Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dzikir dan Doa Sesudah Shalat Tahajud

Dzikir dan Doa Sesudah Shalat Tahajud - Sebagai seorang Muslim kita diperintahkan untuk selalu beribadah kepada Allah SWT di manapun dan kapanpun itu. Baik itu pagi, siang maupun malam. Semua waktu harusnya kita jadikan untuk beribadah.

Dalam islam Ibadah ada 2 macam yaitu Ibadah Wajib dan Sunnah. Ada shalat wajib adapula yang namanya shalat sunnah.

Untuk shalat wajib saya rasa anda semuanya sudah mengetahuinya, ada 5 waktu yaitu dzuhur, ashar, maghrib, isya’ dan shubuh.

Nah pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai salah satu doa shalat sunnah yang sangat dianjurkan sekali untuk dilaksanakan oleh seluruh umat Islam. Shalat Sunnah tersebut disebut dengan Shalat Tahajud.

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang waktu pelaksanaannya dilakukan setelah seseorang bangun dari tidur malamnya. Jadi shalat sunnah ini baru bisa dikerjakan usai anda bangun dari tidur meskipun hanya beberapa saat saja.

Kendati demikian, ada waktu yang paling utama untuk melaksanakan ibadah shalat sunnah tahajud ini. Yaitu dikerjakan pada waktu sepertiga malam atau kira-kira sekitar jam 3 malam sampai menjelang masuknya waktu shalat subuh.

Shalat sunnah tahajud ini sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat islam, sebab memiliki nilai yang sangat besar sekali.

Dalam berbagai riwayat dijelaskan bahwa rosulullah tidak pernah seharipun meninggalkan ibadah shalat sunnah tahajud. Beliau setiap malam sehabis bangun dari tidur pasti selalu menunaikan ibadah ini.

Maka dari itu, kita sebagai umatnya harus meniru apa yang dikerjakan oleh rosulullah tersebut. Memang untuk menunaikan ibadah shalat tahajud bukan perkara mudah. Sebab godaan akan selalu mengiringi usaha kita untuk bangun dari tidur.

Rasanya sangat berat sekali jika kita ingin beranjak dari tidur nyenyak. Meski sudah menyetel alarm, toh nyatanya rasanya masih sangat berat sekali. Maka dari itu, orang-orang yang melaksanakan shalat tahajud ini akan memperoleh pahala yang besar dari Allah.

Jika anda ingin hajat atau doa anda cepat dikabulkan, maka berdoalan setelah melaksanakan shalat tahajud. Sebab pada malam hari, Allah banyak menurunkan rahmat ke muka bumi.

Pelaksanaan shalat tahajud ini sama seperti shalat-shalat sunnah yang lainnya. Di mana dikerjakan dengan 2 rokaat salam.

Dzikir dan Doa Sesudah Shalat Tahajud

Setelah shalat tahajud, kita dianjurkan untuk banyak berdzikir kepada Allah. Dzikir yang dibaca setelah tahajud sebenarnya sama dengan shalat-shalat lainnya. Seperti, Tasbih, Tahmid, Takbir, Tahlil, Sholawat, Istighfar dan berbagai kalimat-kalimat thoyyibah lainnya.

namun, dianjurkan bagi kita untuk banyak melafadzkan istighfar usai melaksanakan tahajud. Sebab dengan membaca istighfar akan menghapus segala dosa yang diperbuat baik yang disengaja ataupun tidak disengaja.

Setelah selesai berdzikir, selajutnya adalah membaca doa. Adapun Lafadz Doa Sesudah Shalat Tahajud adalah sebagai berikut:


Dzikir dan Doa Sesudah Shalat Tahajud


Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai Dzikir dan Doa Sesudah Shalat Tahajud semoga dapat bermanfaat.
elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Dzikir dan Doa Sesudah Shalat Tahajud"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *