.

Dan juga dianjurkan untuk membaca doa berikut ini :

اَلَّلهُمَّ يَا مُفَرِّجَ كُلِّ كَرْبٍ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَيَا مُفَرِّجَ ذِى النُّوْنِ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَيَاجَامِعَ شَمْلِ يَعْقُوْبَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَيَاغَافِرَ ذَنْبِ دَاوُدَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَيَاكَاشِفَ ضُرِّ أَيُّوْبَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَيَا سَامِعَ دَعْوَةَ مُوْسَى وَهَارُوْنَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَيَا خَالِقَ رُوْحَ مُحَمَّدٍ حَبِيْبِكَ وَمُصْطَفَاكَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَيَا رَحْمنَ الدُّنْيَا وَ الْآخِرَةِ لَا إِلهَ إِلَّا أَنْتَ وَاقْضِ حَاجَتِيْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَأَطِلْ عُمْرِيْ فِي طًاعَتِكَ وَمَحَبَّتِكَ وَرِضَاكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَأَحْيِنِيْ حَيَاةً طَيِّبَةً، وَتَوَفَّنِيْ عَلَى الْإِسْلَامِ وَالْإِيْمَانِ، يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Doa dan Dzikir Hari Asyuro 10 Muharrom Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".