Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Asyura Beserta Artinya

Bacaan Doa Asyura Beserta Artinya. Sahabat kaum muslimin yang dimuliakan Allah, Alhamdulillah kita semua bisa berjumpa dengan salah satu bulan mulia yang termasuk dalam kategori al-Syahru al Hurum yaitu Bulan Muharram. Bulan ini merupakan bulan pertama dalam perhitungan tahun hijriah. Pada bulan Muharram Allah telah menurunkan beragam kemuliaan kepada kaum muslimin.

Maka dari itu, saat bulan Muharram tiba, umat islam dianjurkan untuk membaca do akhir dan awal tahun,puasa sunnah hingga memperbanyak sedekah. Khusus pada bulan Muharram terdapat istilah Yaumul ‘Asri/Yaumil ‘Asyuro yang secara bahasa berarti hari kesepuluh di bulan Muharram. Di hari ini umat islam disunnahkan untuk membaca Doa Asyura.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan ada pendapat yang mengatakan pada tanggal 10 Muharram Allah telah memberi kemuliaan kepada para Nabinya. Adapun para Nabi yang mendapat kemuliaan pada tanggal 10 Muharram adalah sebagai berikut:

1. Allah telah menerimanya taubatnya Nabi Adam as.

2. Allah telah mengangkat Nabi Idris as. ke tempat yang mulia.

3. Allah telah menyelamat Nabi Nuh as. dan kaumnya dari banjir bandang.

4. Allah telah menyelamatkan Nabi Ibrahim atas api yang membara dari pembakaran Raja Namrudz, kemudian diangkat menjadi Khalilullah (kekasih allah).

5. Allah telah menerimanya taubatnya Nabi Dawud as.

6. Allah telah menyelamatkan Nabi Musa as. dan umatnya dari kejaran Raja Fira’un. Pada hari itu juga Fir’aun ditelenggelamkan Allah ke dalam laut merah.

7. Allah telah menyelmatkan Nabi Yunus as. dan mengeluarkanya dari perut ikan.

8. Allah telah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman as.

9. Allah telah mengangkat Nabi Isa ke langit.

10. Allah memberikan jaminan pengampunan pada Nabi Muhammad Saw baik yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi.

Maka dari itu, agar kita diberi kemuliaan oleh Allah SWT kita disunnahkan membaca Doa Asyura. Berikut ini lafadz Bacaan Doa Asyura Beserta Artinya:

Bacaan Doa Asyura Beserta Artinya
Doa Yaumil Asyura Beserta Artinya.

Cara membacanya: (Bismillahir romaanirrohiim. Wa shollallahi ‘ala sayyidinaa muhammadin wa ‘ala alihii wa sohbihi wa sallam. Subhaanallahi mil al miizaani wa muntahal ‘ilmi wa mablaghor ridho wa zi natal’arsyi laa maljaa wa laa manjaa minallahi illaa ilaiih. Subhanallai ‘adadasysyaf’I wal witri wa ‘adada kaalimatihit taaammaati kullahaa, as alukas salaamata kullahaa bi rohmatika yaa arhamar roohimiin. Wa laa haula wa laa quwwata illa bollahil ‘aliyyil ‘adziim. Wa huwa hasbii wa ni’mal wakiil ni’mal maula wa ni’man nashiir. Wa shollallaahu ta’aala ‘alaa nabiyyinaa khoiri kholqihi sayyidinaaa muhammadin wa’alaa alihi wa sohbihi wa sallama ajma’iinn).

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, Cukuplah Allah menjadi sandaran kami, dan Dia sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik kekasih, dan sebaik-baik Penolong. Maha Suci Allah sepenuh timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridhaan dan timbangan 'arsy. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari Allah, kecuali hanya kepada-Nya. Maha Suci Allah sebanyak bilangan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna, kami memohon keselamatan dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Paling Penyayang diantara semua yang penyayang. Dan tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan Dialah yang mencukupi kami, sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik kekasih, dan sebaik-baik Penolong. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, teriring keluarga dan sahabat beliau.

Bacaan Doa Asyura Beserta Artinya disunnahkan untuk dibaca pada malam tanggal 10 Muharram. Cara boleh dilakukan secara sendiri-sendiri, namun alangkah baiknya dibaca secara berjamaah di mushola atau masjid. Dianjurkan dalam membaca doa ini diulang sebanyak 3 kali.

Demikian artikel mengenai Bacaan Doa Asyura Beserta Artinya. Semoga kita tergolong hamba yang mendapat kemuliaan pada tagal 10 Muharram seperti para nabi terdahulu. Amiin.

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Asyura Beserta Artinya"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *